Thursday, July 24, 2014

Tips Agar Blog Banyak Pengunjung Dan Ramai

Tags


Tips Agar Blog Banyak Pengunjung Dan Ramai - Memiliki sebuah blog yang ramai pengunjung adalah kesenangan tersendiri bagi kita selaku pemilik blog. Ketika kita telah berusaha membuat blog hingga banyak pengunjung dan ramai. Seperti sebuah bisnis dibutuhkan pemasaran agar produknya dikenal dan terjual banyak. Begitu juga dengan blog. Jika hanya mengandalkan konten saja, perkembangannya akan berjalan sangat lambat. Jadi, tetap dibutuhkan semacam "pemasaran" juga agar blog memiliki banyak pengunjung. Ada beberapa cara tertentu yang bisa meningkatkan kunjungan blog secara drastis.

1. SEO



Seo adalah kependekan dari Search Engine Optimization, yaitu suatu teknik yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan trafik kunjungan melalui mesin pencari dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan SEO adalah menempatkan sebuah situs web atau blog pada posisi teratas, atau setidaknya pada halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu. Secara Logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Berikut adalah beberapa cara menggunakan teknik SEO.

  • Gunakan kata kunci pada judul dan isi
Misalnya, Blog tentang penjualan buku anak. Buat alamat blog sampai sefokus mungkin, misalnya "Toko Buku Anak", "Buku Anak Murah", dan lain sebagainya. Kemudian isinya juga usahakan yang berkaitan dengan buku anak, misalnya "Memilih Buku Anak yang sesuai umur", "Buku Anak Bergambar", dan lain sebagainya.

  • Blog bayangan
Buatlah blog lain dan pasanglah situs blog utama di blog bayangan tersebut. Kesulitannya adalah dibutuhkan usaha yang lebih untuk mengelola beberapa blog sekaligus. Kenapa? Karena semakin banyak link yang mengarah ke suatu situs tertentu, semakin besar juga kemungkinan untuk muncul di halaman pertama situs pencarian.

  • Pasang artikel penting di sidebar
Memanfaatkan fasilitas sidebar untuk memberi kemudahan bagi para pengunjung sebuah situs adalah untuk menemukan artikel yang paling menarik dan penting. Jadi, ketika berkunjung lagi, mereka bisa dengan mudah mengklik artikel tersebut. Lebih beruntung lagi, jika blog itu dipromoikan pembaca.

  • Submit artikel ke social bookmark
Salah satu alat promosi yang sangat ampuh adalah submit artikel blog ke berbagai social bookmark, seperti misalnya Lintas.me, Infogue.com, Antarblog.com dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Daftarkan blog ke mesin pencari
Cara ini akan mempermudah pengindeksan URL di mesin pencari secara mudah. Jadi semakin besar kemungkinan untuk berada di urutan pertama mesin pencari. Caranya juga mudah, klik mesin pencari yang diinginkan, klik Submit Your Blog. Salah satu cara mudah untuk mendaftarkan blog ke mesin pencari adalah dengan membuka situs www.freewebsubmission.com Dengan situs ini, bisa mendaftarkan blog ke 20 search engine sekaligus.


Cara mendaftarnya juga mudah. Masukan alamat web, nama, dan alamat email ke kolom yang sudah disediakan, lalu klik "Submit Your Site".


Setelah itu buka email, klik Verify Membership. Secara otomatis akunnya sudah tervertifikasi dan situs blog sudah terdaftarkan ke mesin pencari.




2. TUKAR LINK

Cara promosi yang sangat familiar sekali untuk kalangan blogger adalah tukar menukar link. Dengan cara itu, link situs blog bisa terpasang di blog orang lain. Semakin banyak link tersebar, semakin besar juga kemungkinan bertambahnya kunjungan. Selain itu, di komunitas blogger memiliki kebiasaan untuk saling berkunjung, Jadi dengan bertukar link bisa mempererat jalinan persahabatan sesama blogger.

3. RAJIN BLOGWALKING DAN MENINGGALKAN JEJAK


Seorang blogger tidak boleh terlalu egois, rajin-rajinlah berkunjung ke blog orang lain atau blogwalking. Ini salah satu cara untuk menjalin relasi dan menjaring kunjungan. Selain itu, juga bisa menambah pengetahuan atau memberi ide postingan baru dari artikel yang dibaca di blog-blog tersebut. Jangan lupa meninggalkan komentar yang disertai link blog kita agar bisa dikunjungi balik oleh pemilik blog atau dikunjungi oleh pembaca rutin blog tersebut karena melihat link kita.

4. PROMOSI DI MEDIA SOSIAL


Pada zaman ini, hampir semua orang yang paham internet memiliki akun di media sosial seperti Facebook dan Twitter. Jadi, manfaatkan itu untuk promosi blog. Semakin banyak teman di Facebook dan followers  di Twitter, Semakin banyak pula kesempatan untuk link blog yang dipromosikan dikunjungi orang.

5. RUTIN MENGISI KONTEN


Apapun alasannya, semuanya akan kembali kepada konten. Mau dipromosikan segencar apapun sebuah blog, jika kontennya jarang diisi, lama kelamaan orang juga akan malas berkunjung. Buat apa membaca artikel yang sama secara ebrulang-ulang?

Ada kemungkinan alternatif lain untuk meningkatkan trafik kunjungan. Misalnya, dipromosikan oleh selebtweet, menjadi sumber bahan tulisan sebuah buku, atau mengadakan promo dengan giveaway (mengadakan kuis dengan hadiah tertentu). Semuanya bisa digunakan, tetapi lima hal yang dijelaskan diatas adalah yang paling sering digunakan untuk meningkatkan trafik kunjungan pada sebuah blog.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon