Tuesday, July 22, 2014

Komputer Error? Inilah Cara Mengatasinya!

Tags


Komputer Error? Ini Dia Cara Mengatasinya! - Permasalahan pada komputer bisa membuat kita frustasi, khususnya bila anda tidak mampu mengatasi permasalahan tersebut. Bila komputer yang bermasalah tersebut masih dalam masa garansi, maka dianjurkan untuk menggunakan garansi tersebut. Jika komputer anda sudah tidak lagi dalam masa garansi, maka anda harus mengeluarkan dana untuk memperbaiki komputer tersebut, namun ada beberapa langkah dasar perbaikan komputer yang dapat anda lakukan saat komputer error sebelum membawa komputer tersebut untuk diperbaiki,

1. Driver
Driver adalah sebuah software yang kita muat ke dalam komputer yang memungkinkan komputer untuk mengenali hardware agar dapat berfungsi dengan baik. Sebuah driver diperlukan untuk semua perangkat tambahan yang terhubung dengan komputer. Bila anda menghubungkan sebuah perangkat tambahan kepada komputer dan komputer tidak mengenali perangkat tersebut, maka anda harus menginstall driver. Perangkat tersebut yang biasanya disertakan pada kemasan pada saat pembelian sebuah perangkat baru. Anda tinggal memasukkan CD yang disertakan dan mengikuti petunjuk yang tertera dalam layar monitor. Namun bila anda membeli perangkat tersebut tidak dalam kondisi baru anda dapat mencari driver untuk perangkat tersebut di internet. Kadang-kadang printer atau perangkat eksternal lainnya yang berfungsi dengan baik selama bertahun-tahun tetapi tiba-tiba bermasalah. Dalam banyak kasus hal ini dapat disebabkan karena driver yang ada perlu dilakukan update, atau driver yang sudah terpasang mengalami konflik dengan driver atau program lain sehingga perlu diinstall ulang.

2. Virus
Banyak permasalahan software yang timbul adalah sebagai akibat virus dari situs internet atau dari lampiran yang terdapat dalam email anda. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk memiliki software anti-virus yang selalu dalam kondisi terupdate. Bila anda menjumpai sebuah virus yang terdeteksi oleh anti-virus namun tidak dapat ditangani oelh anti-virus tersebut maka catatlah nama virus tersebut dan cari informasi mengenai virus itu di internet. Kadang-kadang terdapat cara yang cepat dan efisien untuk menangani virus baru yang dapat membantu anda dalam mengatasi masalah tersebut. Dalam beberapa kasus anda perlu melakukan install ulang Operating System untuk menghapus virus. Bila hal ini terjadi, maka sebelum anda melakukan install ulang pastikan anda telah membuat backup untuk semua file anda.

3. Overheating
Kadang-kandang komputer akan mengalami overheating yang menyebabkan tidak berfungsinya system. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memeriksa apakah permasalahan yang timbul disebabakan oleh overheating. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa apakah komputer sudah mendapatkan sirkulasi udara yang mencukupi. Bersihkan debu dari lubang ventilasi udara yang terdapat pada bagian depan dan belakang casing, pastikan komputer ditempatkan pada tempat dimana udara dapat bersirkulasi membuang panas yang dihasilkan oleh power supply. Periksa kipas pendingin apakah ada kerusakan atau putarannya terlihat lebih berat dari biasanya. Bila kipas ini tidak berfungsi dengan baik maka segera gantilah kipas pendingin dengan yang baru.

4. Permasalahan Pada Hardware
Hardware adalah perangkat yang biasanya terabaikan oleh kita sebagai pengguna komputer, karena terlalu sibuk dan senang bermain komputer sampai lupa merawat dan membersihkan bagian-bagian hardware. Hardware yang dimaksud adalah hardware yang letaknya berada di dalam casing, biasanya ketika pemakaian dan jarang dibersihkan. Debu-debu akan menempel pada hardware dan termasuk juga serangga, seperti halnya laba-laba. Dalam sebagian kasus, komputer error memang berasal dari hardware dan setelah di cek terdapat segumpal sarang laba-laba berbentuk jaring. Sehingga dapat mengurangi kinerja hardware tersebut dan kemungkinan bisa menghasilkan masalah yang tidak diinginkan. Lakukan minimal seminggu sekali untuk mencegah kerusakan atau error yang terjadi pada hardware.


This Is The Oldest Page

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon