Tuesday, July 22, 2014

Jenis-Jenis RAM Yang Wajib Diketahui

Tags



Jenis-Jenis RAM Yang Wajib Diketahui - Bahkan processor tercepat membutuhkan sebuah buffer(penyangga) untuk menyimpan informasi ketika sedang diproses. RAM bagi CPU bagaikan sebuah meja untuk memasak: RAM bertugas sebagai tempat dimana bahan dan alat yang digunakan untuk mengerjakan, menunggu sampai anda ingin mengambil dan menggunakan bahan-bahan tersebut. Baik sebuah CPU yang cepat dan sejumlah besar RAM dibutuhkan untuk komputer yang cepat. Baik sebuah CPU yang mempunyai nilai maksimum RAM yang bisa dipakai dan slot pada motherboard menandakan jenis dari RAM yang Komputer butuhkan. RAM merupakan bagian memori utama yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara data yang sedang diproses.

Jenis-jenis RAM (Random Access Memory):

  • DRAM (Dynamic Random Access Memory)
Merupakan jenis RAM yang menyimpan setiap bit data yang terpisah dalam kapasitor dalam satu sirkuit terpadu. Data yang terkandung di dalamnya harus disegarkan secara berkala oleh CPU agar tidak hilang. Hal ini membuatnya sangat dinamis dibandingkan dengan memori lainnya. Dalam strukturnya, DRAM hanya memerlukan satu transistor dan kapasitor per bit, sehingga memiliki kepadatan sangat tinggi.

  • SRAM (Static Random Access Memory)
Merupakan jenis RAM (Sejenis memori semikonduktor) yang tidak menggunakan kapasitor. Hal ini mengakibatkan SRAM tidak perlu lagi disegarkan secara berkala seperti halnya dengan DRAM. Ini juga sekaligus membuatnya memiliki kecepatan lebih tinggi dari DRAM. Berdasarkan fungsinya terbagi menjadi Asynchronous dan Synchronous.


  • EDORAM (Extended Data Out Random Accsess Memory)
Merupakan jenis RAM yang dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara bersamaan sehingga kecepataan baca tulisnya pun menjadi lebih cepat. Umumnya digunakan pada PC terdahulu sebagai pengganti Fast Page Memory (FPM) RAM.


  • SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)
Merupakan jenis RAM dinamis yang kemampuan kecepatannya lebih cepat dari pada EDORAM dan kepingannya terdiri atas 168 pin. RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.

  • RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)
Merupakan salah satu tipe dari RAM dinamis sinkron yang diproduksi oleh Rambus Corporation menggunakan Bus Speed sebesar 800 MHz tetapi memiliki jalur data yang sempit (8 bit). RDRAM memiliki memory controller yang canggih sehingga tidak semua motherboard bisa mendukungnya. Contoh produk yang memakainya adalah 3dfx seri Voodoo4.

  • NV-RAM (Non-Volatile Random Access Memory)
Merupakan jenis RAM yang menggunakan baterai Litium di dalamnya sehingga data yang tersimpan tidak akan hilang meskipun catu daya dimatikan

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon