Thursday, August 7, 2014

Harga Diri Seorang Blogger Yang Wajib Diketahui

Tags


Harga diri sebuah blog itu mencerminkan sebuah hasil dan usaha yang telah kita peroleh melalui hasil-hasil dari pemikiran murni yang tentunya mampu mengangkat derajat sebuah blogger menjadi lebih tinggi serta mampu diakui oleh semua orang. Tetapi, untuk melakukan hal ini seorang blogger haruslah mempunyai kemampuan dan keberanian untuk mengungkap semua tentang yang ingin ditulisnya dan yang terpenting adalah ketika seorang blogger mampu memahami etika dan aturan yang berlaku maka, secara otomatis blogger tersebut derajatnya sudah naik. Misalkan seorang blogger ingin memposting hal baru untuk dijadikan artikelnya dan ia pun membutuhkan bahan dari beberapa situs yang ada, maka setidaknya ia harus meninta izin terlebih dahulu kepada pemilik/admin situs web tersebut, sehingga orang yang telah dipinta izin itu tersebut pastilah akan merasa sangat dihargai dan kita sebagai seorang blogger.

Namun ada juga seorang blogger yang tidak memperdulikannya dan menganggap bahwa hal itu tidak perlu dilakukan. Yang paling banyak kita temui dari beberapa blog yang ada adalah mengabaikan "Etika Mengahrgai". Contohnya, pada saat seorang blogger itu ingin membuat sebuah artikel namun ia tidak memiliki pemikiran/bahan untuk ditulisnya, sering kali ia mencari bahan tulisan dari berbagai situs. Entah itu situs terkenal maupun situs pemula, lalu ia mengambil bahan artikel yang sudah ada (istilahnya Copy Paste), dan memindahkannya tanpa meminta izin/tanpa seizin pemilik situs tersebut. Maka secara garis besar seorang blogger seperti itu sudah melanggar etika dan tanpa disadari, ia telah menjatuhkan harga dirinya sebagai seorang blogger. Dalam hal ini saya menyarankan agar tidak memaksakan diri untuk membuat artikel ketika tidak memiliki keinginan untuk membuatnya jika bertujuan hanya untuk memperbanyak jumlah postingan kalau pada akhirnya akan merugikan pihak-pihak tertentu.


Selain itu harga diri seorang blogger serta kualitasnya dapat dinilai melalui caranya dengan saling memberi pemikiran dan penghormatan dengan sesama blogger, dalam hal ini berarti, tidak boleh membangga-banggakan blog yang telah dimiliki dengan para blogger lainnya dan merasa bahwa blog orang lain itu rendah (lebih jelek dari kita). Apalagi menjadi seorang blogger yang egois, pasti blog itu tidak pernah sukses. Alangkah baiknya jika kita berkunjung ke sahabat blogger yang ada dan memberikan pemikiran tentang artikelnya jika terjadi kesalahan atau kurang efektifnya dalam penulisan dan juga menyapa blogger lainnya agar adanya sebuah hubungan blogger yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas seorang blogger itu sendiri.

Sekian artikel dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan maupun penyampaian. Jadilah seorang blogger dengan harga diri yang tinggi dengan membangun blog yang berkualitas bersama aturan dan etika yang berlaku. Terimakasih...

2 komentar

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon