Sunday, January 11, 2015

Macam-Macam Output Device (Perangkat Keluaran) Pada Komputer

Tags


Macam-Macam Perangkat Keluaran (Output Device) Pada Komputer - Pengertian Output Device atau biasa disebut perangkat keluaran adalah perangkat yang berguna untuk menampilkan pengeluaran sebagai hasil pengolahan data. Sederhananya, apapun yang kita kerjakan pada sebuah komputer. Semua itu akan bisa ditampilkan atau dikeluarkan melalui perangkat keluaran saja.

Minimal, harus Ada 10 contoh output device dan fungsinya yang harus dipahami agar bisa mengenal apa itu komputer dan perangkat-perangkatnya. Adapun fungsi Perangkat Output lainnya, yaitu berfungsi sebagai media pengeluaran data dari hasil pengolahan data yang ingin ditampilkan sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan kita. Tanpa adanya perangkat output, komputer tidak bisa berjalan dengan baik. Sama halnya jika komputer tanpa perangkat-perangkat lainnya. Seperti Perangkat Input, Perangkat Penyimpanan Data, Perangkat Jaringan, Perangkat Pendukung Dan Perangkat-Perangkat Keras Lainnya.

Baca Juga: 

Berikut adalah macam-macam perangkat Output Device (Perangkat Keluaran) Pada Komputer, Beserta Gambarnya, Fungsinya Dan Penjelasannya,

1. Monitor
Monitor adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang memakai komputer. Yaitu, menampilkan hasil atau data yang sedang dikerjakan pada komputer. Tanpa ada monitor, Komputer akan kehilangan fungsinya.

Monitor sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Monitor LCD yang berbentuk slim memanjang dan juga Monitor Tabung berbentuk kotak. Tapi untuk saat ini, monitor LCD lebih menonjol dibanding Monitor Tabung yang sudah lawas.



2. Printer
Printer adalah perangkat keras keluaran yang digunakan untuk mencetak data seperti gambar/foto dan mencetak tulisan pada media kertas kosong (Kertas HVS).



3. Speaker
Speaker adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan berupa suara dari komputer. Dengan adanya speaker, kita bisa mengeluarkan suara-suara pada komputer. Seperti suara musik, suara yang dihasilkan dari video atau suara notifikasi pemberitahuan pada komputer.

Untuk saat ini, banyak sekali jenis speaker yang hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dari Speaker Wireless (Tanpa kabel), sampai Speaker Dengan Kabel.

Ukurannya pun bervariasi, ada yang kecil, berukuran sedang, hingga berukuran besar. Semakin besar speaker, maka semakin besar juga suara yang dihasilkan




4. Projector
Projecetor adalah perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar. Atau sederhananya, Projector adalah perangkat output yang berfungsi untuk menampilkan hasil pemerosesan pada komputer atau laptop ke sebuah media lain yang lebih besar (Biasanya projector diarahkan ke dinding atau kertas polos besar khusus projector yang ditempelkan pada dinding)

Biasanya projector digunakan untuk menampilkan hasil persentasi atau untuk media hiburan seperti menonton film, bermain game, video call dengan tampilan layar yang besar.



5. Network Card
Network Card adalah perangkat keras yang digunakan sebagai jembatan penghubung antara komputer server dengan komputer client. Sederhananya, Network Caard atau biasa disebut dengan kartu jaringan ini memiliki fungsi sebagai media penghunung ke suatu jaringan. Bisa jaringan server-client maupun jaringan internet.

Bentuk yang paling mudah diingat dari network card adalah memiliki port RJ45. Dimana jaringan akan terhubung melalui kabel jaringan yang dimasukan kedalam port jaringan RJ45.



6. Tv Tuner Card
Tv Tuner Card adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyiarkan tv pada komputer. Dengan adanya tv tuner, kita bisa menonton siaran tv dari berbagai channel melalui Komputer atau Laptop milik kita. Layaknya TV, Kita juga bisa mengganti channel tv sesuka kita menggunakan media Remote.

Tv Tuner memiliki bentuk yang berbeda-beda, ada yang berbentuk kotak kecil, ada yang berbentuk usb drive, ada juga yang berbentuk seperti Router.



7. Modem
Modem adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet. Modem juga bisa sebagai media masukan ataupun keluaran.

Sama seperti Network card, modem juga bisa menghubungkan kita dengan internet. Perbedaannya adalah, Modem merupakan perangkatnya. Sedangkan Network Card merupakan media perantara untuk terhubung kedalam jaringan.

Modem sendiri memiliki bentuk dan jenis yang berbeda, ada yang berbentuk kotak kecil dan juga ada yang berbentuk usb drive. Ada yang wireless, Lan Kabel dan usb port.

Modem Wireless:
Seperti Modem Bolt, Mifi Andromax, Modem Router

Modem USB:
Berbentuk seperti USB Flashdisk dengan tipe dan merek yang bermacam-macam

Modem Lan Kabel:
Modem yang berbentuk kotak atau bisa katakan "Modem Router" yang dihubungkan melalui kabel jaringan. Modem Router bisa digunakan wireless dan juga dengan kabel. Salah satu contohnya misalkan layanan Indihome Fiber Optic.



8. Router
Router adalah perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan yang memiliki akses jaringan sama ataupun berbeda. 


Pengertian sederhananya, Router merupakan perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk saling menghubungkan pengguna jaringan satu dengan pengguna jaringan yang lainnya dengan cara menangkap sinyal jaringan dan menghubungkannya ke pengguna yang mengakses suatu jaringan tersebut. Layaknya modem wireless.

Bentuk dari router adalah kotak kubus slim dengan antena yang tersedia dibelakangnya sebagai media penangkap sinyal.



9. Microphone

Microphone adalah perangkat keras keluaran yang dapat menangkap gelombang suara lalu merubahnya menjadi getaran listrik. Microphone ini memiliki fungsi untuk mengeluarkan suara atau menjadi media rekaman suara yang divisualkan melalui gelombang getaran suara.

Pengertian sederhananya, Microphone adalah perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan suara kita dari komputer atau laptop melalui media Microphone.

Jika speaker mengeluarkan suaranya langsung dari komputer, maka microphone digunakan untuk mengeluarkan suara kita langsung melalui media microphone dan dikeluarkan melalui komputer atau laptop. Microphone sendiri biasa digunakan untuk keperluan recording, sehingga suara kita akan terdengar sangat jelas


10. Sound Card
Sound Card adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media pengolah data berupa audio atau suara yang menghubungkan antara perangkat penghubung masukan berupa suara (seperti microphone) ke dalam komputer.

Jika speaker dan microphone adalah perangkatnya, maka Sound Card adalah media penghasil suaranya. Tanpa adanya Sound Card, Komputer dan Laptop tidak akan memiliki suara.

Sound Card sendiri memiliki bentuk yang berbeda-beda, ada yang berbentuk seperti network card dan ada juga yang berbentuk usb drive.


11. Headset / Headphone
Headphone/Headset adalah Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media pengeluaran untuk gelombang suara yang telah disistem oleh komputer.
Atau pengertian sederhananya, Headphone/Headset adalah perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan suara yang dihasilkan dari hasil pengolahan komputer atau laptop. Cara kerja dan fungsinya hampir sama dengan speaker, perbedaannya hanya pada suara yang dihasilkan.

Jika pada speaker mengeluarkan suara yang besar dan kencang sehingga semua orang bisa mendengarkannya, maka headphone/headshet mengeluarkan suaranya dengan kencang namun redup. Redup dalam arti hanya kita yang bisa mendengarkannya.

Beberapa headphone atau headshet juga biasanya sudah disediakan berserta microfonnya. Jadi lebih praktis untuk mendengarkan lagu dan bermain game sambil berbicara dengan teman.


12. Cutting Plotter
Cutting Plotter adalah perangkat keras yang digunakan untuk mencetak gambar dengan ukuran yang besar. Biasanya perangkat ini digunakan untuk pengusaha desain untuk membuat gambar-gambar seperti arsitektur dan gambar engineering. Seperti desain promo spanduk, desain banner gambar dan lain sebagainya.


13. Hub
Hub adalah perangkat keras jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer sekaligus. Hub biasanya digunakan sebagai desain pembuatan jalur jaringan atau yang biasa disebut dengan Topologi.

Hub bisa dikatakan sebagai pusat Central Connection Point atau pusat terhubungnya suatu jaringan antar komputer. Cara kerja hub yaitu menerima sebuah sinyal yang kemudian langsung dikirimkan kepada tiap-tiap komputer untuk saling terkoneksi.

Pengertian sederhananya, Jika hub mengalami error. Maka komputer yang terhubung melalui hub akan bermasalah. Bentuk dari hub sendiri memiliki banyak port untuk menghubungkan konektor jaringan RJ45.



[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon