Sunday, August 14, 2016

Tips Membeli Laptop Untuk Pelajar Dengan Harga Murah Dan Nyaman

Tags



Tips Membeli Laptop Untuk Pelajar Dengan Harga Murah Dan Nyaman - Laptop adalah salah satu perangkat terpenting bagi beberapa orang untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Terlebih lagi untuk pelajar dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Semua tergantung dari kebutuhan masing-masing orang. Selain untuk menyelesaikan kebutuhan sehari-hari, laptop dapat digunakan untuk media komunikasi, media informasi dan media penyimpanan data atau file seperti lagu, musik dan video favorit.


Untuk itu banyak seseorang yang mencari laptop untuk kebutuhannya. Nah, bagaimana laptop untuk pelajar?. Karena beberapa sekolah sudah memakai sistem belajar menggunakan media belajar laptop, jadi siswa/siswi diwajibkan memiliki satu buah laptop. Hal ini membuat beberapa pelajar bingung untuk memilih laptop yang bisa dipergunakan dengan baik dan tentunya dengan kualitas yang bagus. Saya punya beberapa tips yang mungkin bermanfaat sebelum membeli sebuah laptop untuk kebutuhan pelajar. Berikut adalah tipsnya,

1. Cek Spesifikasi Laptop Pada Browsur atau Kardus Laptop
Periksa terlebih dahulu spesifikasi laptop jika ada pada browsur atau kardus laptop. Kenapa harus di cek? karena terkadang penjual mengatakan bahwa laptop yang dia jual itu sangat bagus, cepat prosesnya, dan memiliki kualitas yang bagus padahal jika dibandingkan dengan beberapa laptop lainnya sama saja. Apa itu spesifikasi dan mengapa perlu kita cek? kita bahas di nomor selanjutnya.

Spesifikasi minimum yang harus di dapatkan adalah,
1. Memiliki RAM 2 GB
2. Windows 7/8 (Windows yang paling ringan)
3. Sistem Operasinya harus 64 bit, untuk bisa melakukan kegiatan multimedia seperti editing dan design. Karena jika 32 bit, beberapa aplikasi kurang mendukung.
4. Untuk pemakaian yang berat-bberat dan dalam jangka lama processornya Intel Celeron, atau untuk keperluan yang tidak berat dan tidak terlalu lama bisa memilih laptop dengan processor AMD A6/A8

Laptop dengan spesifikasi ini bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 3.200.000 sampai Rp 4.000.000.

Spesifikasi Maksimum(Spesifikasi Kelas Menengah Atau Kelas Atas) yang harus di dapatkan adalah,
1. Memiliki RAM 4 GB/ up to 8 GB
2. Windows 10 (Sistem operasi terbaru)
3. Sistem Operasinya harus 64 bit untuk bisa melakukan kegiatan multimedia seperti editing dan design.
4. Processor Intel i3 NVIDIA GFORCE untuk pemakaian lama dan berat dan untuk pemakaian yang tidak terlalu berat dan tidak terlalu lama bisa menggunakan AMD A8/A9/A10

Spesifikasi diatas bisa didapatkan dengan harga sekitar 4 juta sampai 5 juta ke atas dan sudah bisa memainkan game-game berat tingkat menengah dengan setingan high dan medium atau tingkat atas dengan settingan low.


2. Jangan Membeli Laptop Karena Banyak Yang Pakai atau Karena Merk Yang Sudah Terkenal
Karena merk tidak menentukan sebuah laptop bagus atau tidak, Karena ada laptop yang merk-nya tidak terlalu terkenal tapi memiliki spesifikasi yang bagus/standar yang cocok untuk pelajar. Dan jangan beli laptop karena banyak yang pakai, belilah sesuai kebutuhan dan yang menurut kita sangat cocok.

Dari beberapa sumber, merek terbaik untuk saat ini adalah LENOVO, ASUS DAN DELL. Tapi kembali lagi pada tujuan pembelian laptop, selain spesifikasi, design juga menjadi daya tarik kita untuk membeli laptop dan menyukainya.


3.  Cari Battery Yang Tahan Lama
Biasanya pelajar sering belajar menggunakan laptop disekolah untuk berbagai tugas dan kadang ada yang terus dipakai untuk kerja kelompok atau lanjut mengerjakan tugas sekolah dirumah sehingga kita memerlukan battery yang tahan lama untuk mengerjakan tugas-tugas yang ada. Minimal, carilah laptop dengan spesifikasi dengan daya tahan batrai 6 Cell. Karena bisa bertahan 4 sampai 6 jam (Menurut beberapa sumber).


3. Memiliki RAM(Memori) yang besar
Minimal RAM laptop untuk pelajar haruslah sekitar 2GB-4GB. Kenapa? Karena RAM mempunyai pengaruh besar dalam penggunaan laptop. Seperti hadnphone, RAM yang kecil akan membuat handphone kita lambat. Saya pernah disuruh menginstal laptop seseorang dan saat saya instal dan selesai menginstal keadaan laptop tetap lambat, saya pikir mungkin ada kesalahan yang saya lakukan dalam menginstal padahal saya melakukannya dengan benar. Lalu saya periksa spesifikasi laptop tersebut dan hanya memiliki RAM 1GB saja dan sangat mempengaruhi kinerja laptop tersebut.

RAM terbaik yang wajib digunakan adalah 4 GB sekaligus untuk bisa mendukung sistem operasi windows terbaru yaitu Windows 10.



4. Processor
Processor dibagi menjadi 2. AMD dan Intel. Lalu untuk pelajar bagusan yang mana? Jawabannya adalah sesuai kebutuhan masing2. Ada pelajar yang menggunakan laptop untuk sekedar mengetik, persentase, desain AMD sangat cocok untuk hal itu. Kenapa AMD? Saya memiliki guru dan ia menggunakan Laptop dengan Processor AMD dan dia pakai untuk input(memasukan) data-data siswa semalaman selama bertahun-tahun dan tetap awet dan nyaman dipakai.

Untuk Keperluan Multimedia bisa menggunakan AMD dan untuk keperluan yang sedikit lebih berat pilihlah Intel. Biasanya para cowok suka menggunakan untuk keperluan yang sedikit berat, seperti bermain game. Maka saya sarankan pilihlah laptop dengan processor intel i3 atau AMD A9/A10.

Untuk keperluan yang sederhana dan tidak berat, bisa menggunakan AMD A8 atau AMD A10.



5. Cari Laptop Dengan Keyboard Empuk
Keyboard Empuk juga bisa membuat kita nyaman saat menggunakan walaupun tidak berpengaruh untuk kinerja laptop karena keyboard digunakan hanya untuk mengetik. Dari yang saya tau Toshiba, Arcer dan Macbook Apple yang keyboardnya empuk atau mungkin ada yang lain? Yang pasti jika ada carilah yang empuk atau paling tidak nyaman dengan jari kita saat mengetik.

Sebenarnya jarang ada yang mempermasalahkan keyboard, untuk sebagian orang, kenyamanan mengetik sangat penting.

6. Cari Harddisk Yang Besar
Harddisk yang besar memiliki daya tampung yang besar untuk tugas-tugas sekolah dan juga untuk menyimpan file lainnya. Ukuran standar harddisk untuk laptop biasanya sekitar 300-500GB dan juga cek kecepatan harddisk juga pada browsur atau kardus laptop. biasanya akan tertulis 500GB(untuk kapasitas harddisk) dan disampingnya terdapat tulisan ‘5200 rpm’ atau ‘7200 rpm’, pilih yang ‘7200 rpm’. karena semakin cepat putaran hard disk maka akan semakin cepat proses kinerjanya. Rpm adalah putaran kecepatan pada harddisk.

Minimal Harddisk yang harus dimiliki berkapasitas 500 GB sampai 1 TB (TeraByte)



7. Layar
Untuk pelajar, layar tidak berpengaruh sama sekali tapi untuk yang menginginkan tampilan yang besar dan lebar mungkin harus mencari juga layar nyaman untuk dipandang. Mungkin saya sarankan laptop dengan ukuran 5 inch bisa sedikit puas saat dimainkan.

8. Cari Yang Ada Bluetooth
Bluetooth untuk mempermudah pemindahan data dari perangkat lain seperti handphone. Jika Laptop tidak memiliki bluetooth tidak masalah karena masih bisa pakai kabel data atau bluetooth eksternal yang bisa kita beli di toko kumputer.

Biasanya, jika menggunakan windows 10. Fitur Bluetooth sudah tersedia didalamnya.

9. Koneksi jaringan Wi-fi/Hotspot
Biasanya setiap laptop/notebook sudah tersedia fiture jaringan yang digunakan untuk menangkap jaringan wirelles seperti Wi-fi atau Hotspot melalui handphone.

10. DVD ROM
Cari laptop yang ada DVD ROM. Kenapa? Karena sebagian hanya tau laptop tapi kadang suka salah beli dan akhirnya membeli notebook. Karena Laptop memiliki DVD ROM sedangkan Notebook tidak memiliki. DVD ROM sangat penting untuk tugas-tugas seperti membuat video, mencari video Atau membakar file dengan software biasa disebut dengan istilah Burning File. Bisa juga digunakan untuk menonton/mendengarkan lagu favorit dari CD.DVD



11. Cari Laptop Yang Ringan
Biasanya untuk ukuran laptop jarang ada yang ringan, berbeda dengan notebook yang ringan. Meskipun ringan, notebook kurang lengkap dibanding laptop. Maka dari itu terkadang Laptop ada yang berat. Tapi ada beberapa laptop juga yang ringan. Kenapa yang ringan? Pelajar selalu membawa tas dengan isi yang full setiap harinya ditambah jika laptop berat, maka disarankan untuk mencari yang ringan atau memakai tas khusus laptop.

12. Cari Yang Murah Tapi Gak Murahan
Laptop dengan standar spesifikasi untuk pelajar bisa kita dapat dengan harga 3-4 juta dan sudah termasuk kiteria laptop khusus pelajar. Yang penting memiliki RAM 2-4GB untuk laptop Standar

13. Catat Laptop Dengan Jenis Dan Spesifikasi Seperti Apa Yang Ingin Dibeli
Pada awal penjelasan tips memilih laptop yang baik untuk pelajar, saya sudah memberikan sedikit spesifikasi yang cocok dengan tingkat pemakaian. Jika masih bingung, bisa mencatat merek laptop dan spesifikasi yang diinginkan. Agar saat mencari laptop tidak bingung dan tidak canggung.

Kesimpulan:
Spesifikasi laptop untuk untuk pelajar bisa dengan RAM 2GB-Processor AMD - Harddisk 300-500 GB dan memiliki battrey dengan 3-4jam pemakaian atau lebih biasanya laptop yang memiliki spesifikasi tersebut memiliki harga yang standar yaitu dibawah 4juta atau bahkan ada yang 3juta.  Atau jika dengan beberapa fiture lengkap seperti bluetooth mungkin harganya sedikit mahal tapi yang bagus tidak perlu yang mahal asalkan bisa dipergunakan dengan baik. Sekian dari saya bila ada kebingungan dalam perkataan mohon dimaafkan :)

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon