Monday, December 12, 2016

Alasan Kenapa Copy Paste Itu Tidak Baik Untuk Blog

Tags


Alasan Kenapa Copy Paste Itu Tidak Baik Untuk Blog - Copy paste adalah suatu kegiatan menjiplak atau mengambil hasil dari pemikiran seseorang tanpa meminta ijin terlebih dahulu untuk melakukan copy paste tersebut. Kegiatan copy paste tentunya sangat tidak baik, karena akan merugikan diri sendiri dan merugikan orang yang telah diambil atau dicopas hasil pemikirannya. Dalam dunia blogger, copy paste tanpa sepengetahuan si pemilik sudah dibilang biasa. Untuk meningkatkan pengunjung blog, segala cara dilakukan sampai melakukan copy paste sekalipun. Jika kita mencantumkan sumbernya, itu masih dimaklumi. Karena si pemilik artikel akan merasa sangat dihargai.

Coba bayangkan, ketika kita menulis artikel berjam-jam, lelah menatap layar monitor dan pusing memikirkan apa yang ingin di tulis. Dan setelah beberapa hari kemudian, ada blog yang artikelnya menyerupai artikel yang sudah kita buat "Tanpa Menyertakan Sumbernya" dan "Tanpa Minta Izin Terlebih Dahulu". Apa yang kita rasakan? sakit hatikah? marah atau bagaimana? pasti hanya bisa pasrah. Blog yang menjadi korban copy pastepun akan terkena imbasnya dan membuat orang yang menjadi korban copy paste itupun putus asa, lelah, capek. Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel Ngeblog Itu Capek? Pasti!. Berikut adalah alasan kenapa Copy paste itu tidak baik untuk blog.

1. Ditolak Layanan Iklan Google Adsense
Layanan iklan Google Adsense adalah layanan iklan PPC terbaik untuk para blog, karena penghasilan yang bisa kita dapatkan sangat besar. Berbagai orang diseluruh dunia berlomba-lombauntuk membuat blog, membuat artikel hanya untuk diterima di layanan iklan Google Adsense ini. Untuk blogger indonesia pun sangat sulit dan butuh perjuangan agar bisa diterima di layanan iklan Google Adsense ini. Karena layanan iklan Google Adsense memiliki peraturan-peraturan tertentu untuk blog yang ingin bergabung. Bila blog kita memiliki artikel hasil dari copy paste, sudah pasti tidak akan diterima di layanan iklan ini. Karena memang sudah menjadi kebijakan layanan Google Adsense. Jadi, diusahakan jangan terlalu memaksakan membuat artikel, jika tidak memiliki ide untuk menulis alangkah baiknya kita berhenti sejenak. Dari pada melakukan copy paste dan memperburuk blog kita kedepannya.

2. Jelek Dimata Mesin Pencarian
Mesin pencarian memiliki cara khusus untuk menilai suatu isi blog, tentunya ada banyak sekali artikel yang sama dan mesin pencari hanya mengindex yang terbaik. Jadi, bisa dibilang blog dengan artikel yang copy paste akan sulit terindex atau menjadi posisi pertama pada mesin pencarian. Sebisa mungkin buatlah sebuah artikel original hasil pemikiran sendiri, tidak perlu bagus, tidak perlu terlalu panjang asalkan bermanfaat. Boleh mencari referensi dari blog-blog lain asalkan jangan menyalin seluruh isinya.

3. Jelek Dimata Pengunjung
Untuk pengunjung yang sangat teliti dan benar-benar memahami isi dari artikel dalam sebuah blog. Tentunya akan terlihat sangat jelek baginya, karena apa yang dia cari berasal dari artikel-artikel yang sebelumnya pernah dia baca juga. Jadi, setiap pengunjung memiliki penilaian tersendiri untuk suatu blog.

4. Di Bully/Dihina/Dimarahi
Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya pada penjelasan diatas, siapa sih yang ingin artikelnya dicopas. Sebagian orang mungkin hanya pasrah dan putus asa, tetapi ada juga sebagian orang yang tidak terima. Sampai melakukan penghinaan, marah besar kepada blog yang mencuri artikel kita. Lebih parahnya lagi, terkadang korban copy paste mengajak teman-teman blog lainnya untuk membully/mengucilkan orang yang mengcopy paste blog kita. Yah, untuk orang yang menjadi korban copy paste sebaiknya lebih bersabar, karena jalan menjadi blogger itu tidaklah mudah.

5. Tidak Akan Bisa Menjadi Seseorang Yang Kreatif Dan Inovatif
Kita tidak akan pernah bisa menjadi seseorang yang berfikir, seseorang yang bisa melakukan perubahan dan kita hanya akan menjadi seseorang yang selalu gagal. Karena, menulis artikel di blog juga melatih seberapa kreatif kita dalam membuat artikel yang baik, seberapa baikkah tulisan kita dan kita tidak akan pernah bisa menganalisa kesalahan-kesalahan kita dalam mengetik. Maka dari itu, blogger bukan hanya sekedar menulis artikel dan informasi saja, tetapi melakukan berbagai banyak pembelajaran juga.

6. Tidak Memiliki Jiwa Seorang Blogger Dan Harga Diri Seorang Blogger
Sebaik-baiknya sebuah artikel adalah artikel yang dibuat oleh diri sendiri. Jika kita bingung ingin menulis apa dengan awalan yang bagaimana. Kita bisa "Mengutip beberapa tulisan ataupun setengah tulisan pada artikel" dengan meminta izin kepada pemilik blog. Jika kita malu, setidaknya cantumkan sumber dari artikel yang sudah kita kutip. Untuk apa kita ngeblog kalo artikel hanya memindahkan hasil orang lain? Sama saja bohong bukan?.

Baca juga: Harga Diri Seorang Blogger

7. Blog Kita Akan Dihapus Dari Mesin Pencarian
Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, ada yang hanya diam saat blognya dicopas, ada juga yang melakukan tindakan. Seperti melaporkannya ke Google atau ke perlindungan artikel seperti DMCA Protection yang mengakibatkan blog dihapus, atau paling ringan kita hanya mendapatkan teguran atas tindakan copy paste.

Artikel Terkait: Hukuman Google Yang Mengerikan (Google Sandbox)

8. Mendapatkan Gelar Istimewa Blogger
Siapa yang tidak bangga mendapatkan sebuah gelar? kita ngeblog dan mendapatkan gelar? wow.. Gelar seperti apa? Gelar Plagiarisme (Plagiat) untuk orang-orang yang suka mencuri artikel tanpa seijin pemilik artikel.

Pada dasarnya kita harus menentukan, untuk apa kita ngeblog? dan akan kita bawa kemana blog yang sudah kita buat nantinya. Apa yang harus diisi? itu semua kembali lagi ke kita sebagai pemilik blog. Tentunya kita harus memiliki konsisten dan keyakinan pada diri sendiri untuk memulai sebuah blog. Jika tidak yakin, cukup jangan ngeblog bila hanya menyalin artikel milik orang lain. Ingat, mengutip dan melakukan copas itu sangatlah berbeda. Jadi, berusaha terus dalam ngeblog. Apapun yang terjadi, selalu kita fokuskan ke blog dengan artikel-artikel yang kita buat.

Jika, ada pertanyaan. Bagaimana cara membuat artikel yang baik dan bagus?

Artikel yang baik dan bagus adalah artikel yang berasal dari pemikiran kita, dari hati kita. Jadi, usahakan menulis atau membuat blog yang sesuat dengan apa yang kita mengerti, apa yang kita pahami. Soal pengunjung blog urusan belakangan, karena kita bisa mempromosikannya disocial media atau melakukan blogwalking (Saling mengunjungi dan berkomentar) ke sesama blogger. Sayapun sebagai penulis blog masih memiliki kekurangan dan ketidakbaikan dalam menulis, karena memang saya masih belajar dalam menulis sebuah artikel yang baik. Meskipun masih banyak yang harus diperbaiki.

2 komentar

kalo ane malah korban copas gan... sedih

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon