Sunday, December 25, 2016

Tips Membeli Barang Di Ebay Agar Barang Cepat Terkirim

Tags



Tips Membeli Barang Di Ebay Agar Barang Cepat Terkirim - Cara belanja di ebay memang sedikit sulit, karena kita harus memiliki sebuah rekening paypal untuk melakukan transaksi. Mempunyai paypal adalah cara belanja di ebay tanpa kartu kredit, karena paypal adalah rekening internet pengganti kartu kredit. Jadi, kita tidak bisa belanja di ebay dengan kartu kredit ataupun debit. Karena ebay sudah mempunyai pengaturan pembelian, yaitu menggunakan paypal. Meskipun begitu, kita masih bisa menggunakan jasa belanja online di ebay yang dapat membantu kita bila tidak memiliki rekening paypal dan saldonya.

Jika sudah memiliki paypal beserta saldonya dan ingin belanja di ebay, saya ingin berbagi tips bagaimana caranya membeli barang di ebay dengan baik dan barang tersebut pasti sampai ke alamat kita. Alamat pengiriman tentunya harus di isi dengan benar pada profile akun ebay kita, agar tidak terjadi kesalahan saat pengiriman. Artikel ini saya buat menurut pengalaman pribadi, yang mudah-mudahan bermanfaat.

Oke langsung saja, bagaimana cara membeli barang di ebay yang benar? Sebenarnya tidak jauh beda dengan membeli di toko online indonesia, hanya saja membeli barang di ebay atau toko online luar negeri lainnya memiliki beberapa perbedaan. Diantaranya cara pembayaran, mata uang, jasa pengiriman dan lainnya. Berikut adalah tips agar barang diebay cepat sampai dan cara membeli barang di ebay.

baca juga: Pengalaman Pertama Belanja Di Ebay Dan Barang Terkirim

1. Pastikan Memiliki Saldo Di Akun Rekening
Ebay melakukan transaksi antara penjual dan pembeli memggunakan pembayaran melalui Paypal, Master Card dan Kartu Kredit lainnya (Akan tertera di websitenya, dengan menggunakan pembayaran mana sajakah yang dapat dilakukan). Tentunya kita harus memiliki saldo yang cukup untuk membeli barang yang kita inginkan. Jika saldo kurang, maka transaksi tidak bisa dilakukan.


2. Pastikan Barang Yang Akan Kita Beli Memiliki Deskripsi "Free International Shipping"
Usahakan barang yang akan kita beli memiliki deskripsi "Free International Shipping". Kenapa? Tentunya agar uang kita bisa sedikit lebih hemat. Karena semua produk dari negara asing yang masuk ke suatu negara lainnya(Indonesia contohnya) pasti memiliki pajak pengiriman tertentu. Pajak biasanya lebih mahal dibandingkan barang yang kita beli, jadi kita harus pinter-pinter milih barang. Untuk yang memiliki uang minim, silahkan memilih barang dengan deskripsi Free International Shipping agar lebih hemat. Jangan khawatir, meskipun statusnya Free Shipping, barang akan sampai (Pengalaman Pribadi).

Contoh Gambar:




3. Periksa Profile Seller Atau Orang Yang Menjual Barang

Ini salah satu bagian terpenting sebelum membeli barang di ebay, kita harus memeriksa profile si penjual untuk menjamin kualitas dari penjual tersebut dan untuk mengurangi penjual nakal. Apa yang harus kita periksa dari si penjual?

  • Feedback (Umpan Balik)
Sebagai seller yang berkualitas dan terpercaya, biasanya pada profilenya memiliki feedback yang sangat baik. Feedback itu sejenis testimoni atau bukti atau komentar dari si pembeli terhadap si penjual apakah memuaskan atau tidak dengan barang yang dibeli. Lihat pada Positif feedback penjual, jika sangat banyak yang melakukan posifif feedback maka sudah dipastikan seller tersebut sangat terpercaya. Atau jika sebaliknya Negatif feedback yang banyak diberikan oleh si pembeli terhadap si penjual tersebut. Maka kuaitas dari penjual tersebut kurang. Biasanya pengirimannya lama, responnya lama atau barang tidak terkirim.


  • Negara Seller Atau Posisi Si Penjual Berada
Kita berada di Indonesia, usahakan cari penjual yang berada dikawasan asia. Mengapa? Karena agar cepat sampai, karena negara asia saling bertetangga dan jaraknyapun tidak terlalu jauh. Coba bayangkan, jika barang yang akan di beli berasal dari negara Timur Tengah atau negara luar yang jauh dari asia. Pasti Memerlukan waktu yang sangat lama. Paling cepat satu bulan lebih sampai. Untuk kawasan asia, paling cepat adalah 2 minggu.


4. Pilih Seller Atau Penjual Yang Berstatus "Top-Rated Seller"

Penjual yang memiliki status "Top-Rated Seller" sudah tidak perlu di ragukan lagi status sellernya. Karena hanya penjual terbaik yang memiiki status "Top-Rated Seller" yang artinya kurang lebih "Seller dengan rate tertinggi atau seller terbaik pilihan pembeli".



5. Berdiskusilah Dengan Penjual

Jika ingin membeli sebuah barang, tetapi kita ragu dan takut nantinya barang tidak sesuai dengan apa yang tertulis di deskripsi. Kita bisa menggunakan media chat dengan penjual. Kita bisa menanyakan mengenai produk barang, spesifikasinya, apa saja yang ada didalam barang tersebut. Dan jika barang tidak terkirim atau belum terkirim, laporkan kepada penjual. Biasanya penjual akan mengirim ulang barang tersebut. Atau berbicara dengan penjual untuk membatalkan pesanan. Maka, jika kedua belah pihak setuju. Uang kita bisa kembali ke rekening. Jangan takut untuk berdiskusi dengan penjual, karena dengan berdiskusi akan membantu kita untuk meyakinkan diri terhadap si penjual.

Contoh gambar saat saya berdiskusi dengan penjual barang di ebay.




Mungkin hanya sekian yang bisa saya sampaikan, Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk kita semua yang ragu-ragu atau belum pernah sama sekali mencoba membeli barang di ebay. 

6 komentar

trima kasih tipsnya gan , saya pernah beli barang di ebay pake paypal tetapi sampai sekarng belom sampe2 juga , itu kenapa ya padahal feedbacknya bagus , saya sudah complain tidak ada respon ..sudah 2 minggu

Untuk barang yang kita beli dari ebay itu tergantung dari mana barang itu berasal. Untuk area asia seperti barang dari chia atau hongkong itu paling cepet 3 minggu kurang. atau paling lama satu bulan. Saat kita membeli barang, usahain minta track number atau biasanya sudah diberikan oleh si penjual jika barang telah dia kirim ke post negaranya. Setelah mendapatkan track, kita bisa mengecek barang kiriman kita berada dimana. Dalam kasus banyak terjadi pengiriman tidak sampai. Yang pertama, si penjual tidak mengirim, stock abis atau penipu. Yang kedua, biasanya setelah sampai di kantor pos, ada oknum-oknum jail sehingga barang kita tidak sampai (Menurut pengalaman dari sumber yang saya baca). Jika barang tidak kunjung sampai. Silahkan hubungi penjual untuk meminta refund atau pengiriman ulang atau pengembalian uang. Jika tetap tidak dibalas, kita hubungi langsung pihak ebay dan sertakan bukti. misalkan track pengiriman atau chat yang tidak dibalas oleh si penjual. Biasanya uang kita akan dikembalikan oleh ebay. Karena ebay memiliki sistem perlindungan untuk pembeli (Ini menurut sumber yang saya dapat).

Sipp nih tips nya, kebetulan saudara saya mau ada yang beli barang di ebay
Terimakasih ya :D

Kemarin saya habis beli di eBay tapi kok datangnya lama ya gan

Barang dari luar memang lama gan, paling lama satu bulan.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon