Monday, January 30, 2017

Alasan Kita Harus Membuat Blog Beserta Manfaat Dan Tujuan Dari Blog

Tags


Alasan Kita Harus Membuat Blog Beserta Manfaat Dan Tujuan Dari Blog - Banyak sekali manfaat mempunyai blog dan tujuan membuat blog, Manfaat dari ngeblog salah satunya adalah kita bisa belajar menulis yang baik, belajar memahami penulisan diri sendiri, dan peletakan tanda baca yang baik dan benar meskipun tidak benar-benar mengerti. Dan tujuan dari memiliki blog adalah salah satunya bisa membuat kita terkenal, membuat kita mempunyai penghasilan dan juga teman-teman sesama blog, yang pasti akan membuat dunia kita menjadi ramai dengan kenalan-kenalan dari blogger lainnya. Mulai dari ngeblog, kita bisa mendapat hal-hal yang bermanfaat dan siapa tau, tanpa kita sadari, kita bisa membuat artikel-artikel original asli buatan sendiri yang berkualitas.

Demam blog sudah mulai mewabah sejak beberapa tahun lalu. Apalagi pada zaman ini, fasilitas internet bisa begitu mudah didapat. Hal itu membuat kepopuleran blog menjadi lebih merata. Bahkan sering ada pertemuan para blogger di seluruh Indonesia yang pesertanya bisa mencapai ratusan sampai ribuan. Pada awalnya, blog dikenal orang sebagai sarana aktualisasi diri untuk mencurahkan apapun yang ingin dituliskannya selayaknya buku harian. Tapi sekarang, blog justru lebih popular sebagai sarana berbagi. Dengan blog, kita bisa berbagi apapun, mulai dari pengalaman sehari-hari, pengalaman liburan, tulisan fiksi dan puisi, pengetahuan IT, informasi kuliner, kesehatan, hingga sekedar berbagi cerita-cerita lucu.

Mengingat manfaat yang begitu besar, tentu saja pada akhirnya blog tidak akan menjadi tren sesaat saja. Diperkirakan kepopuleran blog akan terus berkembang sampai waktu yang tidak bisa ditentukan. Bayangkan, sekarang ini blog tidak hanya dimiliki oleh kalangan orang biasa, tapi pejabat, petinggi perusahaan, artis, atau tokoh pun banyak yang sudah memiliki blog. Selain sebagai kebanggaan, mereka bisa mengaktualisasikan diri mereka untuk dibagi kepada orang lain melalui apa saja yang mereka tulis. Hal itu sangat wajar, karena untuk memiliki blog sekarang ini sangat mudah. Syaratnya hanya harus memiliki jaringan internet dan juga email. Selain itu, tampilan blog juga tidak kaku dan bisa diatur semenarik mungkin sesuai keinginan pemiliknya. Bahkan bisa ditambahkan berbagai gadget dan widget yang akan membuat orang lebih nyaman ketika berkunjung.

1. MANFAAT MEMPUNYAI BLOG
Buku Rhenald Kasali yang berjudul "Cracking Zone", benar-benar bisa menggambarkan bagaimana masa depan akan terjadi. Lihatlah fenomena yang terjadi saat ini, sistem telekomunikasi semakin canggih sehingga mengubah gaya hidup manusia. Fenomena itu memunculkan sebuah generasi baru bernama Gen-C. Gen-C memiliki berbagai macam arti, dan salah satunya adalah connected. Hal ini terlihat dari semakin banyak orang-orang di seluruh dunia yang terkoneksi oleh internet dan smartphone. Rhenald memberikan contoh bahwa pernah terjadi, gadis-gadis di Jakarta banyak yang ingin potongan rambutnya dibuat seperti Lady Gaga, penyanyi barat. Hal itu karena pengaruh dari video klip Lady Gaga dalam album Paparazzi, yang telah diunduh lebih dari 250 juta orang di seluruh dunia. Itulah sekelumit potret kecil remaja sebagai bagian dari komunitas global moderen yang dapat disebut generasi terkoneksi (connected generation/Gen-C).

Jadi, di masa depan, yang bisa memiliki peluang adalah orang-orang yang bisa terkoneksi dengan dunia luar dengan mudah, termasuk blog. Blog terkoneksi secara global melalui internet, sehingga, semua orang di dunia bisa mengaksesnya. Jadi, kesempatan untuk diketahui dan dibaca, juga semakin besar. Itu jika dilihat dari jangkauan pasarnya. Jika dilihat dari segi teknisnya, blog juga memiliki manfaat lain, seperti:

  • Menuangkan Ide dan Pendapat 
Pernah punya ide di otak atau perasaan berkecamuk tentang suatu hal yang ingin diungkapkan tapi tidak tahu bagaimana mengungkapkannya? Tuakan di blog. Di sini tidak ada larangan menuangkan dan menuliskan apa pun selama tidak mengganggu, memfitnah, atau mencela orang lain. Apa pun bisa dituliskan di blog dan bisa dibaca siapapun juga.

  • Menambah Teman dan Relasasi
Pengguna blog berbagai dari berbagai kalangan, profesi, dan usia dari seluruh dunia yang bisa saling berinteraksi setiap saat. Jadi, potensi untuk memperluas pergaulan dan mendapatkan teman-teman dan relasi-relasi baru khususnya yang mempunyai minat yang sama sangat besar. Bisa jadi dari koneksi itu, memungkinkan terjadi saling tukar ide, berbagi pengalaman, bahkan potensi-potensi usaha. Bukankah menyenangkan mempunyai banyak teman dengan minat dan pemikiran yang sama?

  • Menyalurkan Bakat
Penyaluran bakat juga bisa dilakukan dengan blogging. Jangan salah, tidak harus bakat menulis. Apa pun bakat maupun kecenderungan akan suatu bidang, bisa diwujudkan dalam blog. Lihatlah sekarang banyak bermunculan blog desain pakaian,desain grafis, fotografi, gambar, seni, dan lain sebagainya. Jadi, manfaatkan untuk menyalurkan bakat dan hobi di sana.

  • Menjadi Terkenal
Semakin banyak orang yang membaca dan menyukai tulisan di blog tertentu, semakin dikenal pemiliknya. Lihatlah Raditya Dika orang etrsebut menjadi sangat terkenal karena tulisan-tulisan yang ada di blog mereka. Bahkan mereka bisa menghasilkan uang dari buku yang dijual berdasarkan tulisan di blog.

  • Media Aktualisasi Diri
Salah satu kebutuhan manusia adalah to be recognized-untuk diakui keberadaannya dan diperhatikan. Dan blog mampu memfasilitasi hal tersebut dengan mengaktualisasikan dirinya dalam berbagai media (text, image, graphic, video, audio, slide presentasi, dll) yang bisa diakses oleh semua orang di dunia yang terhubung dengan internet.

  • Menambah Pengetahuan
Ada beberapa blog dengan tema tertentu yang memberi informasi berguna bagi orang lain, misalnya motivasi, masakan, pelajaran, bahasa asing, internet, tips dan trik bisnis,  dan lain-lain. Apa pun tema blognya, untuk menulis artikel yang berguna dan informatif sering menuntut seseorang untuk melakukan research kecil-kecilan demi mencari data atau fakta yang berkaitan dan mendukung tema tulisan. Dari kegiatan research inilah, kita akan semakin banyak mengetahui hal-hal dan ilmu baru.

  • Membantu Orang Lain
Setiap hari ratusan juta orang di dunia menggunakan mesin pencari untuk menemukan artikel, tips-tips maupun info-info berisi artikel yang mereka cari, otomatis kita telah membantu orang lain memberikan informasi yang mereka butuhkan.

  • Menumbuhkan Jiwa Wirausaha
Jangan salah, blog juga bisa digunakan untuk berdagang. Jadi, bisa menumbuhkan jiwa wirausaha. Selain itu, biyaya yang dibutuhkan tidak banyak karena tidak harus menyewa tempat yang luas dan strategis. Hanya butuh biyaya menyewa domain dan hosting saja.

  • Menghasilkan Uang
Selain untuk berdagang, blog bisa menghasilkan passive income dari iklan yang ditampilkan di blog. Bisa menggunakan sewa tempat iklan, atau iklan yang menggunakan Adsense dengan bayaran per klik.


2. MACAM - MACAM SITUS BLOG
Alasan orang untuk membuat blog bisa berbagai macam, mulai hanya berbagi tulisan dan foto, sampai kepada keperluan bisnis. Jadi, bisa dibilang macam-macam situs blog itu ada tiga jenis utama, yaitu personal blog, corporate blog, dan commercial blog.

  • Personal Blog
Bagi orang-orang yang memiliki personal blog, biasanya tujuan utamanya adalah untuk mengaktualisasikan diri, mencari teman, atau memang hobi menulis. Jadi di blog sejenis ini, mereka akan menulis apa saja yang mereka inginkan. Blog pada jenis ini, terdiri dari berbagai macam jenis juga, misalkan fiksi, puisi, diary, berbagi pengalaman, berbagi foto, atau sebagai sarana untuk menunjang keperluan mereka (desain grafis, desain baju, dan lain sebagainya).

  • Corporate Blog
Corporate blog cenderung sarana untuk media promosi dan juga media komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan, calon pelanggan, atau rekan bisnisnya. Jadi, di dalam blog ini biasanya akan menampilkan berbagai tulisan tentang perusahaan tersebut. Di dalamnya terdapat foto, suasana kantor, produk apa saja yang dijual, sampai portofolio mereka. Intinya, mereka menampilkan apa pun yang menarik tentang perusahaan mereka.

  • Comercial Blog
Comercial Blog memfokuskan aktivitas utamanya untuk menghasilkan uang dari apa pun konten yang ada di dalamnya. Seringnya, blog jenis ini berisi tentang jualan, misalnya blog jualan buku, gadget, souvenir, bantal, dan sebagainya. Tetapi, bisa juga blognya berisi informasi umum seperti berita, tips dan trik, dan lain-lain. Lalu dimana letak menghasilkan uangnya? Kalau Anda melihat banyak iklan di blog tersebut, maka pendapatannya adalah dari iklan-iklan itu. Bayangkan saja, mereka mendapat jutaan rupiah perbulan dari iklan-iklan tersebut. Lumayan untuk penghasilan tambahan bukan?


3. BLOG YANG POPULER
Ada banyak tempat yang menyediakan situs blog untuk digunakan. Sebagian besar gratis, dan ada juga yang berbayar. Tiga yang paling populer adalah Blogger, Wordpress, dan Tumblr. Pada zaman dulu juga ada multiply yang tidak kalah populernya, tapi mulai tahun 2013, situs itu tidak akan berfungsi lagi. Karena begitu banyaknya orang yang pada akhirnya menyukai blog, maka mulai banyak situs lokal yang menyediakan aplikasi blog pada situs mereka, seperti Kompasiana, DetikBlog, dan lain sebagainya. Pada Artikel ini, hanya akan membahas tiga situs penyedia blog, yaitu Blogger, Wordpress, dan Tumblr. Ketiga blog inilah yang paling banyak digunakan selama ini.

  • Blogger

Blogger merupakan salah satu layanan blog gratis yang paling populer saat ini. Selain karena mereka adalah yang pertama menyediakan situs layanan blog, blog ini juga yang menyediakan berbagai kemudahan seperti mengubah template, Menambahkan gadget, statistik, galeri, dan sebagainya. Blogger memberi kebebasan kepada penggunanya untuk mendesain sendiri blog mereka.

  • Wordpress

Bagi seseorang yang menyukai kesederhanaan, maka Wordpress adalah situs penyedia blog yang tepat. Situs ini juga tidak kalah populer dengan Blogger. Di Indonesia jumlah pengguna Wordpress dan Blogger bisa dibilang berimbang. Apalagi sekarang ini Wordpress juga memberi kebebasan untuk para penggunanya untuk mengubah template secara bebas selayaknya fasilitas yang diberikan Blogger. Jadi, tentu saja, kepopulerannya semakin meningkat.

  • Tumblr

Tumblr pada awalnya lebih populer di luar negri, tetapi beberapa tahun terakhir sudah banyak yang menggunakannya di Indonesia. Selain karena sederhana seperti halnya Wordpress, alamat situs yang dihasilkan Tumblr jauh lebih singkat dari pada Blogger dan Wordpress, yaitu alamatblog.tumblr.com.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon