Sunday, January 15, 2017

Belajar Mengenal Hosting Dan Pengertian Hosting

Tags


Belajar Mengenal Hosting Dan Pengertian Hosting - Hosting awalnya dari kata host yang berarti komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan, sehingga hosting bisa disebut pemanfaatan komputer yang berada dalam jaringan dan memanfaatkan sumber daya server untuk ditempatkan sebagai penyimpanan data dan informasi.  Server hosting biasanya terdiri dari satu atau beberapa server yang terhubung ke dalam jaringan internet dengan kecepatan tinggi.

Web Hosting dapat diartikan sebagai salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat penyimpanan data pada server di internet yang memungkinkan pribadi, organisasi. atau pemerintahan menampilkan informasi di web/situs yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat diakses oleh user.

Pada umumnya server web hosting menggunakan sebuah komputer biasa yang dapat online 24 jam setiap hari tanpa harus dimatikan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Ada banyak sekali layanan hosting yang tersedia serta mempunyai kelebihan dan keterbatasan dari yang gratis, murah, hingga yang mahal. Untuk itu, sebaiknya disesuaikan
dengan kebutuhan kita diantaranya:

Hosting Gratis merupakan layanan tak berbayar, tetapi web hosting gratis yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan biasanya dengan layanan sangat terbatas bila dibandingkan dengan hosting berbayar.

Shared/Virtual Hosting biasanya satu web ditempatkan pada server yang sama dengan puluhan sampai ribuan web lain untuk bisa berbagi sumber daya dari server tersebut.

Dedicated Hosting merupakan hosting yang paling mahal karena memiliki server sendiri dan dalam satu server tersebut hanya ada satu hosting dan domain serta memiliki akses administratif penuh dan bertanggung jawab atas keamanan dan pemeliharaan.

Managed Hosting merupakan hosting yang memiliki kontrol terbatas, sehingga penyedia dapat menjamin kualitas layanan.

Colocation Hosting merupakan penyedia listrik, akses internet, dan fasilitas penyimpanan untuk server.

Cloud Hosting merupakan hosting jenis baru yang kuat, terukur, dan dapat diandalkan berdasarkan keseimbangan beban server.

Clustered Hosting merupakan beberapa server dan konten yang sama untuk pemanfaatan sumber daya yang lebih baik.

Grid Hosting salah satu bentuk hosting terdistribusi ketika sebuah server cluster bertindak seperti grid dan terdiri dari beberapa node.

Hosting di dalamnya sudah diinstalkan services-services umum seperti http, email, FTP, dan lain-lain. Layanan hosting dibedakan menjadi beberapa kategori, di antaranya.

Web Hosting merupakan tempat penyimpanan agar website selalu online 24 jam dan dilengkapi dengan software pendukung seperti Apache, PHP, CGI, Perl dan lainnya, serta dilengkapi dengan kontrol panel untuk mempermudah pengelolaannya

Email Hosting merupakan layanan khusus yang disediakan untuk mengirim/menerima email dilengkapi dengan Fitur POP3/SMPT, Webmail, Push Mail, serta pengelolaan manajemen.
FTP Hosting merupakan layanan penyimpanan data secara aman melalui protokol FTP, biasa digunakan untuk backup data.

Dari beberapa jenis dan kategori hosting yang ada diatas kita akan mencoba memanfaatkan hosting gratis yang memenuhi dukungan-dukungan tersebut, sehingga dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk memenuhi kebutuhan website yang akan kita buat.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon