Saturday, January 14, 2017

Hukuman Google Yang Mengerikan (Google Sandbox)

Tags

Hukuman Google Yang Mengerikan (Google Sandbox) - Hukuman google atau pelanggaran google adalah suatu tindakan yang mengerikan, karena kita akan kehilangan segalanya yang sudah kita bangun dari google. Apa penyebabnya google memberikan hukuman? Tidak banyak, tetapi cukup bisa membuat kita berhenti ngeblog.

Cara keluar dari hukuman google sandbox dan cara mengatasi blog yang terkena google sandbox cukup membuat kita pusing, karena artikel yang dulunya terindeks dan berada di posisi pertama, seketika menghilang begitu saja. Jika kita ingin blog kita aman dari hukuman ini, maka kita harus mengetahuinya dengan cara menghindari hukuman google sandbox.

Salah satu tindakan yang bisa membuat blog kita terkena hukuman google sandbox adalah tindakan copy paste atau mengutip. Seperti yang kita tau, bahwa kegiatan suatu tindakan copy paste adalah hal yang sangat buruk untuk blog kita. Terutama buruk di mesin pencarian google, karena google lebih menyukai suatu artikel yang original atau buatan sendiri meskipun tidak terlalu bagus.

Tindakan yang paling menyeramkan dari google adalah hilangnya web atau blog kita di mesin pencarian dan juga hilangnya artikel kita yang sudah terindeks pada mesin pencarian, dan hasilnya blog kita akan terasa seperti blog baru tanpa pengunjung. Visitor menurun dan yang lebih parah lagi tidak ada pengunjung sama sekali. Salah satu hukuman yang paling parah dampaknya adalah hukuman Google Sandbox.

Sebelumnya silahkan baca artikel yang bersangkutan dibawah ini:

Separah apa dampak yang diberikan oleh Google Sandbox?
Bisa dibilang hukuman yang diberikan oleh google yang satu ini sangat parah, bisa membuat kita malas ngeblog, frustasi dan mungkin pensiun dari dunia blog. Blog yang sudah kita bangun dari awal hingga mampu bersaing di posisi teratas dan tiba-tiba hilang ditelan bumi. Untuk itu, Google tidak main-main dalam memantau suatu blog yang isi dari artikelnya sama, entah itu copas atau mengkutip sedikit saja, jika google sudah beraksi dan menganggap harus memberikan hukumannya, waspadalah kita sebagai blogger.

Bagaimana Cara Mengatasi Hukuman Google Sandbox dan lainnya?


1. Sebelum Terkena Hukuman Google

  • Usahakan jangan pernah melakukan tindakan copy paste, jika tetap ingin melakukannya. Kutiplah beberapa artikel yang kita inginkan. Karena Copy Paste dan mengutip itu tindakan yang berbeda. Tetapi, meskipun kita hanya mengutip. Kita masih memiliki kemungkinan untuk tetap terkena hukuman google, terutama Sandbox. Berhatihatilah.
  • Hapus komentar pada blog yang mengarah ke situs yang tidak baik atau mengandung unsur spam(Seperti memasukan link aktif atau sejenis promosi di blog kita). Karena bisa menyebabkan blog kita terkena pelanggaran juga karena ter-indeks SPAM.
  • Cek link yang terdapat pada blog, apakah masih bisa atau broken link. Jika broken link, silahkan hapus dan menggantinya (Jika ada)
  • Buat artikel sendiri, dengan pemikiran sendiri dan dengan bahasa sendiri. Jika bingung ingin memulai dari mana, silahkan melihat artikel dari sahabat blogger lainnya yang sudah terbit tetapi terbitkan ulang menggunakan bahasa kita sendiri yang mudah dipahami. Karena artikel yang berkualitas bukan hanya dari isi dan penyampaiannya. Melainkan bagaimana proses artikel itu dibuat.
2. Jika Sudah Terkena Hukuman Google
Bila sudah terkena hukuman dari google, kita seperti membuat blog baru. Sepi tanpa pengunjung, meskipun ada beberapa mungkin yang datang ke blog kita seperti pengunjung tetap. Blog kita menghilang dari google. Yang awalnya peringkat pertama tiba-tiba tidak ada . Bukan hanya satu atau dua artikel, melainkan semuanya. Terus gimana dong cara mengatasi hukuman google? saya akan membahas mengenai apa yang sudah saya rasakan.
  • Kita minta tinjauan ke google atau google console mengenai artikel kita. Tapi sebelum itu hapus artikel yang menurut kita telah melakukan pelanggaran. Setelah menghapus, baru lakukan tinjauan perayapan pengindeks pada google console dan tuliskan keterangan mengenai tinjauan tersebut. Misalkan kita telah menghapus artikel yang menurut google spam atau yang menyebabkan pelanggaran. Setelah melakukan pertinjauan di google console, biasanya google membutuhkan waktu untuk melakukan tinjauan dan akan dikabarkan melalui email(Dari pengalaman yang saya alami, cukup lama prosesnya.)
  • Jika sudah mendapat balasan atau pesan dari google bahwa pelanggaran atau hukuman sudah dihapus. Daftarkan kembali blog kita (beserta) artikel yang ada, karena akan sulit bagi kita mengembalikan blog dulu yang ramai setelah terkena hukuman. Pada saat sudah melakukan mendaftaran ulang ke search engine google, blog kita tidak akan di-indeks seperti semula. Blog kita hampir sama seperti blog baru atau bahkan artikel dan blog kita tetap tidak terindeks.
  • Ganti Template Blog
  • Jika blog tetap tidak terindeks, silahkan ganti struktur title pada blog.
Contoh:

Sebelumnya: Nama Postingan | Blog Wendy

Diganti menjadi: Nama Postingan | Blog Baru Wendy

Untuk cara mengganti struktur title, dari pengalaman yang sudah saya alami beberapa artikel mulai bermunculan kembali di mesin pencarian google, walaupun tidak semuanya kembali dengan posisi asalnya. Yang dulunya posisi pertama pencarian mesin pencari google, setelah terkena Google Sandbox ada beberapa yang turun drastis.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon