Sunday, January 15, 2017

Inilah Alasan Kenapa Komputer Atau Laptop Harus Di Shutdown

Tags


Inilah Alasan Kenapa Komputer Atau Laptop Harus Di Shutdown - Banyak dari sekian orang ketika setelah menggunakan komputer mereka langsung mematikan komputernya begitu saja dengan alasan malas atau komputer terlalu lemot sehingga membuatnya merasa kesal dan akhirnya mematikan komputernya dengan cara tidak wajar, seperti mencabut stop kontak secara langsung maupun mematikannya melalui tombol power. Walaupun komputer terlihat baik, tapi belum tentu sistem yang dikerjakan pada komputer tersebut juga akan baik. Maka dari itu Inilah alasan kenapa komputer harus di Shutdown dan akibatnya,

1. Pada saat proses Shutdown komputer akan meregistrasi ulang komponen komputer yang digunakan dan software serta data yang dipakai atau yang di delete. Sedangkan kalau kita mematikan komputer secara langsung, maka komponen atau software serta data yang digunakan tidak dapat disimpan ke dalam registrasi, sehingga bila terjadi masalah pada komputer maka komputer tidak dapat mengadakan system recovery berdasarkan tanggal atau waktu yang ditetapkan.

2. Pada saat proses Shutdown, processor memberikan perintah kepada bios untuk menghentikan segala pekerjaan-pekerjaan komponen peralatan, sehingga arus atau daya yang terpakai diputus secara normal, akan teapi jika kita mematikan langsung maka komponen komputer secara mendadak mati tanpa pemutusan arus secara normal sehingga lama kelamaan akan menimbulkan kerusakan pada komponen komputer.

3. Pada saat proses Shutdown fan komputer akan bekerja dua kali lebih cepat untuk proses pendinginan processor, namun jika kita mematikan komputer secara langsung, maka pendinginan processor tidak bekerja secara normal maka lama-kelamaan processor pun akan rusak.

4. Pada saat proses Shutdown system memory akan dikosongkan, sehingga pada saat komputer dipakai lagi maka memory sudah benar-benar dalam keadaan refresh, kalau kita mematikan komputer secara langsung maka besar kemungkinan memory akan rusak.

5. Pada saat proses Shutdown, harddisk bekerja untuk menyimpan data yang diperintahkan processor serta menyalin data komponen software kedalam registrasi komputer, kemudian head hardisk akan kembali ke posisi awal (posisi tidak membaca harddisk). Jika kita mematikan komputer secara langsung maka selain data komponen dan software tidak tersimpan pada registry, posisi head harddisk juga akan berada di tengah-tengah silinder harddisk sehingga pada saat dihidupkan kembali head komputer dapat merusak silinder harddisk sehingga terjadi Bad sector harddisk yang lama-kelamaan akan menyebabkan harddisk rusak.

Maka dari itu, bagaimanapun keadaan laptop atau komputer yang kita gunakan, sebaiknya tetap harus kita shutdown agar tidak terjadi kerusakan saat akan digunakan. Karena jika sudah terjadi error atau masalah, mau tidak mau kita harus mengeluarkan biyaya untuk memperbaikinya.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon