Monday, January 30, 2017

Peralatan Untuk Membongkar Komputer dan Membersihkan Komputer

Tags


Peralatan Untuk Membongkar Komputer dan Membersihkan Komputer - Peralatan komputer salah satu alat pendukung dalam komputer. Dengan peralatan komputer ini, kita bisa membongkar komputer/laptop dan juga membersihkan komputer/laptop. Terutama pada toko komputer, peralatan teknisi komputer untuk membongkar komputer ini sangat diperlukan dalam melakukan pengecekan terhadap komponen. Tidak hanya untuk komputer, peralatan ini bisa digunakan untuk membongkar dan membersihkan struktur pada laptop juga. Untuk harga-harga alat teknisi bongkar dan pembersihan komputer ini biasanya tidak terlalu mahal, terutama obeng. Harga obeng untuk membongkar komputer atau laptop biasanya sekitar Rp. 30.000 - Rp. 50.000 dan disarankan memilih ujung obeng yang memiliki magnet agar gampang menarik bautnya.

Dalam membongkar komputer atau laptop biasanya untuk mengecek komponen, mengupgrade kompnen atau mengganti kompunen yang sudah rusak. Biasa disebut dengan service komputer atau laptop, Komputer yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan lambatnya kinerja komputer hal ini bisa disebabkan karena adanya kotoran-kotoran yang melekat pada perangkat komputer oleh karena itu komputer haruslah sesering mungkin dibersihkan agar tidak cepat rusak. Berikut adalah Bahan atau peralatan yang digunakan untuk membersihkan komputer.

1. Penyedot Debu Mini


Penyedot debu mini hampir sama dengan kuas yang digunakan untuk menghilangkan debu, Namun penyedot debu mini lebih mudah dan bersih. Pada ujung penyedot debu mini dilengkapi dengan sikat dengan beragam ukuran dimaksudkan untuk menyesuaikan luas sempitnya sudut-sudut pada komponen komputer yang dibersihkan. Alat ini sangat tepat digunakan untuk membersihkan keyboard, ventilasi udara pada monitor dan fan atau kipas. Bahkan sangat baik digunakan untuk membersihkan rangkaian motherboard atau papan induk.

2. Kain Kering atau Tisu dan Cairan Pembersih


Kain Kering atau tisu digunakan untuk membersihkan kotoran cair yang mungkin akibat softdrink, tinta atau air hujan yang masih segar yang belum mengering. Kotoran cair sangat berbahaya jika tidak segera dibersihkan karena jenis kotoran ini dapat menghantarkan arus listrik sehingga mengakibatkan hubungan arus pendek atau kerusakan fatal pada komponen PC. Tisu juga dapat digunakan untuk memperlancar aliran tinta pada cartrdge printer injek karena sifatnya yang mudah menyerap cairan. Sedangkan cairan pembersih digunakan untuk membersihkan noda atau kotoran yang sudah mengerng seperti percikan dari tinta printer.

3. Kuas


Kuas merupakan peralatan yang digunakan untuk membersihkan debu atau sarang serangga. Selain itu kuas juga digunakan untuk membersihkan debu-debu yang menutup ventilasi casing. Kuas dapat juga digunakan untuk membersihkan motherboard dan sirip heatsink pada prosessor.

4. Disk Cleaner


Disk Cleaner digunakan untuk membersihkan head disk drive dari pengaruh debu atau kotoran yang menempel pada head floopy drive. Disk cleaner terdiri atas cairan pembersih dan floopy disk yang piringannya diganti dengan kertas tisu.

5. CD Cleaner


CD Cleaner prinsip kerjanya sama dengan disk cleaner yaitu dengan menggosok bagian yang berdebu atau kotor dengan cairan pembersih dengan memanfaatkan putaran. Beda CD Cleaner dengan Disk Cleaner hanya terletak pada bentuk yaitu CD Cleaner menggunakan sikat kecil atau sirip yang dipasang pada disk.

6. Obeng


Obeng merupakan peralatan penting bagi para teknisi komputer, karena dengan alat inilah teknisi mampu membuka dan melepas komponen dalam PC. Obeng pada umumnya ada dua macam yaitu obeng min dan plus. selain itu juga ada obeng khusus yaitu obeng bintang dan obeng heksagonal. Obeng yang sering digunakan untuk peralatan PC adalah obeng min dan plus.

7. Tang


Jenis tang untuk keperluan teknisi dalam melakukan perawatan komponen PC adalah tang cucut dan tang kombinasi. Tang cucut banyak digunakan memegang kepala skrup atau jumper yang kecil. Sedangkan tang kombinasi digunakan untuk memotong kabel dan keperluan lainnya.

8. Senter



Senter digunakan untuk menerangi bagian-bagian yang gelap didalam PC. Kabel-kabel kecil yang bentuknya dan konektor dibagian casing PC sangat sulit untuk dilihat. Oleh karena itu harus menggunakan senter.

9. Botol Semprot


Menjaga agar saluran ventilasi dan interior PC bebas dari debu untuk mencegah kelebihan panas. Sejauh ini, botol semprot merupakan cara termudah untuk melakukannya. Botol semprot tersedia dibanyak toko komputer dan elektronik.

10. Wadah Komponen


Wadah kecil yang berpenutup digunakan untuk menyimpan sekrup dan jumper. Dengan adanya wadah lebih aman dan tertera rapi.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon