Saturday, January 28, 2017

Tips Menulis Artikel Blog Yang Baik Dan Benar Tanpa Kesalahan

Tags


Tips Menulis Artikel Blog Yang Baik Dan Benar Tanpa Kesalahan - Ketika kita membuat blog, tentunya kita membutuhkan sebuah artikel untuk melengkapinya. Cara menulis artikel yang baik dan berkualitas tidak ada bedanya dengan menulis artikel biasa pada umumnya. Tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menulis artikel, agar blog kita memiliki isi yang konsisten, baik, dan terjaga.

Contoh artikel yang baik dan benar adalah artikel yang sopan, artikel yang menarik, penyampaian yang jelas dan minimal mempunyai 500 sampai 1000 kata. Dalam langkah membuat artikel yang baik dan benar, kita harus terlebih dahulu memikirkan artikel apa yang bisa kita buat sesuai dengan kemampuan.

Karena Blog yang baik sering kali di tuntut untuk memiliki artikel yang berkualitas, tidak heran banyak yang kebingungan bagaimana cara menulis artikel yang berkualitas. Menurut saya, artikel yang baik dan berkualitas adalah artikel yang berasal dari pikiran kita, analisa kita dan dibuat oleh kita. Bukan hanya artikel kita yang berkualitas, tentunya akan membuat kita berkualitas dengan membentuk artikel-artikel yang menurut kita baik.

Saya bingung dalam menulis artikel? Solusinya bagaimana?
Akan kita bahas dalam artikel ini, tapi sebelumnya akan saya jelaskan sedikit. Dalam menulis artikel original, tentu menggunakan bahasa yang dibuat dari pola pikir kita. Sehingga Membentuk kalimat-kalimat yang bisa kita tuliskan dan dijadikan artikel. Tidak peduli rapih atau tidak, bagus atau tidak. Yang terpenting adalah kita sudah mencoba, sudah berusaha dan memberikan yang terbaik.

Terutama seseorang yang memiliki blog atau website, entah itu personal atau sosial. Pekerjaannya menulis dan mencari inpirasi untuk ditulis, yang terkadang menjadi tuntutan tersendiri untuk menulis artikel pada blog atau webnya. Saya sendiri dalam menulis artikel masih sangat berantakan, masih jelek dan butuh proses pemahaman. Bagaimana mengungkapkan suatu pikiran melalui kata-kata, dengan cara membaca yang baik. Misalkan menentukan tanda baca, intonasi jeda saat membaca. Tidak mungkin bila membaca suatu tulisan hanya dengan menggunakan satu tarikan nafas panjang saja.

Dari penjelasan yang sudah saya sampaikan, kita harus memperhatikan hal-hal apa saja dalam mengisi artikel pada sebuah blog atau website, karena hal ini sangat penting untuk kita pahami. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis artikel adalah,

1. Tulislah artikel yang disukai dan dikuasai
Lebih baik membuat suatu artikel yang kita kuasai dan sukai. karena akan mempermudah kita dalam membuat suatu artikel, karena mudah dipahami, tentunya akan sangat santai dan tidak banyak pikiran dalam menulis. Dan, kita akan dapat mempertahankan kualitas blog kita dengan artikel-artikel yang kita buat dari apa yang kita pahami. Jangan memaksakan menulis sesuatu yang sama sekali tidak tau. Hasil tulisannya akan tidak jelas dan tidak dipercaya. Atau, jika tidak, tulisan yang ada hanya dari copy paste tulisan orang lain. Kalau seperti itu, untuk apa membuat blog?

2. Gunakan bahasa yang baik dan benar
Jangan menggunakan singkatan atau huruf-huruf besar kecil yang pada zaman sekarang disebut "Alay". Percayalah, orang lebih ingin membaca dengan nyaman dari pada melihat betapa "Kreatifnya" huruf-huruf yang digunakan. Karena kenyamanan adalah nomor satu, maka lebih baik gunakan bahasa yang mudah dimengerti, simple dan nyaman dilihat.

3. Banyak-banyaklah membaca
Seperti yang sudah saya singgung diatas, seorang blogger dituntut untuk menulis suatu artikel. Karena dengan membaca, ada banyak hal yang bisa menjadi ide untuk dijadikan artikel. Sumber bacaan tidak harus dari buku, tapi bisa dari berkunjung ke blog lain, membaca lirik lagu, atau media massa.

4. Seringlah mendengar radio, musik, atau menonton film
Mencari inspirasi untuk menulis blog tidaklah mudah, jarang kita menemukan inspirasi untuk ditulis. Maka dari itu, kita harus sering-sering mendengarkan suatu media. Entah itu media baca seperti koran, buku, mengunjungi blog, atau dengan media suara seperti musik, menonton tv dan mendengarkan radio. Hala ini terutama jika tema blognya adalah resensi film, musik atau memiliki minat dalam hal menulis fiksi. Dari kegiatan-kegiatan tersebut bisa di dapatkan ide untuk menulis artikel blog.

5. Memberikan tampilan yang menarik pada artikel
Gunakanlah gambar atau video untuk membuat orang tertarik membacanya. Tetapi jangan terlalu banyak, karena itu akan memberatkan bandwith ketika orang akan membukanya. Pengecualian jika memang blog yang ditulis bertujuan untuk fotografi atau densain grafis, pastinya memang harus memiliki gambar lebih banyak.

6. Jika isinya berupa "copy paste", tuliskan sumbernya
Sudah saya singgung di penjelasan diatas mengenai blog yang isinya copy paste, lalu untuk apa membuat blog?. Memang tidak ada larangan untuk mengcopy paste, tetapi tetap saja hal itu tidak dianjurkan. Selain merusak reputasi penulis asli, akan membuat reputasi blog yang akan dibangun menjadi buruk. Lebih parahnya lagi tanpa meminta izin si pemilik, itu adalah pelanggaran sebenarnya dan banyak dari sekian blog terkena hukuman google.

Baca juga:
Hukuman Google Yang Mengerikan (Google Sandbox)
Alasan Kenapa Copy Paste Itu Tidak Baik Untuk Blog

Kita harus bisa menghargai hasil karya orang lain, karena mereka membuat postingan tersebut juga membutuhkan energi dan pemikiran yang tidak sedikit. Selain itu, sudah banyak komunitas blogger yang akan mem-blacklist blogger yang mengelola kontennya hanya dengan copy paste tanpa sumber. Jika sudah dijauhi blogger lainnya, siap-siap akan kehilangan pembaca.

7. Ketika tidak ada bahan untuk ditulis, jangan memaksakan diri
Memaksakan diri ketika tidak adanya bahan untuk ditulis, bisa membuat hansilnya tidak baik. Alangkah baiknya jika kita membiarkan sejenak, membuat pikiran kita tenang dan mencari udara segar. Seperti keluar rumah, main dengan sahabat dan lainnya. Dengan begitu biasanya kita memiliki pikiran dan masukan untuk apa yang akan ditulis.

8. Jangan terlalu dipikirkan apakah artikelnya akan banyak dibaca orang
Yang penting tulis sebaik-baiknya, apapun yang sudah dilakukan dengan sangat baik, hasilnya tentu akan jauh lebih baik.

9. Sebelum memposting, baca ulang terlebih dahulu untuk yang terakhir kali
Untuk yang malas langkah ini bisa di skip saja, tapi untuk yang ingin mencobanya lebih baik membaca lagi artikel yang kita tulis. Untuk menghindari kesalahan dalam menulis, dengan begitu kita bisa mengeditnya.

10. Rutinlah mengisi artikel blog
Menulis artikel blog adalah suatu keharusan, tidak harus setiap hari tetapi minimal seminggu sekali. Jika blog terlalu lama ditinggalkan dan tidak ada postingan, akan membuat blog kita kehilangan pembaca setia.

11. Menempatkan kata kunci artikel di awal deskripsi
Menempatkan kata kunci artikel di awal deskripsi, tujuannya untuk menargetkan kata kunci pada mesin pencarian google agar artikel kita tepat terindeks dan muncul di bagian teratas. Cara ini biasa dilakukan oleh para blogger master untuk mendapatkan pengunjung menggunakan target keyword. Tapi, ada beberapa blogger yang tidak menargetkan keywordnya di awal deskripsi tetapi masih bisa bersaing di bagian teratas mesin pencarian.

12. Mengutip artikel lain jika bingung untuk memulai menulis
Kita harus bisa membedakan antara copy paste dan mengutip. Mengutip adalah mengambil suatu sumber bacaan atau ide bacaan dari suatu sumber yang sudah ada. Saat mengutip, kita bisa menambahkan asal sumber yang didapatkan. Tapi, mengutip yang saya maksud disini adalah pahami bagaimana orang itu menyampaikan artikelnya. Lalu bisa kita tiru dan kita modifikasi dengan bahasa, dengan maksud dan tujuan kita.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, untuk cara menulis artikel blog yang baik dan benar. Semua kita kembalikan lagi pada diri kita, bagaimanapun tips dan cara menulis yang baik. Jika tidak disertakan dengan kemauan untuk menulis, atau dalam tanda kutip "Malas", itu semua akan sia-sia dan kembali lagi pada diri kita sendiri yang memajukan blog kita, akan sampai sejauh mana kita membangunnya dan mempertahankan segala sesuatu yang ada disininya.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon