Saturday, February 18, 2017

Macam-Macam Storage Device (Media Penyimpanan) Pada Komputer

Tags


Pengertian Media Penyimpanan Data dan Fungsinya - Storage Device atau Media Penyimpanan adalah sebuah media yang digunakan untuk menyimpan file atau data digital dari hasil yang telah diproses dengan kapasitas penyimpanan tertentu dan nantinya bisa diolah kembali dari data yang telah tersimpan.

Komponen perangkat penyimpanan data atau storage device ini sangat beragam untuk digunakan, mulai dari menyimpan foto, musik kesukaan, video keluarga, data pekerjaan yang belum selesai, sebuah project yang sedang dikerjakan dan lain sebagainya.

Jenis-jenis media penyimpanan data memiliki bentuk dan kapasitas berbeda-beda, tergantung dari kebutuhan yang kita perlukan. Seperti contohnya Harddisk, alat penyimpanan data selain flashdisk yang memiliki kapasitas yang sangat besar.
Baca Juga: 
Media Storage Device ini sangat berperan penting dalam sebuah komputer, terlebih lagi terhadap kehidupan sosial kita yang saat ini sudah terhubung antara perangkat penyimpanan komputer dan kehidupan kita.

Storage Device atau media penyimpanan memiliki 2 tipe yaitu media penyimpanan data internal dan media penyimpanan data eksternal. Pada artikel ini akan dijelaskan, tipe media penyimpanan, macam-macam perangkat media penyimpanan, fungsi dan pengertian media penyimpanan.

Media Penyimpanan Data Internal (Storage Device Internal):

1. RAM (Random Access Memory)
Ram (Random Access Memory) adalah Tempat dimana kita menemukan instruksi-instruksi yang hendak dikerjakan dan sebagai media penyimpanan sementara. Media penyimpanan ram sangat penting untuk kinerja suatu komputer atau laptop, karena ram juga berpengaruh dalam proses cepat atau lambatnya suatu komputer atau laptop.

Semakin tinggi kapasitas Ram, semakin baik kinerja komputer atau laptop dan semakin cepat. Kapasitas RAM memiliki penyimpanan sebesar 512MB, 1GB, 2GB, 4GB, 8GB atau mungkin lebih. 



2. Magnetic Tape
Magnetic Tape adalah salah satu peralatan yang digunakan untuk penyimpanan data untuk berkas besar yang diakses dan diproses secara sequensial.


3. ROM (Read Only Memory)
ROM adalah media penyimpanan yang berfungsi hanya untuk membaca saja dan bersifat permanen. Dengan kata lain, program atau data yang tersimpan tidak akan hilang atau berubah walaupun aliran listrik dimatikan, berbeda dengan RAM, yang sifatnya sementara dan jika aliran listrik mati, maka data atau program yang kita jalankan akan menghilang.



4. Harddisk Internal
Harddisk Internal adalah Perangkat keras yang terbuat dari bahan kaku yang berlapisi piringan magnetik oksida yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Harddisk internal berada di dalam sebuah komputer atau laptop dan kapasitasnya sangat besar, kita bisa menggantinya dengan kapasitas yang di inginkan dan sesuai dengan kebutuhan.



Media Penyimpanan Data Eksternal (Storage Device Eksternal):

1. Flashdisk

Flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas tertentu. Ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, sampai 32GB kapasitas penyimpanan. Media penyimpanan flashdisk mungkin akan selalu berubah kapasitasnya seiring perkembangan teknologi, dengan berbagai desain yang untuk dan kecil, media penyimpanan ini dengan sangat mudah dibawa kemana-mana.



2. Harddisk Eksternal
Harddisk Eksternal adalah sebuah media penyimpanan yang keberadaannya diluar dari bagian dalam komputer atau laptop, Kapasitasnya sangat besar dibandingkan dengan harddisk internal dan praktis bisa dibawa kemana saja. Tapi sayangnya, harga untuk hardisk eksternal cukup mahal dibandingkan dengan harga harddisk internal.



3. CD (Compact Disk)
CD (Compact Disk) adalah perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik yang terbuat dari bahan plastik.


4. Floppy Disk (Disket)
Floppy Disk atau biasa dikenal dengan sebutan disket adalah media penyimpanan data yang berbentuk kepingan kotak dengan kapasitas yang sangat kecil, hanya sekitar 1,44 mb. Untuk teknologi yang sudah berkembang pesat seperti sekarang, media penyimpanan ini sudah tidak dipakai lagi untuk file atau data yang sangat besar, karena sudah ada harddisk atau flashdisk yang ukurannya cukup besar. Meskipun begitu, perangkat ini masih saja dipakai untuk keperluan penyimpanan data ringan.


Media Penyimpanan Data Internet 
Tidak hanya menyimpan data dikomputer dan laptop, kita juga bisa menyimpan data-data pribadi kita di internet melalui situs penyimpanan terpercaya. Dengan kapasitas yang cukup besar dalam hal menyimpan data, Seperti Google Drive. Untuk mendia penyimpanan data internet, kalian bisa membacanya di Situs Upload File Gratis Tanpa Batas Penyimpanan (Unlimited Storage)

Media penyimpanan pada komputer memanglah tidak banyak, tetapi sangat penting dalam kehidupan kita sebagai media penyimpanan data. Terlebih lagi, media penyimpanan dipakai tergantung dari kebutuhan kita dalam menentukan kapasitasnya untuk digunakan.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon