Monday, February 6, 2017

Makalah Tentang Humas Dan Keprotokolan

Tags

Makalah Administrasi Perkantoran Tentang Humas Dan Keprotokolan - Makalah tentang humas (hubungan masyarakat) dan keprotokolan ini sengaja saya bagikan untuk yang membutuhkan menyelesaikan tugas sekolah atau kuliah. Pengertian keprotokolan, tujuan prokol, tujuan keprotokolan, unsur-unsur keprotokolan, ruang lingkup keprotokolan dan lainnya. Semoga makalah sekolah tentang humas dan keprotokolan bisa bermanfaat untuk semuanya

MAKALAH ADMINISTRASI HUMAS & KEPROTOKOLAN
MENGENAI TUJUAN HUMAS


Nama Kelompok:
Wendy Andriyan

SMK NEGERI 1 TANGERANG
ADMINISTRASI PERKANTORAN
JL. Perintis Kemerdekaan II Cikokol
Kode Pos 15177 Telp. (021) 5522534
Email: info@smk1-tng.sch.id


Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah swt, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya lah sehingga kami dapat menyelesaikan Makalah ADMINISTRASI HUMAS & KEPROTOKOLAN  ini  sesuai  waktunya.
Kami  mencoba  berusaha  menyusun  makalah  ini  sedemikian  rupa  dengan harapan  dapat  membantu  pembaca  dalam  memahami  materi pelajaran yang  merupakan  judul  dari  Makalah  kami, yaitu mengenai “Tujuan Humas”. Disamping  itu, kami  berharap  bahwa  makalah ADMINISTRASI HUMAS & KEPROTOKOLAN  ini dapat bermanfaat dan bisa dijadikan bekal pengetahuan untuk menambah wawasan mengenai isi dari makalah ini.
Kami menyadari bahwa di dalam pembuatan makalah ADMINISTRASI HUMAS & KEPROTOKOLAN masih ada kekurangan sehingga  kami  berharap  saran  dan  kritik   dari   pembaca  sekalian  khususnya  dari  guru  mata  pelajaran  ADMINISTRASI HUMAS & KEPROTOKOLAN agar dapat  meningkatkan  mutu  dalam  penyajian  berikutnya.

Akhir kata kami ucapkan terimakasih.

Tangerang, 04 February 2015

Penulis

Wendy Andriyan


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................. i
DAFTAR ISI............................................................................................. ii
BAB I PEMBAHASAN
APENGERTIAN PUBLIC RELATIONS MENURUT PARA AHLI..............1
BTUJUAN HUMAS SECARA UMUM…................................................... 2
C. TUJUAN HUMAS DALAM KOMUNIKASI DUA ARAH.......................... 3
D.TUJUAN HUMAS SEBUAH PERUSAHAN............................................ 4
BAB II PENUTUP
A. KESIMPULAN....................................................................................... 6




BAB I
PEMBAHASAN

A. PENGERTIAN PUBLIC RELATIONS MENURUT PARA AHLI
Tujuan Public Relations Selain menelaah fungsi dan pengertian public relations menurut para ahli, mari simak beragam tujuan public relations berikut ini.

Menurut Davis, tujuan utama aktivitas public relations adalah untuk memengaruhi sikap manusia secara individu atau kelompok ketika saling berhubungan, dengan melakukan dialog terhadap semua golongan, ketika persepsi, opini, dan sikapnya dianggap penting bagi kesuksesan sebuah perusahaan.

Sementara itu, Rosady Ruslan berpendapat bahwa ada 5 tujuan public relations, yaitu:
  • Menciptakan citra organisasi yang baik dan positif bagi masyarakat dan konsumen.
  • Memicu tercapainya sikap saling mengerti antara masyarakat dan perusahaan. 
  • Mengembangkan keselarasan fungsi antara pemasaran dan public relation.
  • Membangun pengenalan dan pengetahuan tentang merek secara efektif.
  • Mendukung bauran pemasaran.
Menurut Jefkins, menuliskan bahwa ada banyak tujuan dari kegiatan public relations dalam sebuah perusahaan, di antaranya: Melalui aktivitas kegiatan perhumasan yang dilakukan perusahaan, diharapkan citra umum perusahaan di mata masyarakat berubah.
  • Untuk meningkatkan kualitas calon pegawai.
  • Untuk mempublikasikan kisah sukses perusahaan pada masyarakat agar perusahaan memperoleh pengakuan dari masyarakat.
  • Untuk mengenalkan masyarakat kepada perusahaan sehingga terbuka pangsa pasar yang baru.
  • Untuk mengondisikan masyarakat bursa saham sesuai rencana perusahaan dalam menerbitkan saham baru atau saham tambahan.
  • Untuk memperbaiki hubungan perusahaan dan masyarakat jika telah terjadi kejadian yang menyebabkan perusahaan mendapatkan kesangsian, kecaman, dan timbulnya salah paham terhadap itikad baik perusahaan.
Pada dasarnya, setiap individu adalah humas atau PR bagi dirinya sendiri. Ketika ia terjun ke masyarakat, pembawaan dirinya menjadi citra yang selalu melekat dan selalu diingat oleh individu-individu lain. Begitu pula dengan public relations dari sebuah organisasi atau perusahaan yang membawa citra atauimage yang tentunya diharapkan baik sehingga masyarakat dapat percaya dan simpatik pada kualitas perusahaan tersebut.


B. TUJUAN HUMAS SECARA UMUM

a. Tujuan Utama Humas
Tujuan utama Public Relation sendiri adalah menciptakan, mempertahankan dan melindungi reputasi organisasi/ perusahaan, memperluas prestis, menampilkan citra-citra yang mendukung. Riset menunjukkan bahwa konsumen/pelanggan lebih sering melakukan buying decicision atau keputusan pembelian berdasarkan citra perusahaan.

C. TUJUAN HUMAS DALAM KOMUNIKASI DUA ARAH
a. Tujuan yang ingin dicapai dalam pekerjaan kehumasan dalam proses komunikasi dua arah tergolong dua golongan besar yaitu:
  • Komunikasi Internal (personil/anggota institusi).
  • Memberikan informasi sebanyak dan sejelas mungkin mengenai institusi.
  • Menciptakan kesadaran personil mengenai peran institusi dalam masyarakat.
  • Menyediakan sarana untuk memperoleh umpan balik dari anggotanya.
  • Komunikasi Eksternal (masyarakat/ Public).
  • Informasi yang benar dan wajar mengenai institusi.
  • Kesadaran mengenai peran institusi dalam tata kehidupan umumnya dan pendidikan khususnya.
  • Motivasi untuk menyampaikan umpan balik.

D. TUJUAN HUMAS SEBUAH PERUSAHAN
Ruang lingkup tujuan humas itu sendiri ternyata demikian luas. Namun dari semua tujuan humas tersebut kita bisa mengambil beberapa yang bisa dijadikan prioritas. Dari sekian banyak hal yang bisa dijadikannya prioritas kegiatan humas sebuah perusahaan, berapa diantaranya yang pokok adalah sebagai berikut:
  • Untuk mengubah citra umum di mata khalayak sehubungan dengan adanya kegiatan- kegiatan baru yang dilakukan oleh perusahaan. Sebagai contoh, suatu perusahaan yang semula hanya menangani transportasi truk tapi kemudian mulai menjual mesin pemanas ruangan. Guna menyesuaikan diri atas adanya kegiatan yang baru tersebut, maka perusahaan harus mengubah citranya supaya kegiatan dan produk-produk barunya itu mendapat sambutan positif dari khalayaknya.
  • Untuk meningkatkan bobot kualitas para calon pegawai.
  • Untuk menyebarluaskan suatu cerita sukses yang telah dicapai oleh perusahaan kepada masyarakat dalam rangka mendapatkan pengakuan.
  • Untuk memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat luas, serta membuka pasar-pasar baru.
  • Untuk mempersiapkan dan mengkondisikan masyarakat bursa saham atas rencana perusahaan untuk menerbitkan saham baru atau saham tambahan.

Mengingat jenis dan karakter organisasi itu bermacam-macam, maka tentu saja tujuan bidang humas mereka berbeda-beda/ bervarisi dan tidak terdaftar hanya pada diatas saja. Satu hal yang harus disadari, setiap tujuan dari berbagai organisasi, baik itu komersial maupun non-komersial, sama-sama memerlukan suatu program tindakan yang terencana. Setiap tujuan organisasi dalam pengertian luas akan jauh lebih mudah dijangkau apabila usaha pencapaiannya juga disertai dengan kegiatan-kegiatan humas, baik itu yang dilakukan oleh unit departemen humas internal maupun oleh lembaga konsultasi humas eksternal.



BAB II
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Berdasarkan definisi dan pengertian Humas (Hubungan Masyarakat) dari pendapat para ahli, dapat kita simpulkan bahwa Humas (Hubungan Masyarakat) adalah suatu usaha yang mempunyai tujuan untuk menciptakan sikap pengertian, saling percaya, sikap toleransi sesama masyarakat, sikap kerja sama dari sekelompok orang, dan juga untuk menghindari kesalahpahaman sekaligus membantu citra positif lembaga. Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai materi yang menjadi bahasan dalam makalah ini, tentunya banyak kekurangan dan kelemahan kerena terbatasnya pengetahuan, kurangnya rujukan atau referensi yang kami peroleh hubungannya dengan makalah ini. Penulis banyak berharap kepada para pembaca untuk memberikan kritik dan saran kepada kami demi sempurnanya makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan para pembaca khususnya pada penulis.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon