Thursday, February 2, 2017

Pengalaman Pertama Belanja Di Ebay Dan Barang Terkirim

Tags



Pengalaman Pertama Belanja Di Ebay Dan Barang Terkirim - Pengalaman pertama kali belanja/membeli barang di ebay untuk saya pribadi sangatlah menegangkan. Disini saya ingin menceritakan pengalaman pertama kali saat saya membeli barang di ebay, toko online luar negeri terbesar.

     Ebay adalah toko online luar negeri dengan sistem pembayaran mata uang luar negeri. Jadi, ketika ingin belanja di ebay, kita harus menggunakan kartu kredit bernama paypal untuk melakukan pembayaran.

     Untuk yang penasaran bagaimana cara belanja di ebay dengan kartu kredit, haruslah terlebih dahulu memiliki saldo di rekening paypal. Atau jika tidak punya, kalian bisa membeli barang di ebay melalui jasa-jasa yang telah disediakan.

Baca juga: Tips Membeli Barang Di Ebay Agar Barang Cepat Terkirim

Lanjut ke cerita...

     Oke, langsung ke intinya saja. Awalnya sih saya hanya iseng membeli barang di ebay dan juga memang karena penasaran, akhirnya saya memutuskan untuk membeli barang yang sedang saya butuhkan. Sempet ragu dan sempet mikir juga sih, apakah nanti barang yang saya beli akan terkirim atau tidak? setelah berjam-jam saya pikirkan matang-matang, akhirnya saya memutuskan untuk membeli barang di Ebay.


Apa yang saya beli?

     Saya membeli sebuah Smartphone android 4G LTE yang tidak terlalu bagus, tetapi menurut saya sudah cukup untuk sekedar internetan dan juga sosialisasi seperti sms dan melakukan panggilan telepon.

     Alasan saya membeli smartphone android ini, karena waktu itu saya sangat membutuhkan sebuah smartphone baru. Karena smartphone sebelumnya bisa dibilang sudah kurang layak pakai dan juga spesifikasi yang kurang. maka dari itu saya putuskan untuk membeli smartphone yang baru.

     Smartphone yang saya beli adalah DOOGEE 5,5" HD LTE 4G Dual SIM Mobile Smartphone 2/16GB 8MP QuadCore Android 5.1. Harganya pada waktu itu sekitar 1 Juta-an.


Dan beserta Case dari smartphone tersebut dengan harga sekitar 50 ribu-an


     Barang yang saya beli tersebut sudah Free Shipping, tidak ada biaya tambahan saat melakukan pembelian tersebut. Jadi, saya membeli 2 barang yaitu Smartphone 4G LTE dan Case nya dari Seller yang berbeda tetapi masih satu kawasan. Penjualnya berasal dari Hongkong.

Hari demi hari berlalu menunggu....

     Barang yang saya beli belum juga sampai. Saya semakin gelisah dan khawatir karena takut kena penipuan.

     Pada suatu ketika(Minggu ke dua kalo tidak salah), kebetulan saat itu saya sedang berada di depan rumah bersama teman sekolah yang sedang mampir kerumah. Saat pembicaraan berlangsung dengan teman saya, tiba-tiba ada seorang bapak-bapak menggunakan jaket berwarna oranye(Tukang Pos) di hadapan rumah saya. Lalu saya tanya beliau,

"Maaf pak, nyari siapa ya?"

"Lagi nyari yang namanya Wendy, apa ada?" - Tukang Pos

"Oh iya pak, saya sendiri. Kenapa ya?"

"Ini ada kiriman paket" - Tukang Pos

"Oh iya pak itu punya saya, isinya pasti handphone kan?" 

"Oh saya kurang tau, silahkan cek sendiri aja nanti" Tukang Pos

"Berapa ongkos kirimnya pak?"


"Engga ada biaya untuk pengiriman" Tukang Pos


"Oke pak, terimakasih"


     Lalu saya sedikit heran, kok paket saya sangat ringan. Padahalkan saya memesan sebuah Smartphone. Karena penasaran, saya tinggal teman saya dan masuk kedalam kamar untuk membuka paket yang baru saja datang.

     Dan ternyata.... Case Hpnya terlebih dahulu yang sampai -___-. Padahal kan Smartphone sama case, duluan smartphone.

Memasuki Minggu Ketiga...

     Pada siang hari ketika saya dan keluarga sedang makan, lalu ada seseorang yang mengenakan baju oranye lagi. Saya pikir itu supir yang ingin membeli sesuatu diwarung saya. tapi ternyata setelah saya datangi, ternyata pak pos yang minggu lalu mengirim case.

     Dan kali ini paketnya memang sedikit berat dan karena penasaran, saya membuka paket tersebut dihadapan keluarga saya. Dan ternyata...

Jrenggg... Jrengg.....

Sebuah smartphone yang masih disegel, dengan bau produk baru yang khas.


     Saya sangat bersyukur karena barang yang saya pesan dari luar negeri akhirnya sampai dengan keadaan tanpa lecet sedikitpun. Dan hal ini adalah pengalaman teristimewa berbelanja di situs luar negeri dan bertransaksi dengan penjual luar negeri.

     Segera saya membuka situs ebay untuk berterimakasih kepada penjual karena telah mengirimkan barangnya dengan baik dan juga saya memberikan positif feedback atau ulasan positif yang baik mengenai seller tersebut.

Kesimpulan:
1. Ebay menurut saya adalah situs jual beli produk antara negara yang sangat mudah, aman dan terpercaya. Ebay juga memiliki fitur chat langsung dengan penjual serta perlindungan terhadap pembeli jika merasa ditipu. Jadi, jika barang tidak sampai. Kita bisa melaporkannya ke Ebay atau bisa berkonsultasi dengan penjual. Maka uang kita akan dikembalikan.

2. Ebay pun memiliki desain web yang mudah dimengerti dan dipahami...

3. Dan untuk mengenai barang yang saya beli ebay, tidak terkena pajak atau bea cukai apapun. Entah itu dari pihak ebay ataupun dari kantor pos, walaupun beli barangnya melebihi 50$.

Karena ada beberapa orang yang bilang, jika belanja diatas 50$ barang akan terkena pajak atau bea cukai di indonesia. Tapi nyatanya, saya bersyukur barang saya aman tanpa tersenggol pajak atau bea cukai sedikitpun. Pengiriman ebay ke indonesia tentunya menggunakan berbagai jenis layanan, tergantung asal dari si penjual, dan setelah sampai ke indonesia, barang akan dikirimkan oleh kantor pos. Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat..

5 komentar

Gan, itu pas order dapet trancking number gak ya? saya juga pengen nyoba belanja di ebay pakai paypal nih.

Tracking number akan langsung muncul di bawah deskripsi barang yang kita beli ketika barang yang kita beli sudah dikirim. Atau jika tidak ada, kita bisa memintanya kepada seller :)

Oha iya, itu kan di atas satu juta. Ga kena pajak?

Saya beli handphone seharga $89 + case $5 total $94 dollar dan sampai tanpa pajak beacukai atau pajak kirim dari tukang pos, gratis. Tapi, saya pesan barang kedua dari ebay yaitu laptop android seharga $50an tetapi diminta pajak beacukai sebesar 7rb dan kita harus ngambil sendiri ke kantor pos yang sebelumnya sudah diberi tahu melalui surat dari pak pos.

Jadi initinya, jika barang beratnya kira kira lebih dari 1kg, kemungkinan ada pajak beacukainya :)

Untuk saat ini berat dan ukuran barang ditentukan oleh blanjadotcom. Coba bayangkangkan pasta procesore seharga 3 us dollar lewat ebaydotblanjadotcom jadi Rp. 1,474,800. Lama pengiriman sekitar 2 bulanan. Kapok dah

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon