Saturday, March 11, 2017

Dampak Negatif Internet Paling Berbahaya Yang Wajib Diketahui

Tags


Dampak Internet Paling Berbahaya Yang Wajib Diketahui - Internet sudah menjadi teman hidup untuk semua orang, bahkan hampir setiap hari semua orang menggunakan internet. Tapi tidak banyak yang mengetahui dampak negatif dari internet meskipun ada juga dampak positif dari internet yang kita rasakan, terutama dampak positif internet bagi pelajar. Di zaman yang berkembang ini, internet sudah me-manipulasi kehidupan nyata, sehingga dunia yang berada di internet lebih penting. Dibalik penggunaannya, internet memiliki berbagai manfaat, salah satunya adalah kita dapat mendapatkan informasi terbaru, ter-update dan mendapatkan segala yang kita butuhkan. Tapi, tanpa kita sadar. Internet memiliki bahaya yang cukup mengerikan dan harus kita ketahui. Jangan sampai, perkembangan teknologi dapat merubah semuanya.

Apa sih bahaya dari internet? dampaknya seperti apa?

Dampak dan bahaya dari internet sebenarnya sudah kita rasakan, hanya saja kita tidak menyadarinya. Yah, begitulah internet. Me-manipulasi pikiran tanpa menyadarinya, yang kita tau hanyalah menggunakannya dan itu dapat membuat diri kita menikmatinya.

1. Membuat pikiran rusak
Ada yang berpendapat bahwa internet memang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, internet tidak akan bisa lepas dari diri seseorang yang menikmatinya. Seperti sedang kecanduan, akan terus dan terus memakainya. Memang benar, internet bermanfaat untuk mencari informasi. Tapi bagaimana jika penggunannya disalah artikan?. Seperti mencari video porno? Mendownload aplikasi atau sekedar untuk sosial media?. Tidak salah jika kita menggunakan sosial media, tapi ada beberapa yang kita tau penggunaan sosial media zaman sekarang banyak sekali kejahatannya atau penyalahgunaan teknologi internet.

2. Merusak Moral
Internet dijadikan wadah untuk segala informasi dan segala media hiburan. Tapi siapa sangka, banyak orang yang tidak bertanggung jawab justru memanfaatkannya sebagai media konflik antar manusia. Menyebarkan berita yang belum pasti kebenarannya, menyebarkan gosip, dan kadang menyebarkan gambar-gambar yang tidak sopan dan merugikan orang yang terlibat didalamnya. Hal ini tentu bisa merusak suatu moral, terlebih lagi jika seseorang sudah sangat mempercayai tentang segala sesuatu yang beraktifitaskan internet. Mau itu berita hoax, gosip dan sebagainya, tetap saja mempercayainya.

3. Terisolasi Diri Dari Dunia Luar
Sebagian pengguna internet mungkin tidak merasakannya, tetapi pada nyatanya internet bisa merubah dunia luar menjadi dunia didalam. Dunia didalam yang dimaksudkan adalah, dunia tanpa melakukan aktifitas. Meskipun internet bisa juga dimanfaatkan untuk hal positif, tidak jarang orang melakukan hal itu. Lebih parahnya lagi, mereka seperti mengisolasi diri dari dunia luar. Mereka lebih menghabiskan waktu bersama internet, mengobrol dan tertawa melalui internet layaknya orang tidak waras. Bahkan, untuk sekedar keluar saja sudah berat rasanya karena internet yang menahannya.

4. Menjauhkan Yang Dekat, Mendekatkan Yang Jauh
Mungkin suatu hari nanti kita akan menemukan dunia tanpa suara, dimana semua itu dilakukan menggunakan teknologi yang sudah canggih. Mereka saling mengobrol, mereka saling membisu dengan tatapannya menuju teknologi canggih. Bahkan yang dekat sekalipun terasa jauh, jauh tanpa obrolan. Tidak perlu menunggu suatu saat untuk merasakannya, sekarangpun kita sudah menikmatinya. Saat sedang kumpul dengan keluarga, sahabat dan teman. Internet selalu bersama, berbicara melalui media chatting dengan orang lain. Meskipun keadaannya sedang berkumpul dan mereka tidak memperdulikannya.

5. Merubah Keyakinan Seseorang
Kasus ini adalah hal yang paling berbahaya, seseorang mengalihkan keyakinannya terhadap teknologi. Mempercayainya, meyakininya, tapi tidak sadar bahwa dia sudah memiliki keyakinannya. Dia lupa akan keyakinannya dan merubah keyakinannya terhadap suatu teknologi. Contohnya, mempercayai media adu domba, mempercayai apa yang orang lain sampaikan melalui internet, dan terkadang seseorang benar-benar terhasut dan pikirannya di cuci untuk merubah keyakinan.

6. Penipuan dan Penculikan
Sudah tidak asing jika kita mendengar kasus penipuan dari internet atau penculikan. Kita sebagai pemakai harus bisa mengkontrol diri jangan sampai terjerumus kedalamnya. Banyak kasus penipuan karena memesan sesuatu atau membeli suatu jasa tetapi si penjual melarikan diri. Ada yang berkenalan melalui internet, tetapi memiliki niat buruk. Dan seperti yang kita tau, banyak kejadian penculikan dan pemerkosaan atau hilangnya seseorang tanpa diketahui.

Nah itulah artikel mengenai Dampak Internet Paling Berbahaya Yang Wajib Diketahui, Semua ini tergantung dari kita sebagai pemakai internet, jangan sampai kita berlebihan dalam pemakaiannya. Karena akan berdampak sangat buruk dan juga berbahaya jika disalah gunakan.

1 komentar so far

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon