Saturday, March 11, 2017

Memahami Kelebihan Dan Kekurangan Seorang Introvert

Tags


Memahami Kelebihan Dan Kekurangan Seorang Introvert - Seorang introvert yang terkadang selalu menyendiri dan mengunci diri didalam lingkungan luar. Seorang introvert memiliki beberapa kelebihan di dalam dirinya.

Untuk sebagian orang, banyak yang mengatakan kepribadian introvert itu aneh dan terkadang tidak ada orang yang ingin mendekatinya. Tetapi, jika kita bisa mengenal lebih dekat sisi seorang introvert, maka kita akan menemukan kelebihannya. Disisi lain, ada juga seseorang yang memiliki karakter ekstrovert, yaitu kebalikan dari introvert. Dimana segala sesuai bagi seorang ekstrovert akan lebih mudah menjalani hidupnya, dengan ciri-ciri dan prilaku yang lebih menonjol ke arah membuka dunia.

Dalam arti singkatnya, seorang ekstrovert tidak menutup diri dengan dunia, ia cenderung lebih bahagia jika bersama orang lain dari pada menutup diri. Meskipun tidak menutup kemungkinan, jika seorang ekstrovert suatu waktu bisa menjadi seorang introvert. pada kondisi tertentu.

Baca Juga:

Pengertian Introvert Dan Mengenal Keperibadian Seorang Introvert

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan seorang introvert yang wajib diketahui.

Kelebihan Seorang Introvert

1. Introvert Bisa Menjadi Seorang Pemimpin
Jika kamu mengira seorang introvert yang pendiam tidak bisa menjadi apa-apa, berarti itu adalah sebuah kesalahan besar. Introvert lebih bermain dengan pemikiran, dengan menganalisa terlebih dahulu.

Jika telah yakin dengan keputusannya, dia akan melakukan suatu tindakan yang menurut dia tepat. Dan itu adalah tipe seorang introvert yang lebih memikirkan hasil yang akan dia lakukan nanti. Karena seorang pemimpin tentunya harus bisa menganalisa, memikirkan suatu tindakan dengan matang dan tidak ceroboh.

Tipe seorang introvertlah yang paling cocok, meskipun terkadang beberapa introvert masih malu-malu jika ditunjuk sebagai pemimpin. Karena memang tidak terbiasa baginya, tetapi masih bisa dia jalankan dengan pelan-pelan dengan bahan pertimbangan.

2. Memiliki Kemampuan Analisa Yang Baik
Analisa adalah kelebihan utama pada diri seorang introvert, dia lebih banyak berfikir dan melakukan pembicaraan dengan hati dan pikirannya. Akan terlihat kebingungan pada diri seorang introvert, sering kali seorang introvert akan terlihat tidak fokus atau melamun.

3. Seorang Pendengar Yang Baik
Sifat dingin seorang introvert bukan berarti dia tidak bisa untuk dijadikan teman, karena memang seorang introvert cocok dijadikan sebagai teman dekat atau sahabat. Walaupun tidak terlihat banyak bicara, tetapi bisa memberikan masukan-masukan yang tepat. Meskipun terlihat terlalu banyak diam, disaat itulah seorang introvert sedang berfikir keras, sedang menikmati pembahasan dari lawan bicaranya dan lalu memberikan solusi yang baik.

Dalam setiap hidupnya, introvert akan menjadi seorang pemain drama. Dimana dia terlihat tidak mengetahui apa-apa, tetapi dia mengetahui banyak hal meskipun terlihat diam dan tidak melakukan apa-apa. Percayalah, seorang introvert adalah seorang yang pandai mengamati, memperhatikan dengan baik. Maka dari itu, tidak perlu banyak tindakan untuk mengetahui suatu hal.

4. Terlihat Menarik Dan Menjadikannya Seorang Misterius
Ketika seorang introvert menjadi seseorang yang hanya bisa memperhatikan, akan tetapi seorang introvert bisa menjadi bahan perhatian seseorang. Termasuk kedalam masalah perempuan, perempuan biasanya memiliki kemampuan memperhatikan yang baik, terlebih lagi jika perempuan itu sama- sama introvert yang hanya bisa memperhatikan.

Meskipun penampilannya biasa saja, tetapi seorang introvert memiliki aura yang bagus dan cenderung membuat orang-orang disekitar penasaran kepadanya dan akhirnya mendekatinya. Terkadang terlihat kalem, biasa saja, tetapi memiliki ciri khas tatapan yang berbeda yang disertai kepribadian yang jarang dilihat orang sekitarnya (menyendiri).

5. Pandai Membuat Kata-Kata (Bijak, Romantis, Galau, dll)
Dari sebuah pemikiran, akan tercipta suatu karya. Terlebih lagi seorang introvert lebih suka menyendiri dan menyukai tempat yang tenang, biasanya seorang introvert akan melakukan hal-hal yang bisa membuatnya lebih nyaman pada suatu kondisi. Misalkan sedang diluar rumah, dia memilih untuk menulis sebuah kata-kata/diary dalam sebuah buku atau jika didalam kamar, dia mencurahkan isi hatinya dengan mengetik dilaptop, membuat diary di handphone atau sekedar membuat status di sosial media.

6. Memiliki Imajinasi Atau Harapan Yang Luas
Seorang introvert kebanyakan lebih suka bermimpi, bermimpi dalam arti dia hanya bisa berharap, berandai-andai. Tetapi, introvert memiliki jangkauan pemikiran yang luas, bahakan dia bisa menembus pemikiran hal-hal yang tidak bisa dilakukan pada orang umumnya atau yang tidak pernah terjadi di dunia nyata.

Maka dari itu, seorang introvert yang lebih sering dirumah dan memiliki imajinasi yang luas dan menyukai menulis atau membuat kata-kata. Dia bisa jadi salah satu penulis yang hebat, penulis novel, penulis cerpen atau berita. Dengan kemampuan imajinasi yang luas inilah yang akan membawanya menuju masa depannya jika memiliki cita-cita sebagai penulis.

7. Mandiri Dan Cenderung Terlihat Egois
Karena pada kenyataannya, kita hidup saling berdampingan. Meskipun dalam keadaan apapun, kita selalu membutuhkan seseorang dalam hidup kita. Karena lebih sering menyendiri dengan dunianya, maka sudah dijadikan kebiasaan bagi seorang introvert. Dia terbiasa melakukan suatu hal dengan sendiri, walaupun menyulitkan baginya.

Dalam satu sisi, jika ditugaskan dalam kelompok. Introvert lebih memilih untuk menyelesaikannya sendiri dan teman-teman yang lain diminta untuk menerima hasilnya, berbeda dengan ekstrovert yang lebih suka keramaian, berkumpul dan berbicara lepas.

Kekurangan Seorang Introvert

1. Mempunyai Teman Sedikit
Teman yang dimiliki seorang introvert tidaklah banyak, hanya beberapa. Meskipun ada yang dia kenal, itu hanya sebatas kenal dan menyapa. Tetapi, dengan kepribadiannya, dia akan membuat seseorang penasaran dan akan datang dengan sendirinya seorang teman.

2. Egois
Selalu melakukan hal serba sendiri, tentu akan membuatnya menjadi mandiri. Tetapi, terlalu egois untuknya jika selalu sendirian. Adakala dia harus berbagi dengan lingkungan sekitar, dan mengurangi sebagian yang dia rasakan selain didalam rumah dan dunia dalam pikiran yang dia buat.

3. Sulit Mengenal Tempat Dan Menghafal Jalan
Seorang introvert tidak sering melakukan aktivitas diluar, sering kali tidak peduli dengan tempat yang dia kunjungi. Karena, setiap kali introvert melakukan aktivitas luar, dia selalu risih dan menginginkan agar cepat kembali kerumah dan masuk kedalam kamar. Memulihkan tenaga dan menenangkan diri dengan cara menyendiri.

Bisa dikatakan, kemungkinan seorang introvert akan tidak mengetahui jalan dan akibatnya bisa tersesat. Dalam hal asmara, jika memiliki pasangan. Dia akan kebingungan ingin pergi kemana dengan pasangannya, lalu sesekali dia menanyakan kepada pasangannya, pasangannya terkadang tidak memberikan solusi dan mengembalikannya lagi pertanyaan tersebut dengan kalimat "Terserah, kemana saja"

4. Tidak Berani Menatap Mata Lawan Bicara
Pemalu biasanya sering juga menemani diri seorang introvert, dia tidak biasa dengan aktifitas yang melakukan kontak langsung atau bertatap muka langsung. Maka yang terjadi adalah, dia sering menundukan kepala saat berbicara atau juga melirikan matanya ke segala arah. Dia melakukan itu untuk tetap membuat dirinya nyaman walaupun tidak terbiasa. Yang merugikan dalam hal ini adalah, lawan bicara merasa tidak dihargai.

5. Kurang Percaya Diri
Banyak bakat dan kemampuan yang dimiliki seorang introvert, tetapi sayangnya karena dibatasi oleh kurangnya percaya diri, beberapa kesempatan baik dalam hidupnya terkadang terlewati begitu saja dan biasanya dia kembali melakukan penenagan diri dengan cara menyendiri, karena menyesal telah mengabaikan kesempatan yang ada.

6. Dianggap Sebelah Mata (Cuek, Sombong Dan Lainnya)
Karena tidak mau terlalu banyak bicara, terkadang ada saja anggapan bahwa seorang introvert itu sombong atau cuek. Karena ketika disapa oleh temannya, dia hanya mengangguk, senyum atau bahkan hanya melirik. Tapi, tidak bermaksud demikian. Dia hanya tidak mau menjadi dikenal secara publik dan terkadang dia melakukan komunikasi dengan orang yang menyapanya melalui sms atau sosial media. Dia "meminta maaf" jika terlihat kurang baik saat disapa.

7. Terlalu Perasa
Salah satu dari kekurangan yang paling buruk adalah terlalu perasa, karena sering bermain dengan perasaan dan pemikiran, dia selalu memikirkan apa yang sudah terjadi kepadanya, dia selalu membayangkan betapa buruknya dia, dia selalu membayangkan hal-hal jelek pada dirinya. Pada posisi ini, introvert sering mengalami tekanan mental, terlihat sedikit stress. Introvert memiliki hati yang lembut, memiliki hati yang baik. Karena itu, dia bisa tersinggung dengan perkataan yang tidak mengenakan, lalu menyendiri, memikirkan perkataan yang sudah dia dapatkan dan menenangkan diri.

Tidak mudah memang menjadi kepribadian introvert, tetapi Introvert tidaklah buruk. Tergantung bagaimana cara seseorang menilai introvert itu sendiri, karena kepribadian yang dimiliki seseorang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Itupun tergantung bagaimana seorang introvert menempatkan dirinya, keputusannya dan keyakinannya terhadap apa yang ingin dilakukannya.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon