Saturday, March 11, 2017

Pengertian Introvert Dan Mengenal Keperibadian Seorang Introvert

Tags


Pengertian Introvert Dan Mengenal Keperibadian Seorang Introvert - Setiap orang pasti memiliki suatu kepribadiannya masing-masing, salah satunya adalah Intovert. Intovert adalah suatu kepribadian atau karakter seseorang yang menciptakan kehidupannya sendiri berdasarkan pemikiran dan dunia yang telah dibuatnya. Introvert bukanlah suatu penyakit atau kelainan, melainkan hanya suatu proses penempatan karakter. Sederhananya, seorang introvert adalah orang yang lebih suka menikmati dunia dalam dibanding dunia luar. Itulah kelebihan seorang introvert, dia mampu menempatkan dirinya dengan baik, dengan nyaman. Dengan begitu dia mampu menjalani hidup dengan baik dan menghabiskan waktu dengan hal yang menurutnya baik. Tentunya kepribadian Introvert sangat berlawanan dengan Esktrovert dan Ambivert. Jika Ekstrovert adalah kebalikan dari introvert, maka Ambivert adalah pergabungan dari kedua sifat tersenut.

Introvert cenderung lebih menyukai tempat dan situasi yang tenang, tempat yang sunyi dan tempat dimana tidak ada keramaian disekitarnya. Jika berada ditempat keramaian, seorang introvert biasanya lebih memilih pergi meninggalkan tempat itu, karena tempat seperti itu terlalu asing untuknya. Tidak terbiasa dengan hal-hal baru, dan menikmati dunia yang dibuatnya menjadi salah satu sifat yang ada pada diri seorang introvert. Maka dari itu, seorang introvert sulit memiliki banyak teman. Meskipun ada, teman yang dia pilih adalah teman yang sesuai dengan kepribadiannya, teman yang bisa menerima keadaannya.

Kehidupan Seorang Introvert Di Dunia Luar


Untuk seorang introvert, sendiri adalah hal yang biasa, teman yang bisa berbagi dengan keadaannya hanyalah kesepian. Dia menutup dirinya dari dunia luar, sehingga seorang introvert tidak terlalu banyak bicara dan cenderung lebih memilih diam. Terlihat seperti tidak memperdulikan apapun, tetapi seorang introvert lebih memilih memikirkan suatu hal sebelum dia melakukan hal apapun. Adapun hal yang membatasi dunia luar seorang introvert adalah sifat pemalu yang paling menonjol dalam mentalnya, dia kesulitan berkomunikasi dengan seseorang dan terkadang merasa canggung karena tidak terbiasa. Mungkin seorang introvert terlihat egois, karena lebih memilih melakukan segala hal hidupnya sendiri, tidak terlalu ingin menonjol pada dunia luar, dan mengunci diri sendiri untuk bisa merasakan bagaimana dunia luar itu, dunia luar yang beragam karakter dan sifat dari beberapa orang yang ada.

Kehidupan Seorang Introvert Di Dunia Dalam Adalah Sebuah Kebebasan


Introvert lebih suka menghabiskan waktunya dengan kesepian, dia selalu menyendiri dan terlihat berdiam diri dirumahnya. Karena rumah baginya adalah kehidupan yang spesial. Karena rumah salah satu tempat yang tenang untuk dirinya melakukan suatu hal. Di dunia nyata, seorang introvert memanglah sangat sedikit mempunyai teman. Tetapi, seorang introvert biasanya memiliki banyak teman di dunianya. Tidak heran jika seorang introvert lebih suka berdiam diri dan lebih menikmati dibalik layar kehidupan luar. Tidak ada sosialisasi langsung, tidak ada percakapan langsung. Yang ada hanya dirinya dan dunianya.

Teman-Teman Seorang Introvert


Beberapa teman yang dipilih seorang introvert adalah yang menurutnya cocok dengan dunianya. Bisa jadi, teman yang dipilihnya memiliki karakter atau keperibadian yang sama. Artinya, sama-sama memiliki kepribadian introvert dan bisa saling berbagi dunia yang dijalaninya. Berbicara seorang teman yang dimiliki seorang introvert, tidak hanya teman nyata yang dimiliki. Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa seorang introvert memiliki banyak teman di dunianya. Seperti,

1. Laptop/Komputer
Teman bagi seorang introvert adalah teman yang bisa menghapus kesepiannya, maka dari itu seorang introvert jarang melakukan aktivitas di luar rumah, karena didalam rumahnya memiliki teman yang siap menemani sepinya. Salah satu contohnya, Bermain Game.

2. Internet
Di dunia nyata, introvert tidak memiliki kekuatan untuk berinteraksi dengan orang lain secara langsung. Tetapi dengan adanya internet, seorang introvert membranikan diri menghubungkan dirinya dengan kehidupan orang lain, memperhatikan kehidupan orang lain dan berbicara langsung secara digital. Salah satu contohnya adalah, Komunitas/Forum, Sosial Media, Menulis Artikel Di Website/Blog sebagai media interaksi yang menghubungkannya dengan orang-orang yang berada di dunia luar. Seperti yang sudah dijelaskan, seorang introvert adalah orang yang pandai dalam bermain dibelakang layar. Memperhatikan, menganalisa dan melakukan hal yang tepat.

3. Gadget
Gadget menjadi salah satu teman setia bagi introvert. Selain bisa digunakan bermain game, gadget juga bisa digunakan untuk berinteraksi secara digital yang terhubung dengan internet ataupun secara offline. Karena keahliannya dibalik layar, seringkali terjalin proses pertemanan hanya melalui pesan/chat singkat.

4. Keluarga
Keluarga sudah dianggap seperti nyawa baginya, karena keluarga adalah hal yang berarti. Karena hanya keluarga yang bisa mengerti keadaannya, kebutuhannya, dan segala sesuatu tempat mencurahkan suatu hal ketika dunia yang dijalani seorang introvert terlalu berat baginya. Salah satu contohnya berbagi cerita dengan ibu atau kakaknya/adiknya. Karena pendekatan seorang introvert dalam keluarga biasanya terjalin diantara ibu dan kakak adik. Bahkan tidak jarang kita menemukan atau melihat seseorang bercerita tentang masalah hidupnya kepada ayahnya. Karena ayah adalah contoh orang yang kuat dimata seorang introvert, kemungkinan ada rasa malu terhadap dirinya.

5. Buku Dan Musik
Saat seseorang sedang kesepian, maka terkadang orang tersebut butuh tempat pelarian untuk melampiaskan segalanya. Buku dan Musik adalah penghibur hatinya, dengan membaca buku atau mendengar buku, seorang introvert akan berubah menjadi sosok yang tenang, damai dan merasakan tidak ada beban di dalam hidupnya.

Kehidupan Asmara Seorang Introvert


Dunia sekitar yang asing bagi seorang introvert saja sering kali tidak diperdulikan, bagaimana dengan masalah asmara yang akan dia rasakan dalam hidupnya?. Sederhananya, seorang introvert memiliki beberapa cara untuk mencintai seseorang. salah satunya adalah menjadi Secret Admirer. Secret Admirer artinya adalah pengagum rahasia. Jadi, kebanyakan seorang introvert dalam mencintai atau dalam membangun hubungannya yaitu melalui jalur mengagumi secara diam-diam. Pendekatan secara diam- diam, sampai ada suatu kesempatan yang benar-benar bisa membuat dia berdekatan dengan orang yang dia suka. Lebih suka menjalin hubungan dalam komunikasi teks dan biasanya akan terlihat cuek jika berdekatan langsung.

Meskipun terlihat cuek, dalam hal mencintai. Dia akan sangat tulus dalam suatu hubungan, hatinya akan tetap teguh dalam memilih. Karena baginya, memilih satu yang terbaik dan bisa bersamanya, menerima segala keadaan yang dia punya adalah kebahagiaan yang sempurna, bahkan sulit untuk memulai cinta yang baru bagi seorang introvert. Maka dari itu, antara sulit dan mudah dalam asmara seorang introvert adalah ketidakjelasan. Ketidakjelasan dalam arti, menginginkan tetapi tidak berani melakukan, Mengagumi tetapi terkadang merasa sadar diri dan merasa tidak pantas. Padahal, hanya butuh keberanian sedikit saja untuk seorang introvert dalam menjalin asmara.

Tipe Pasangan Seorang Introvert


Tentunya seorang introvert tidak pandai memilih pasangan yang dia suka, dia hanya bisa sebatas suka namun jarang memiliki perasaan yang benar-benar dirasakan. Dari segi kehidupannya, ada beberapa tipe pasangan yang disukai seorang introvert. Yaitu,

1. Sederhana
Sederhana dalam berpakaian, dalam berpenampilan dan terkesan terlihat apa adanya (Natural)

2. Mencintai Dan Menerima Apa Adanya
Sebelum memulai hubungan, banyak pertimbangan dalam diri seorang introvert. Salah satunya adalah pemikiran tentang pasangan yang dipilihnya, apakah dia bisa menerima segala sesuatu yang ada dalam diri seorang introvert.

3. Baik Dan Ramah
Sebelum memilih orang yang disukai, seorang introvert pastilah sudah menganalisa, mengamati bagaimana orang yang dia suka. Bila menurut seorang introvert pasangan yang dipilihnya adalah yang terbaik, maka biasanya dia langsung menjatuhkan hatinya. Dan berharap bisa memilikinya.

Dari apa yang dirasakan seorang introvert, kita mengetahui bahwa seorang introvert bukanlah ornag yang buruk, orang yang aneh atau orang yang pantas dijauhi. Tetapi seorang introvert adalah seseorang yang cocok untuk dijadikan sebagai teman, entah itu teman main atau teman curhat. Pertemanan yang dijalin oleh seorang introvert adalah pertemanan yang saling meghargai dan menghormati. Bahkan, dari kehidupan seorang introvert. Kita juga mengetahui bahwa, seorang introvert bukanlah anti sosial, bukan seorang yang tidak ingin berinteraksi dengan dunia luar. Tetapi, seorang introvert membutuhkan suatu proses untuk beradaptasi dan pengenalan dengan lingkungan baru. Maka dari itu, jika kita memiliki teman yang suka berdiam diri, suka menyendiri. Ajaklah dia kesuatu tempat, perkenalkan dia dengan lingkungan baru dan buat dia nyaman dengan pertemanan yang akan dijalin dengannya. Dan tarik dia dari sisi negatif introvert, yaitu menyendiri.

Karena kita adalah makhluk sosial, kita tidak bisa mengandalkan diri sendiri dan kita selalu membutuhkan orang lain dalam kehidupan kita. Tentang kepribadiannya yang pendiam, itu biarkanlah dia yang menjalaninya. Tugas kita sebagai teman seorang introvert adalah mengenalkannya dengan hal-hal baru dan membeitahunya bahwa sendiri adalah hal yang kurang baik. Mungkin hanya itu yang bisa disampaikan pada artikel Pengertian Introvert Dan Penjelasannya Yang Wajib Diketahui,semoga bisa bermanfaat dan bisa memahami mengenai kepribadian seorang introvert.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon