Saturday, April 29, 2017

25 Tips Cara Menabung Yang Baik Agar Cepat Terkumpul

Tags


25 Tips Cara Menabung Yang Baik Dan Benar Agar Cepat Terkumpul - Menabung adalah cara terbaik untuk menyimpan uang, karena dengan cara menabung kita dapat menghemat uang jajan harianKita bisa menyimpan sedikit uang yang dimilik dengan cara menabung, untuk membeli sesuatu yang kita inginkan.

Misalkan kita sebagai pelajar atau mahasiswa menabung untuk cepat membeli hp, membeli komputer, laptop, gadget dan keperluan lainnya. Biasanya cara menabung adalah pilihan yang digunakan untuk anak sekolah atau pelajar untuk membeli hp baru, tanpa harus merepotkan kedua orang tuanya.

Tetapi, tidak semua orang bisa menabung dengan baik walaupun hanya sedikit. Rasanya terlalu sulit untuk menyisihkan uang jajan atau penghasilan yang dimiliki. Padahal dalam menabung, kita tidak perlu menggunakan uang yang besar.

Kita bisa memulai menyimpan sedikit uang jajan atau dengan cara menabung uang jajan sebesar Rp 5000 Ribu Rupiah.

Jika Rp 5000 Ribu Rupiah masih terasa berat, kita bisa menurunkan nominalnya menjadi Rp 1000 Ribu Rupiah. Uang yang tidak terlalu besar, tetapi akan sangat berarti jika telah terkumpul banyak. Dengan cara menabung uang jajan dengan nominal yang tidak terlalu besar, saya rasa semua orang pasti bisa menabung uang agar cepat terkumpul.

Lalu, bagaimana cara menabung dan menyimpan uang yang baik agar cepat terkumpul?

Karena kebutuhan dan keinginan semua orang berbeda-beda, tentunya hal ini kita kembalikan lagi kepada diri sendiri. Untuk apa kita menabung? Apa tujuan kita menabung?. Karena ada alasan dibalik kita menabung, untuk itu mari kita bahas bersama cara menabung yang baik agar cepat terkumpul dan bisa menabung setiap hari.

1. Berniat Menabung Untuk Sekedar Disimpan Ataupun Untuk Membeli Sesuatu
Modal awal untuk memulai menabung adalah dengan cara berniat, dengan cara ini kita akan lebih mudah dalam hal menyisihkan uang. Kita niatkan terlebih dahulu tujuannya, untuk apa kita menabung.

Jika ada sesuatu yang ingin dibeli, maka kita harus berniat dengan sungguh-sungguh. Dengan begitu menabung akan menjadi hal yang mudah dan tidaklah sulit.

2. Siapkan Wadah Penyimpanan Uang (Celengan/Toples/Botol Minuman)
Kita cari terlebih dahulu tempat yang cocok untuk menyimpan uang, Kita bisa menggunakan wadah sejenis Celengan/Toples/Botol Minuman. Dengan wadah inilah nantinya uang kita akan tersimpan dengan baik.

Disarankan untuk menggunakan tempat yang transparant. Karena dengan wadah yang transparant, kita bisa menyimpan uang sekaligus bisa memperhatikannya. Karena jika semakin banyak uang didalam wadah yang transparant, itu akan membuat kita semakin bersemangat untuk menabung uang. Sehingga akan ada sedikit uang jajan yang bisa dihemat.

Cara ini cukup ampuh jika dibandingkan dengan menabung menggunakan celengan tertutup, karena kemungkinan kita akan penasaran dengan isinya dan kemudian akan melakukan pencongkelan uang yang telah disimpan.

3. Jika Ingin Membeli Sesuatu Lebih Dari Satu, Carilah Wadah Untuk Menampung Uang Dari Setiap Keinginan Tersebut.
Jika kita ingin membeli sesuatu lebih dari satu, maka kita harus menyiapkan wadah tempat untuk menyimpan uang sesuai dengan keinginan tersebut.

Misalkan kita ingin menabung untuk membeli HP, Membeli Laptop, Membeli Motor, Atau Untuk Modal Menikah. Maka kita harus menyiapkan wadah untuk setiap keinginan tersebut.

Cara ini cukup rumit dan juga bisa membuat kalian menahan keinginan untuk membeli kebutuhan lainnya dan sulit untuk mengatur keuangan. Karena kita tidak akan terfokus pada satu keinginan saja, dan kemungkinan kita akan gagal menabung.



4. Buatlah Daftar Kebutuhan Dan Pengeluaran
Cara ini digunakan untuk memantau aktivitas yang kita lakukan dengan uang milik kita, sehingga setidaknya kita memiliki sisa uang yang bisa disimpan untuk ditabung. Meskipun terlihat terlalu rumit, cara ini bisa digunakan untuk mengatasi lemahnya semangat menabung.

Karena dengan adanya daftar kebutuhan dan pengeluaran, kita bisa melihat sesuatu yang telah kita beli dan uang yang dikeluarkan. Jika mengeluarkan uang dengan berlebihan dan kita melihat hasil daftar catatan pengeluaran, kita bisa sadar dengan apa yang kita perbuat bahwa menghabiskan seluruh uang itu tidak baik.



5. Jangan Terlalu Boros
Dalam hal menabung, bukanlah soal menahan untuk membeli sesuatu. Melainkan cara untuk menyisihkan uang atau penghasilan yang kita punya. Meskipun sulit untuk menahan keinginan untuk melakukan pengeluaran yang berlebihan, tetap kita harus mencobanya.

Kita masih bisa membeli kebutuhan yang kita inginkan, tetapi dengan catatan kita bisa menyimpan sedikit uang agar bisa tersimpan. Dengan begitu, menabung akan terus berjalan meski hanya sedikit.

Atau jika memang benar-benar tidak bisa menahan untuk membeli sesuatu yang lain, targetkan tanggal tertentu untuk membelinya. Sehingga proses menabung kita tidak terganggu dalam mengumpulkan uang untuk membeli sesuatu yang telah ditargetkan dari awal. Misalkan untuk membeli HP atau laptop.



6. Merenung Sejenak Dan Pikirkan Niat Awal Menabung
Cara ini digunakan jika kita telah melakukan pengeluaran yang banyak, sehingga kita malas untuk menabung kembali. Renungkanlah terlebih dahulu tentang niat untuk menabung, berfikirlah positif jika kita bisa menabung dan mendapatkan barang yang kita inginkan.

HP Baru, Laptop Baru, Komputer Baru atau Bahkan Motor Baru. Bayangkan jika kita telah memiliki itu semua dengan uang yang kita tabung, bukankah kita akan sangat senang dan puas?.

Meskipun dalam menabung memerlukan proses yang lama, itu lebih baik. Karena hidup bukanlah tentang sekedar menikmati dunia, tetapi juga menikmati setiap proses yang ada didalamnya. Untuk itu, nikmatilah proses dan kita akan merasa senang dan bahagia.

7. Targetkan Jumlah Uang Yang Ingin Ditabung
Menabung bukanlah sebuah paksaan, melainkan niat tulus diri sendiri dalam mencapai keinginan. Biasanya kita akan terlalu pusing memikirkan berapa banyak uang yang harus ditabung dan yang harus dipakai.

Untuk mengatasi hal itu, kita bisa menargetkan jumlah uang yang ingin ditabung. Sehingga kita masih memiliki uang untuk digunakan membeli kebutuhan yang lain meskipun sedang dalam proses menghemat uang.



8. Gunakan Cara "The Power of 20 rb" (Pejuang 20 Rb)
Kini saatnya untuk menabung, tidak perlu terlalu memikirkan tentang uang. Kita bisa menggunakan cara "The Power Of 20 Rb". Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kita harus menargetkan jumlah uang yang akan ditabung.

Untuk itu, kita bisa menargetkan uang 20 rb sebagai kekuatan menabung kita. Menurut Review dan pengalaman pribadi, cara ini sangat ampuh dan cocok dalam menyimpan uang secara cepat dan efektif. Banyak orang yang berhasil dengan cara ini.

Uang 20 rb bukanlah uang yang besar ataupun kecil, 20 rb merupakan uang yang cocok untuk digunakan dalam menabung. Setiap kita memiliki uang 20 rb, maka itu adalah hak atau jatah untuk disimpan dan dilarang keras untuk di pakai. Untuk melakukan cara ini, gunakan wadah yang transparant.

Banyak yang sukses dengan cara ini, jika kalian tidak percaya silahkan cari di mesin pencarian dengan kata kunci "The Power Of 20 Rb" atau "Kekuatan 20 rb". Jika setiap hari kita bisa menyimpan selembar uang 20 rb, maka kita akan memiliki simpanan sekitar Rp 7.300.000 Juta Rupiah dalam setahun. Wow, banyak bukan? tunggu apalagi. Secepatnya digunakan cara ini dalam menabung dirumah.

Jika berhasil menggunakan cara ini, silahkan upload foto kalian beserta uang 20 rb yang sudah dikumpulkan.



Ada banyak sekali gambar mengenai kekuatan uang 20 rb ini dan menjadi kisah inisiatif untuk sukses menabung.

Inisiatif ini dilakukan oleh seorang blogger muda dan cantik yang bernama Vindy, dengan situs pribadi miliknya yaitu www.inivindy.com.

Banyak orang yang terinspirasi untuk menabung dengan cara ini, karena itu saya katakan bahwa cara ini cukup efektif dalam menabung dan cepat mengumpulkan uang.

9. Gunakan Cara "The Power of 10 Rb"
Jika 20 rb saja masih terasa berat untuk menabung, kita bisa menurunkannya menjadi 10 rb. Seperti yang kita tau, 10 rb adalah uang yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Kita harus pintar dalam mengelola uang jajan harian, sehingga minimal ada uang 10 rb setiap harinya yang bisa kita simpan.

Setiap memiliki uang 10 rb, itu adalah hak dan jatah untuk disimpan. Dilarang keras untuk digunakan. Gunakan tempat yang transparant agar kita bisa lebih semangat dalam menabung. Dengan cara menargetkan uang yang ingin ditabung, akan mempermudah kita dalam mengelola uang sekaligus untuk membeli apa yang kita inginkan. Jika sehari kita berhasil menyimpan uang selembar 10 rb, maka setahun kita akan memiliki simpanan sekitar Rp 3.650.000 Juta Rupiah.

10. Gunakan Cara "The Power Of 5 Rb"
Uang 5 rb adalah uang yang sedang untuk menabung. Saya rasa, dengan cara ini kita mampu menabung dan mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya. Setiap uang 5 rb yang kita miliki adalah hak dan jatah untuk disimpan. Dilarang keras digunakan, karena uang yang disimpan ini adalah untuk membeli sesuatu yang kita inginkan. Jadi jangan dirusak rencana awal menabungnya.

11. Gunakan Cara "The Power of 2 Rb" (Pejuang Abu-Abu)
Bisa dibilang, 2 rb adalah uang yang kecil. Maka dari itu, kekuatan "The Power of 2 Rb" ini tidak sekuat selembar 20 rb dan 10 rb. Meskipun Nominalnya kecil, kita masih bisa memiliki banyak uang dengan menabung uang 2 rb dalam sehari.

Kita tentukan berapa lembar yang ingin kita simpan dalam sehari, misalkan sehari kita menyimpan uang 2 rb 2-5 lembar per hari. Dengan begitu uang kita akan cepat terkumpul. Setidaknya tidak terlalu lambat jika hanya menyimpan sehari 2 rb saja.

12. Titipkan Uang Yang Kita Punya Ke Orang Tua
Saya pikir, semua orang pasti pernah melakukan cara ini. Saya pribadipun sering melakukan hal ini jika ingin membeli sesuatu. Karena orang tua adalah tempat penyimpanan yang aman dan lebih terasa cepat terkumpul.

Cara ini bisa digunakan untuk semua orang, mau itu pelajar, mahasiswa, Pekerja atau Remaja. Katakan kepada orang tua tujuan kita menyimpan uang kepada beliau, Misalkan untuk menikah, untuk membeli rumah, untuk simpanan semata atau untuk membeli Hp. khususnya untuk pelajar, cara ini harus dilakukan.

Karena biasanya, ketika pelajar membutuhkan uang. Dia akan takut meminta uang yang telah di titipkan kepada orang tuanya, sehingga hal tersebut akan menggagalkan niatnya untuk mengambil jatah simpanannya. Atau jika terlalu memaksa untuk mengambil uang, biasanya orang tua harus rela berbohong dengan mengatakan bahwa uangnya sedang dipakai atau tidak ada.

Biasanya orang tua berkata bohong untuk kebaikan anaknya, dan setelah uang terkumpul sudah cukup banyak. Ketika sang anak meminta uangnya kembali, orang tua akan memberikannya. Dengan hal ini orang tua berperan dalam kelancaran proses menabung untuk anaknya.

13. Bukalah Tabungan Rekening Bank
Untuk menabung melalui rekening bank, biasanya kita harus memiliki KTP dan sejumlah uang 500 rb untuk membuka tabungan. Uang yang cukup banyak untuk memulai menabung dengan serius, karena dengan adanya tabungan di bank. Kita bisa menabung kapanpun dan mengambilnya setiap saat.

Dalam menabung di bank, tidak seperti menabung dirumah dan di celengan. Tentunya kita harus mengumpulkan uangnya terlebih dahulu dan barulah kita pergi ke bank. Tidak mungkin kita datang jauh-jauh ke bank tetapi hanya ingin menabung sejumlah uang sebesar 5 rb atau 20 rb rupiah.

Minimal uang yang ditabung adalah 100 rb atau 200 rb, sehingga kemungkinan kita akan dilayani dengan baik. Takutnya mereka malas melayani kita jika kita datang menabung hanya dengan 5 rb rupiah.

Tetapi cara ini masih kurang efektif dalam hal menabung, kemungkinan kita akan malas pergi ketempat bank untuk menyimpan uang, terlebih lagi kita akan mudah mengambilnya dengan mesin ATM. Untuk yang ingin serius menabung menggunakan bank, saya rasa tidak akan terjadi pemborosan dalam menabung di bank.

14. Berjualan Pulsa
Selain menabung, kita juga bisa sekalian berbisnis. Pulsa merupakan kebutuhan semua orang, maka dari itu kemungkinan tinggi bisnis ini adalah hal yang tepat untuk menabung dan sekalian berbisnis. Berjualan pulsa merupakan Cara menabung yang baik dan efektif untuk mahasiswa maupun pelajar. Dengan keuntungan yang diperoleh dari penjualan pulsa, kita bisa menabung sedikit demi sedikit. Meskipun sedikit, kita harus selalu bersyukur.



Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Berjualan Pulsa Untuk Pemula

15. Bekerja Keras
Bekerja keras adalah kunci utama dalam menabung, kita harus selalu berusaha keras untuk mendapatkan uang. Yang nantinya uang tersebut digunakan untuk ditabung. Seberapapun hasilnya, sisihkanlah untuk ditabung. Karena tidak ada hasil yang mengkhianati hasil kerja keras.



16. Jangan Membeli Barang Yang Tidak Dibutuhkan
Jika kita hanya sekedar ingin menggunakan, atau sekedar ingin coba-coba dalam menggunakan sesuatu yang baru. Lebih baik urungkan niat itu, dan simpan saja uangnya. Terlebih lagi, hal tersebut hanyalah pemborosan dan nantinya barang yang dibeli akan tidak terpakai.

17. Sering-seringlah melihat dan memegang barang yang ingin kita beli milik teman kita
Selagi kita masih dalam tahap proses pengumpulan uang, kita bisa melihat barang yang ingin kita beli tetapi dimiliki juga oleh teman kita. Lebih bagus lagi jika dipinjamkan. Karena hal ini akan membuat kita semakin semangat mengumpulkan uang dan cara ini sudah terbukti ampuh.

18. Selagi bisa meminjam, kenapa harus beli?
Jika kita memiliki teman yang baik, kita bisa meminjam segala keperluan yang tidak kita miliki tetapi dimiliki oleh teman kita. Cara ini digunakan untuk menghemat uang saku yang dimiliki untuk ditabungkan.

Kita harus berterus terang kepada teman bahwa kita menginginkan barang yang dimiliki teman kita, tetapi lagi proses mengumpulkan uang. Mintalah teman untuk meminjamkannya sebentar, agar bisa memotivasi diri sendiri.


19. Jangan Terlalu Boros Menggunakan Pulsa Atau Paket Data
Gunakan pulsa dan paket data dengan sebaik-baiknya, agar pengeluaran tidak semakin banyak. Dengan adanya teknologi yang berkembang dan berbagai smartphone yang sudah canggih, tentunya harus menggunakan pulsa dan kouta data untuk lebih efektif dalam menggunakannya. Untuk itu, jangan terlalu boros. Lebih baik carilah area Wi-fi gratis untuk sementara waktu.

20. Membeli Barang Yang Memiliki Nilai Jual
Dalam hal menabung, tidak ada larangan untuk membeli sesuatu lainnya. Tetapi, usahakan membeli barang yang memiliki nilai jual. Karena apa? Setiap orang memiliki titik jenuh dalam menggunakan barang yang dibelinya, oleh karena itu jika sewaktu-waktu kita jenuh dengan barang yang dibeli. Kita bisa menjualnya kembali.


21. Jualah Barang Yang Tidak Terpakai Namun Bernilai Jika Sangat Membutuhkan Uang

Dari pada menyimpan berbagai barang yang sudah tidak terpakai, kita bisa menjualnya dan uangnya bisa kita simpan. Tetapi, barang yang dijual haruslah dalam kondisi yang wajar, tidak terlalu buruk. Sehingga calon pembeli bisa tertarik dan jelaskan juga kelebihan-kelebihan pada barang yang dijual itu dan berikan alasan yang jelas. Dengan begitu calon pembeli akan percaya dan membeli barang yang kita jual.



22. Mengumpulkan dan Menjual Botol Air Minum Mineral Bekas
Apa hubungannya menabung dengan menjual botol bekas?, Menurut saya ini ada kaitannya. Terlebih jika kita menginginkan sesuatu untuk dibeli, tetapi kita tidak punya uang. Mau tidak mau kita harus mengumpulkan uang terlebih dahulu. Dengan mengumpulkan dan menjual botol bekas, kita bisa menambah uang tambahan untuk disimpan dan dikumpulkan untuk membeli sesuatu yang kita ingin beli nantinya.

Cara ini hanya untuk alternatif saja agar cepat mengumpulkan uang, Karena cara ini sering dipakai oleh saya pribadi jika memang membutuhkan uang. Tidak ada salahnya juga kan dan tidak perlu merasa malu juga, Selagi tidak merepotkan orang banyak.



23. Mengumpulkan Dan Menjual Kardus Bekas
Selain digunakan untuk menyimpan peralatan maupun barang bekas lainnya, kardus bisa dimanfaatkan untuk dijual kembali. Meskipun sudah bekas, tetapi masih bisa menghasilkan uang dan bisa digunakan untuk menambah uang simpanan.



24. Jual Novel Atau Buku Yang Sudah Tidak Dibaca Lagi
Novel yang sudah tidak dibaca bisa dijadikan tambahan untuk menabung, kita bisa menjualnya melalui media sosial seperti facebook, twitter atau instagram.

Untuk novel, bisa dijual di salah satu pecinta novel yang berada di Grup Facebook. Bagi pecinta novel dan penikmat membaca, segala jenis novel akan sangat berarti. Terlebih lagi jika buku tersebut belum pernah dibaca dan seru untuk dibaca.

Tetapi jika masih sayang dengan novel yang dimiliki, lebih baik jangan dijual. Cara ini hanyalah alternatif agar cepat dalam mengumpulkan uang.


Sumber Gambar Via Hipwee.com

25. Menjual Majalah, Buku Pelajaran, Modul Pelajaran, Koran Atau Kertas Yang Sudah Tidak Terpakai

Menjual selembaran kertas juga akan sangat berarti untuk menambah uang tambahan, biasanya setiap tahun atau bulan ada saja buku, majalah atau kertas-kertas yang sudah tidak dipakai. Dari pada menumpuk dirumah, hal itu bisa diatasi dengan cara menjualnya. Lumayan bukan uangnya untuk disimpan.


Sumber Gambar Via Hipwee.com
Menabung adalah hal yang sangat penting untuk semua orang, maka dari itu kita semua sudah diajarkan menabung sejak kecil. Tapi sayangnya, kebiasaan menabung tersebut terus menghilang seiring dengan berkembangnya diri kita.

Padahal dengan cara menabung, kita bisa membeli semua yang kita inginkan dengan tertarget, tanpa harus menyusahkan orang tua atau siapapun.


Demikianlah yang bisa disampaikan mengenai artikel 25 Tips Cara Menabung Yang Baik Agar Cepat Terkumpul,  Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya.



[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon