Thursday, July 6, 2017

Perbedaan Laptop Dan Notebook, Mana Yang Lebih Baik?

Tags



Perbedaan Laptop Dan Notebook, Mana Yang Lebih Baik? - Laptop dan notebook adalah media yang sangat dibutuhkan untuk media pekerjaan maupun pembelajaran. Sering kali kita bingung ketika ingin membeli media tersebut, dan bertanya-tanya, lebih bagus laptop atau notebook?. 

Sebenarnya kebingungan ini dapat diselesaikan, tergantung bagaimana kebutuhan kita terhadap media laptop atau notebook tersebut dan juga biaya yang kita miliki.

Karena pada dasarnya, Kegunaan Notebook dan Laptop adalah sama. Sebagai media mempermudah manusia dalam aktivitas sehari-hari. Meskipun kegunaannya sama, namun ada perbedaan yang terjadi saat mengoperasikannya. Untuk itu, mari kita bahas bersama-sama secara detail mengenai perbedaan Laptop dan Notebook. Mulai dari perbedaan harganya, ukurannya, hingga kenyamanan dalam penggunaannya.


Lebih baik memilih Laptop atau Notebook? Berapa perbedaan harga laptop dan notebook? berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan Laptop dan Notebook.

1. Perbedaan Desain Antara Laptop Dan Notebook

Desain Laptop
Laptop memiliki desain yang besar dan juga memiliki layar yang cukup lebar. Hal inilah yang membuat laptop terasa berat ketika dibawa berpergianDengan layar yang lebar, kita bisa puas dalam menggunakan laptop. Entah itu mengerjakan tugas kantor, tugas  sekolah, atau sekedar menonton film.

Desain Notebook 
Notebook memiliki desain yang kecil dan minimalis dan juga mudah dibawa berpergian. Dibandingkan dengan laptop, Notebook memiliki layar yang lebih kecil dibandingkan dengan laptop. Layar Laptop bisa sampai 14-15 inch, sedangkan notebook sekitar 10 inch sampai 12 inch.

Dari segi kenyamanan, kita bisa mendapatkannya dari Notebook. Tetapi untuk pemakaian yang cukup berat dan penggunaan yang lama, Laptop sangat disarankan.


2. Perbedaan Harga Laptop Dan Notebook.
Harga adalah penentu suatu kualitas. Semakin tinggi harga suatu barang, semakin baik kualitasnya. Kalimat berikut biasanya berlaku untuk setiap barang yang diperjual belikan.

Harga Laptop
Laptop memberikan desain yang sangat baik dan juga kinerja yang sempurna dalam segala hal yang dikerjakan. Biasanya, laptop lebih digunakan untuk aktivitas berat. Seperti Design, Game, Editing atau Pemrograman. Tidakk heran jika laptop memiliki harga yang tinggi dibandingkan dengan notebook.

Dari beberapa survey yang sudah saya lakukan, untuk harga laptop sekitar Rp 3.200.00 - Rp 5.000.000 untuk kualitas dan spesifikasi laptop level yang baik.

Untuk spesifikasi laptop dengan level yang sangat baik, kita bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp 7.000.000 Hingga Rp 20.000.000. Dengan laptop seperti ini, kita bisa melakukan berbagai aktivitas berat. Seperti bermain game, design 3D, Editing dan lainnya.

Harga Notebook
Notebook memberikan desain yang minimalis dan juga kinerja yang cukup baik. Dibandingkan dengan laptop, notebook memanglah sangat kalah untuk aktivitas yang berat.

Notebook biasa ditunjukan untuk pemakaian kelas ringan, seperti mengetik, menonton video, memutar musik, design dengan aplikasi yang ringan. Untuk editing video, notebook belum cukup baik. Karena beberapa aplikasi editing video hanya bekerja pada laptop dengan spesifikasi yang lebih baik dari pada notebook.

Untuk harga notebook, kita bisa mendapatkannya dengan harga Rp 1.800.000 hingga Rp 3.000.000

3. Perbedaan Baterai Laptop Dan Notebook



Laptop
Laptop memiliki kinerja yang sangat baik, laptop bisa menjalankan aplikasi-aplikasi berat dalam penggunaannya. Aplikasi-aplikasi yang berat tentunya membutuhkan daya yang banyak, maka dari itu Laptop di fasilitasi dengan daya baterai yang tinggi dan lama pemakaian sekitar 3-6 Jam.

Notebook
Dari segi pemakaian, notebook bisa bertahan sekitar 3-4 Jam. Hal ini dikarenakan notebook memiliki harga yang cukup murah dibandingkan dengan laptop dan ditunjukan untuk kegiatan yang ringan-ringan saja. 

Terlebih lagi, kebanyakan laptop bisa dilepas pasang baterainya. Hal ini bertujuan untuk pemakaian yang lama, untuk mengantisipasi kerusakan pada baterai jika dimainkan saat di charger.

4. Perbedaan Disc Drive (CD/DVD ROM) Laptop Dan Notebook


Laptop
Dengan ukurannya yang besar, laptop sudah disediakan dengan CD/DVD Rom. CD Rom berfungsi sebagai media pembaca dan penulisan pada CD.

Dengan adanya CD Rom, kita bisa menonton film kesukaan melalui CD/DVD dan kita bisa membakar file untuk keperluan menyimpan data pada CD, atau biasa disebut dengan proses Burning CD.

Tapi, ada beberapa jenis laptop yang tidak tersedia CD Rom.

Notebook
Notebook diciptakan untuk keperluan standar dalam aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, notebook diciptakan Seminimalis mungkin untuk mendapatkan kesan yang nyaman dan praktis saat digunakan. Untuk itu, Disc Drive pada Notebook tidak disediakan.

Meskipun tidak ada Disc Drive, kita masih bisa membeli atau menggunakan Disc Drive External.

5. Perbedaan Sistem Operasi Pada Laptop Dan Notebook


Laptop
Untuk sistem operasi windows, telah memiliki versi terbaru. Yaitu Windows 10. Dimana dalam menjalankan Windows 10 membutuhkan spesifikasi yang tinggi seperti Laptop. Dengan menggunakan sistem operasi versi terbaru, semakin memaksimalkan pemakaian dari laptop.

Tidak hanya menggunakan versi terbaru, laptop juga bisa menggunakan sistem operasi jenis apapun. Seperti windows xp, windows 7, windows 8, dan bahkan sistem operasi berbasis linux.

Notebook
Tidak semua sistem operasi cocok untuk notebook, ada beberapa sistem operasi yang kurang baik dijalankan pada notebook, atau bahkan tidak bisa dijalankan sama sekali.

Seperti windows xp yang sudah lama, karena beberapa notebook sudah tidak mendukung pemakaian sistem operasi lawas.

Untuk windows versi terbaru seperti windows 10, notebook kurang cocok digunakan. Karena akan terasa sangat berat dan tidak nyaman digunakan. Karena spesifikasi notebook yang kurang memadai.

Menggunakan sistem operasi linux pun dirasa kurang puas dengan spesifikasi standar yang diberikan oleh notebook. Tetapi, untuk windows 7 dan windows 8 sangatlah lancar ketika digunakan.

6. Perbedaan Keyboard Pada Laptop Dan Notebook


Laptop
Laptop memiliki desain yang besar dan lebar, sehingga memiliki keyboard yang besar juga. Untuk pengetikan, kita bisa sedikit leluasa dalam menekan tombol. Tetapi karena lebarnya keyboard pada laptop, sering kali kesulitan menekan tombol yang sedikit jauh dari jangkauan jari. Terlebih lagi jika memiliki tangan yang kecil.

Notebook
Notebook merupakan yang pertama kali saya miliki dan juga sering digunakan untuk menulis artikel-artikel pada blog ini. Dari segi keyboard memang kecil, tetapi tombolnya sangat empuk.

Jarak antar tombol keyboard pun mudah diraih, dibandingkan dengan laptop. Dan ini yang menjadi salah satu ketertarikan saya pada notebook. Meskipun Laptop jauh lebih baik dari pada notebook.

7. Perbedaan Laptop Dan Notebook Dalam Menjalankan Aplikasi Dan Program

Laptop
Kemampuan laptop sudah tidak diragukan lagi dalam menjalankan program dan aplikasi-aplikasi berat jika sudah didukung dengan spesifikasi yang sesuai. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk kita ketika membuat suatu project ataupun hal-hal lainnya.

Karena kebanyakan laptop sudah mendukung spesifikasi yang tinggi dan juga satuan bit yang telah didukung oleh aplikasi dan program berat. Laptop mampu menjalankan sistem operasi dengan 32 bit dan 64 bit. Program dan aplikasi berat, hanya bisa dijalankan pada sistem operasi 64 bit. Misalkan aplikasi Adobe Adobe Premiere dan Adobe After Effect.

Notebook
Tidak semua aplikasi bisa berjalan di notebook, misalkan aplikasi editing yang cukup berat seperti Adobe Adobe Premiere dan Adobe After Effect yang hanya bisa berjalan pada sistem operasi dengan 64 bit.

Sedangkan notebook hanya mampu menjalankan sistem operasi dengan 32 bit. Meskipun bisa menjalankan sistem operasi 64 bit. Hal itu akan sangat memaksakan kinerja pada notebook dan akan sangat terasa berat.


Lalu Saya Harus Memilih Laptop Atau Notebook?


Saran Dari Saya:

Uang
1. Jika memiliki cukup uang, belilah Laptop. Jika Uang yang dimiliki kurang, pilihlah Notebook atau bersabar mengumpulkan kembali untuk membeli Laptop.

Kebutuhan
2.  Kebutuhan seperti apa yang kita inginkan? Desain Grafis? Editing? Writer? Multimedia? Bermain Games? Atau Multi Fungsi(Bisa untuk segala hal).

Jika untuk keperluan editing dan design grafis, Belilah Laptop dengan spesifikasi Sistem Operasi 64 bit. Misalkan Windows 7 64 bit, windows 8 64 bit, windows 10 64 bit.

Jika untuk keperluan game, Belilah Laptop dengan spesifikasi sistem operasi 64 bit dan minimal memiliki processor quad core atau intel core i3 Atau untuk bermain game berat, bisa membeli laptop dengan processor intel core i7.

Jika untuk Multifungsi, bisa membeli laptop dengan spesifikasi sistem operasi 64 bit dan processor intel i3 atau quad core AMD A10.

Jika untuk kegiatatan pengetikan, persentasi, input output data. Silahkan pilih notebook. Karena menurut pengalaman saya, notebook cukup nyaman digunakan dibandingkan dengan laptop meskipun dari segi spesifikasi notebook masih kalah.

Pinjam Laptop Teman atau Tetangga
Meminjamdalam arti, kita tidak perlu membawanya kerumah. Karena belum tentu teman kita mengijinkan. Maksudnya disini adalah kita meminjamnya hanya untuk melihat, memakainnya sebentar lalu menilainya.

Sebelum memiliki Laptop, saya pribadi sering menggunakan notebook untuk kepentingan tugas sekolah, untuk sekedar browsing, chatting ataupun streaming. Tapi, dalam beberapa hal saya sering terkendala dengan notebook yang saya miliki. Karena memang notebook tidak sebaik Laptop.

Saya hanya nyaman dengan tampilan notebook yang minimalis dan sederhana, yang membuat saya jatuh cinta dengan notebook. Namun, setelah saya memiliki Laptop. Ada beberapa aktivitas saya yang bisa ditangani lebih cepat dibanding dengan Notebook.

Menurut saya pribadi, Laptop sangat cocok dimiliki. Karena jika memilih notebook, terasa kurang puas. Kita bisa lebih bersabar mengumpulkan uang untuk membeli Laptop dibanding dengan Notebook. Tapi, itu semua kembali lagi kepada anda yang membutuhkannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bila ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanyakan pada kolom komentar. Secepatnya akan saya balas.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon