Wednesday, August 16, 2017

Istilah-Istilah Dasar Internet Dan Pengertiannya, Lengkap!

Tags


Istilah-Istilah Dasar Internet Dan Pengertiannya, Lengkap! - Internet merupakan jaringan terluas yang menghubungkan manusia satu dengan yang lainnya, serta dapat memberikan informasi yang luas dan lengkap mengenai apa yang sedang kita cari.

Ada banyak istilah yang akan kita temui pada saat menjelajahi internet. Istilah-istilah tersebut perlu kita pahami dengan baik, sehingga tidak bingung pada saat bekerja dengan internet. Beberapa istilah internet yang umum adalah sebagai berikut.

1. Intranet
      Intranet adalah internet dengan jaringan yang lebih kecil. Jika internet adalah jaringan yang luas dan digunakan oleh jangkauan yang luas, biasanya intranet dibangun dan dimiliki oleh sebuah organisasi untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada di organisasi tersebut.

2. Browser atau Web Browser
     Browser atau Web Browser adalah program yang digunakan untuk mengakses internet. Contoh dari program browser adalah Internet Explorer, Netscape Navigator dan Google Chrome.

3. HTML (Hyper Text Mark-up Language)
     HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Mark-up Language. HTML adalah kode-kode yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. Setiap halaman web di sebuah website terdiri dari sebuah file HTML (.htm). Kita membutuhkan browser untuk menampilkan file HTML Tersebut.

4. Server
     Komputer server adalah komputer yang memberi layanan kepada komputer lain (Computer Client). Karena berfungsi memberikan layanan, maka pekerjaan yang harus dilakukan oleh server sangat banyak. Oleh sebab itu, komputer server biasanya mempunyai kemampuan yang lebih handal dibandingkan komputer yang digunakan sebagai client. Di internet, komputer server berfungsi sebagai tempat penyimpanan dokumen-dokumen web dari website tertentu. Komputer tersebut melayani komputer yang mengakses website yang disimpannya.

5. Client
     Komputer Client adalah komputer yang terdapat dalam sebuah jaringan yang berfungsi sebagai penerima layanan. Komputer Client biasanya mempunyai kemampuan yang lebih rendah dibanding dengan Komputer Server. Pada saat mengakses internet, komputer dapat disebut sebagai Komputer Client. Karena komputer Client menerima layanan dari Komputer Server milik website yang kita kunjungi.

6. Bandwith
     Bandwith adalah ukuran kemampuan sebuah jaringan untuk mentransfer data dalam jangka waktu tertentu. Satuan untuk bandwith adalah Megabyte per second (Mbps) atau Kilobyte per second (Kbps). Kecepatan akses internet dinyatakan dalam satuan Megabyte per second (Mbps) atau Kilobyte per second (Kbps).

7. Search Engine
     Search Engine adalah program website tertentu yang kita gunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Istilah yang digunakan untuk menyebut suatu mesin pencari adalah Search Engine.

8. URL (Uniform Resource Locator)
     URL adalah sistem pemberian nama alamat website. Alamat URL merupakan alamat dari sebuah halaman web.

9. Website
     Website merupakan kumpulan dari halaman-halaman web yang mempunyai keterkaitan. Website sering juga disebut dengan situs, situs web, site atau portal. Istilah kunjungan dari beberapa halaman-halaman web yang saling berkaitan disebut Website. 

10. Homepage
     Homepage adalah halaman web pertama yang terdapat pada sebuah website. Homepage biasanya berisi ucapan selamat datang. Beberapa ringkasan isi website dan beberapa link ke bagian penting lain dari website tersebut. Homepage sendiri juga digunakan untuk website pribadi dari seseorang sebagai istilah "rumah" dalam bentuk halaman web.

11. Web Page
     Web Page merupakan istilah yang digunakan mengacu kepada sebuah halaman web. Sebuah web page merupakan sebuah file HTML (.htm).

12. Hypertext Link (Hyperlink) atau Link
     Link adalah sebuah teks, gambar atau tombol di halaman web yang digunakan untuk mengakses halaman web atau file-file lain. Link di halaman web akan mempunyai tanda warna yang berbeda dan biasanya teksnya mempunyai garis bawah.

     Untuk mengetahui sebuah teks merupakan link atau tidak, dapat kita lakukan dengan cara mendekatkan pointer mouse ke teks tersebut. Jika tanda pointer mouse berubah, maka teks tersebut merupakan link.

13. ISP (Internet Service Provider)
     ISP adalah perusahaan yang berfungsi sebagai penyedia jasa layanan koneksi internet. Jika kita ingin komputer kita terhubung ke internet, kita harus menghubungkan komputer ke sebuah ISP.  Penyedia Jasa Layanan Internet adalah ISP.

14. Program Dial-up
     Program Dial-up adalah program yang terdapat di komputer yang berfungsi untuk mengontrol modem dan mengatur hubungan antara komputer dengan pembeli jasa layanan internet (ISP).

15. Offline
     Offline merupakan kondisi di mana koneksi komputer ke internet dalam keadaan terputus.

16. Online
     Online merupakan kondisi dimana koneksi komputer ke internet dalam keadaan tersambung atau terhubung.

17. Log In
     Log in adalah proses memasukan user dan password. Contoh proses log in adalah pada saat kita memasukan user id dan password pada saat ingin membuka kotak surat email kita. Beberapa halaman web di internet hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas. Proses pengecekan otoritas tersebut dilakukan dengan cara memasukan user id dan password.

18. Log Out
     Log Out kebalikan dari Log In, yaitu proses keluar dari sebuah halaman web yang hanya diakses oleh orang yang memiliki otoritas. Log Out dilakukan dengan menekan tombol atau teks link Log Out yang biasanya terdapat di halaman web. Log Out diperlukan agar orang lain tidak dapat mengakses halaman tersebut dengan data atas nama kita.

19. Protokol
     Protokol adalah aturan-aturan yang ada untuk melakukan tugas tertentu. Misalnya di internet ada protokol untuk mengirimkan ke komputer lain, protokol untuk mengirim email dan sebagainya.

20. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
     HTTP adalah protokol yang digunakan untuk mempertukarkan informasi di internet. Komputer kita menerima file-file HTML dari sebuah server di internet dengan menggunakan protokol HTTP.

21. POP (Post Office Protocol)
     Pop adalah Protocol yang digunakan untuk mengambil email yang disimpan di server di internet atau sebuah ISP. 

22. Download
     Download adalah proses pengambilan file dari sebuah komputer server di internet ke komputer yang digunakan (Komputer Client). Istilah untuk mengambil data file dari internet disebut Download, atau bisa juga mengambil data dari internet provider untuk disimpan di komputer disebut juga dengan Download.

23. Upload
     Upload adalah proses penempatan file dari komputer kita ke sebuah komputer server di internet. Upload merupakan kebalikan dari program download. Pengiriman file dari komputer ke internet disebut Upload. 

24. Shareware
     Shareware adalah program komputer di internet yang dapat di download dan digunakan dalam jangka waktu tertentu. Program komputer jenis ini biasanya dapat digunakan dalam jangka waktu tertentu. Jika ingin menggunakannya terus, kita harus membelinya dengan cara membayar biaya pendaftaran.

25. Freeware
     Freeware adalah program komputer di internet yang dapat di download dan digunakan secara gratis tanpa batas waktu tertentu. Program freeware biasanya dkhususkan untuk pemakaian secara gratis tanpa melakukan biaya registrasi untuk menggunakannya. Program yang ditempatkan diinternet dan dibagikan secara gratis disebut Freeware, bisa juga program yang ditempatkan di internet yang dibagikan secara cuma-cuma disebut Freeware.
     
26. GIF (Graphical Interchange Format) dan JPEG
     Suatu Format file gambar GIF mempunyai ukuran file yang kecil, sehingga banyak digunakan sebagai format gambar yang ditempatkan di internet. Selain GIF, JPEG juga merupakan format file gambar yang banyak digunakan di internet. File JPEG juga mempunyai ukuran yang kecil dan warna yang lebih banyak dibanding dengan GIF. Biasanya, JPEG digunakan untuk menampilkan gambar-gambar yang membutuhkan warna yang lebih banyak seperti foto-foto, sedangkan GIF digunakan untuk gambar dengan warna yang lebih sedikit, misalnya logo organisasi, gambar grafik dan sebagainya.

27. Spam
     Spam adalah suatu pengiriman pesan yang tidak di inginkan seperti email yang tidak penting, email berantai. iklan dan sebagainya.

28. E-mail (Elektronik Mail)
     Elektronik Mail adalah sebuah surat elektronik yang dibuat dan dikirim melalui layanan internet. E-mail biasa digunakan untuk membuat surat secara cepat dan mudah melalui jaringan internet. Istilah mengirim atau membuat surat dalam internet disebut E-mail.

29. Chatting
     Chatting adalah suatu fasilitas yang ada di internet untuk berkomunikasi secara langsung dengan pengguna internet lainnya yang sedang terhubung dengan internet (Online). Komunikasi dapat berupa teks, suara, gambar maupun video.

30. Chat
     Chat adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu interaksi komunikasi online yang terhubung dengan internet. Chat biasanya dikenal dengan komunikasi teks antar pengguna internet. Chat biasa dilakukan pada sosial media.

31. Browsing
     Browsing adalah istilah yang digunakan untuk seseorang yang sedang menggunakan internet melalui Web Browser. Jadi, Web Browser adalah tempat untuk para pengguna internet mencari suatu informasi yang lengkap di internet.

32. Wireless
     Wireless adalah sebuah jaringan yang menghubungkan user dengan internet dengan perantara gelombang jaringan, tanpa memerlukan media apapun untuk terhubung (Misalkan kabel). Atau lebih mudahnya, wireless adalah jaringan internet yang menghubungkan pengguna internet tanpa kabel.

33. WWW ( World Wide Web)
     WWW adalah suatu ruang informasi yang digunakan untuk pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi suatu sumber daya yang ada di internet. Atau lebih mudahnya www adalah suatu informasi mengenai pengenalan situs-situs website yang ada di internet.

34. Virus
    Virus adalah suatu program jahat yang masuk ke dalam komputer melalui pertukaran data yang terjadi di internet dan bersembunyi di dalam data-data yang ditukar. Contohnya, program yang kita download di internet dan ternyata program tersebut mengandung atau telah disembunyikan sebuah virus.

     Virus ini sangat berbahaya, yang sifatnya merusak dan membahayakan. Atau yang paling parahnya lagi, sebuah virus mampu mencuri data-data milik kita secara diam-diam dan digunakan untuk kegiatan yang negatif.

35. Spyware
     Spyware adalah istilah lain dari antivirus, spyware bekerja untuk memata-matai suatu aktifitas komputer. Spyware masuk kedalam komputer sama dengan masuknya virus. Karena Spyware adalah jenis virus yang tugasnya hanya untuk memantau aktifitas komputer yang ditargetkan.

36. Username
     Username adalah sebuah rangkaian nama unik atau pribadi yang dikhususkan untuk diri kita sendiri secara pribadi untuk penggunaan tertentu. Username biasa disebut juga nama pengguna.

37. Password
     Password adalah sebuah rangkaian kode-kode unik yang dikhususkan untuk pengguna tertentu saja dan harus dirahasiakan. Password biasa digunakan pada internet untuk memasuki suatu situs tertentu bersamaan dengan username. Kode-kode unik pada password biasanya dikombinasikan dengan huruf dan angka.

38. Update
     Update adalah suatu kegiatan untuk melakukan pembaruan atau pengeditan, agar informasi yang ada tidak tertinggal jauh.

39. User
     User adalah istilah yang digunakan untuk para pengguna. Pengguna biasa disebut dengan Brainware, Manusia, atau orang yang mengoperasikan suatu hal.

40. Phising
     Phising adalah suatu kejahatan dunia internet yang bertujuan untuk mendapatkan data-data diri seseorang yang mengakses ke suatu internet. Biasanya data-data yang di targetkan adalah Username dan Password, yang nantinya orang yang melakukan phising akan mengetahui data-data tersebut. Selanjutnya data-data tersebut bisa digunakan, diganti dan dirusak sesukanya.

Phising ini bekerja dengan cara menyerupai suatu halaman website atau program, sehingga orang lain akan mengira bahwa situs phising tersebut adalah situs yang resmi. Meskipun situs phising memiliki URL atau alamat situs yang berbeda dengan alamat situs resmi 

41. Malware
     Malware adalah program jahat (Virus) yang memiliki tujuan untuk merusak suatu sistem komputer, sehingga komputer yang menjadi target dari Malware akan bekerja tidak seperti biasanya atau bisa dikatakan kinerjanya semakin buruk.

42. Hacker
     Hacker adalah nama panggilan untuk seseorang yang ahli dalam bidang internet, akan tetapi ke ahliannya ini mampu merusak segala sesuatu yang ada di internet maupun yang terhubung dengan internet.

Hacker bekerja dengan cara merusak, menyusup, dan menghancurkan suatu sistem dan kinerja suatu komputer. Bukan hanya itu saja, biasanya hacker menggunakan ke ahliannya untuk kepentingan pribadi atau kesenangan semata. Misalkan mencuri data, menghasilkan uang dan lain sebagainya. Virus, phising, malware dan segala program kejahatan bisa dibilang adalah hacker yang menjadi tokoh utama dalam keterlibatannya.

43. Database
     Database adalah tempat suatu data terkumpul dalam suatu server. Dimana database ini adalah pusatnya data yang disimpan di server.

44. DNS (Domain Name Server)
     DNS adalah layanan internet yang menggunakan TCP/IP. DNS digunakan untuk mengenali IP ADDRESS suatu komputer melalui nama komputernya.

45. IP Address
     IP Address adalah suatu pengalamatan pada komputer yang berupa kumpulan angka-angka unik yang berbeda dengan setiap komputer. IP Address bertujuan untuk menghubungkan seluruh komputer yang ada di dunia melalui jaringan internet.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon