Saturday, August 19, 2017

Perbedaan Jaringan Komputer Dan Jaringan Internet

Tags


Perbedaan Jaringan Komputer Dan Jaringan Internet - Jaringan adalah media penghubung antara komputer satu dengan komputer lainnya untuk saling berkomunikasi dan tukar-menukar data. Jaringan juga bisa digunakan untuk gadget seperti Smartphone, iPad, Laptop dan perangkat lainnya yang bisa terhubung dengan internet.

Ngomongin soal jaringan, gak akan ada habisnya. Karena dari segi penggunaannya, jaringan bisa bermacam-macam diartikan. Karena arti dari jaringan itu sendiri sangatlah luas. Tapi disini, kita akan membahas mengenai perbedaan jaringan komputer dan jaringan internet. Mungkin terlihat menyerupai dan memiliki tujuan yang sama. Tapi, memiliki fungsi dan cara kerja yang sedikit berbeda.

Apa sih perbedaan jaringan komputer dengan jaringan internet? berikut adalah perbedaannya:

Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sebuah jaringan yang menghubungkan antara perangkat satu dengan perangkat lainnya yang saling terhubung untuk digunakan secara bersama-sama dalam cakupan area yang sempit. Biasanya perangkat yang saling terhubung adalah Komputer, Printer, Laptop, Mesin Foto Copy Dan Lain Sebagainya.

Cakupan atau Luasnya pemakaian jaringan komputer biasanya relatif kecil karena jaringan komputer dihubungkan melalui kabel-kabel jaringan LAN ataupun wireless. Jadi, pemakaiannya menjadi terbatas dan hanya bisa digunakan ditempat-tempat yang dikhususkan saja. Misalkan Kantor, Kampus Dan Sekolahan.

Contohnya:
1. Misalkan ada satu buah printer, lalu printer itu sudah terhubung dengan berbagai komputer yang ada melalui jaringan komputer. Jadi, satu printer bisa digunakan secara bersama-sama yang tentunya harus sudah saling terhubung terlebih dahulu

2. Wi-Fi, bisa dikatakan jaringan internet dan juga jaringan komputer. Karena Wi-Fi hanya bisa digunakan di tempat tertentu saja karena jangkauannya yang tidak terlalu luas.

3. Komputer satu dengan komputer lainnya bisa mengirim dan menerima data yang telah terhubung dengan jaringan.

Jadi sederhananya, Jaringan komputer merupakan jaringan dengan luas cakupan yang kecil dengan tujuan untuk media komunikasi, sharing data, dan keperluan pribadi lainnya.

Jaringan Internet
Jaringan Internet adalah jaringan yang digunakan untuk menghubungkan seluruh orang yang ada di dunia yang saling terhubung melalui jalur koneksi yang sama maupun yang berbeda.

Dengan adanya internet kita bisa melakukan komunikasi jarak jauh dengan berbagai perangkat dan banyak orang sekaligus secara cepat. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan segala sesuatu yang sedang kita butuhkan di internet. Seperti informasi pelajaran, pendidikan, informasi, dan lain sebagainya. Penggunaan internet mencakupi area yang luas atau seluruh dunia.

Contohnya:
1. Menggunakan sosial media, seperti facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya untuk bisa berkomunikasi dengan manusia lainnya.

2. Chatting, mengobrol melalui email, mengobrol melalui aplikasi, video call dan lain sebagainya.

3. Jaringan internet menggunakan sebuah media untuk bisa terhubung. Jika pada jaringan komputer media yang digunakan adalah kabel jaringan LAN dan Wireless, sedangkan jaringan internet menggunakan berbagai macam perangkat untuk bisa terhubung ke internet. Seperti harus memiliki layanan provider, Router, Kouta Data dan lain sebagainya.

Nah, mungkin hanya itu saja Perbedaan Antara Jaringan Komputer Dan Jaringan Internet. Artikel ini dibuat berdasarkan analisa dan untuk kepentingan informasi bersama. Semoga apa yang sudah disampaikan bsia bermanfaat.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon