Saturday, August 19, 2017

Tujuan Jaringan Komputer Beserta Manfaatnya

Tags


Tujuan Utama Jaringan Komputer Beserta Contoh Dan Manfaatnya - Jaringan komputer adalah sebuah jaringan telekomunikasi yang memiliki fungsi untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya untuk saling bertukar data maupun berkomunikasi.

Tujuan Utama Jaringan Komputer adalah untuk membawa informasi berupa paket-paket data yang akan dikirimkan dari satu komputer ke komputer lainnya yang saling terhubung dengan jaringan.

Jaringan komputer menjadi sangat penting bagi manusia, perusahaan dan badan organisasi-organisasi yang bekerja menggunakan sebuah perangkat komputer. Karena jaringan komputer mempunyai tujuan yang menguntungkan bagi manusia.

Berikut adalah Tujuan Jaringan Komputer Beserta Contoh dan Manfaatnya :

1. Resource Sharing (Berbagi Sumber)
Resource Sharing adalah suatu pemakaian seluruh program, peralatan, maupun data yang dapat digunakan dan diakses oleh setiap orang yang ada dijaringan tanpa dipengaruhi lokasi sumber dan pemakai.

Contoh 1: Staff BIRO Akademik mengirimkan daftar mahasiswa baru ke perpustakaan dalam bentuk print out dengan langsung mencetaknya di printer perpustakaan dari komputer di BIRO akademik. Atau sebaliknya, staff perpustakaan mendapatkan langsung file daftar mahasiswa baru yang disimpan di komputer staff BIRO akademik.

Contoh 2: Satu printer digunakan secara bersama-sama menggunakan komputer yang berbeda melalui jaringan yang terhubung didalamnya.

Contoh 3: Seluruh komputer yang terhubung dengan jaringan komputer bisa saling mengakses data

2. High Reliability(Kehandalan Tinggi)
High Reliability adalah tersedianya sumber-sumber alternatif kapanpun diperlukan.

Contoh 1: Pada aplikasi perbankan atau militer, jika salah satu mesin tidak bekerja, kinerja organisasi tidak terganggu karena mesin lain mempunyai sumber yang sama.

3. Menghemat Uang
Membangun jaringan dengan komputer-komputer kecil lebih murah dibandingkan dengan menggunakan mainframe. Data disimpan di sebuah komputer yang bertindak sebagai server dan komputer lain yang menggunakan data tersebut bertindak sebagai client. Bentuk ini disebut Client-Server.

4. Scalability(Skalabilitas)
Meningkatkan kinerja dengan menambahkan komputer server atau client dengan mudah tanpa mengganggu kinerja komputer server atau komputer client yang sudah ada lebih dulu.

5. Medium Komunikasi
Memungkinkan kerjasama antar orang-orang yang saling berjauhan melalui jaringan komputer. Baik untuk bertukar data maupun berkomunikasi.

6. Akses Informasi Luas
Dapat Mengakses dan mendapatkan Informasi Dari Jarak Jauh

7. Komunikasi Orang-Keorang
Digunakan untuk berkomunikasi dari satu orang ke orang yang lain

8. Real Time
Jaringan komputer yang memudahkan penggunanya untuk saling berkomunikasi secara langsung dan cepat.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon