Sunday, September 24, 2017

10 Etika Berkomunikasi Di Internet (Chatting)

Tags

Etika Berkomunikasi Di Internet (Chatting) - Internet adalah sebuah jalur penghubung antara manusia satu dengan manusia lainnya untuk bisa berkomunikasi dimanapun dan kapanpun. Berbicara soal internet, semua orang pasti sudah mengenalnya. Sebuah media komunikasi terbesar yang mampu menghubungkan seluruh manusia yang ada di dunia dan juga saling berinteraksi.

Berinteraksi melalui internet adalah hal yang mudah dan praktis, sehingga kita bisa dengan cepat mendapatkan sebuah kabar, informasi, ataupun kabar terbaru dari orang terdekat maupun orang-orang yang ada diseluruh dunia.


Tetapi, agar komunikasi yang terjalin dengan baik. Maka kita harus mengetahui batasan-batasan kita atau etika berkomunikasi kita dengan orang lain melalui internet. Karena jika kita melakukan kesalahan sedikit saja dan menimbulkan permasalahan, hal ini bisa memasukan kita kedalam jalur hukum, kejalur pertengkaran, kejalur negatif yang seharusnya tidak terjadi.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika berkomunikasi di internet, kita harus memahami terlebih dahulu tentang etika berkomunikasi di internet. Berikut adalah etika berkomunikasi yang baik di internet,

1. Gunakan Bahasa Yang Sopan
Kata-kata yang kasar dan kurang sopan akan membawa dampak yang buruk terhadap diri kita dan nantinya kita akan dianggap jelek oleh orang lain. Sebisa mungkin, gunakan bahasa yang halus dan sopan untuk menghindari orang yang sedang kita ajak berkomunikasi.

2. Jangan Menggunakan Huruf Besar
Gunakan huruf kapital atau lebih baik gunakan huruf kecil semua. Karena jika menggunakan huruf besar semuanya, maka akan terlihat seakan kita sedang marah, membentak dan berteriak. Hal ini biasanya tidak disukai oleh beberapa orang.

3. Jangan Mengirimkan Spam Atau Kalimat Yang Tidak Penting Secara Terus Menerus
Kegiatan SPAM akan sangat mengganggu seseorang, karena yang dikirimkan adalah sesuatu yang tidak penting dengan jumlah yang banyak. Biasakan memberikan jeda setiap kali kita mengirimkan informasi atau suatu hal kepada seseorang.

4. Hindari Pertengkaran Atau Perdebatan
Kita chatting untuk mencari teman, bukan untuk mencari lawan. Usahakan bersabar dan jangan mudah terpancing. Lebih baik meninggalkan pembicaraan jika suasananya sudah tidak baik lagi.

5. Menolak Pembicaraan Yang Tidak Di Inginkan
Jika orang lain mengajak kita berbicara tentang topik yang kita tidak suka (misalnya seks, politik dan sebagainya), tolaklah dengan cara yang halus.

6. Bersabar
Jika kita mendapatkan kalimat yang kurang baik dari seseorang, sebaiknya kita tidak perlu melayaninya dengan kalimat yang kasar juga. Lebih baik biarkan dan acuhkan saja, dari pada menimbulkan masalah.

7. Jaga Rahasia Pribadi
Jangan pernah memberikan informasi pribadi seperti nomor telepon, alamat rumah dan lainnya kepada orang yang belum kita kenal. Kecuali jika kita telah yakin dan percaya dengan orang tersebut, bahwa orang yang kita berikan data pribadi kita tidak akan menggunakannya untuk hal negatif.

8. Jangan Pernah Menggunakan Nama Asli Sebagai Nickname (Nama Panggilan)
Hal ini untuk menghindari dari niat jahat seseorang yang belum kita kenal lebih jauh. Gunakan nama samaran untuk perkenalan.

9. Jangan Pernah Berjanji Untuk Bertemu Seseorang Yang Belum Kita Kenal
Jangan pernah berjanji untuk bertemu dengan seseorang se-kota atau di luar kota dengan kita jika kita belum benar-benar mengenalnya. Karena dalam beberapa kasus, bertemu dengan orang yang tidak dikenal sering kali dijadikan tindakan kriminal atau kejahatan. Seperti perampokan, pemerkosaan, penculikan dan lainnya.

10. Jangan Mudah Percaya Dengan Orang Asing
Kebanyakan orang akan mudah percaya dengan orang yang baru saja dikenal, tanpa mengetahui atau mengenal identitasnya secara benar dan lengkap. Hal ini yang biasanya dijadikan sebagai tindak kriminal yang berujung dengan pertemuan lalu dilanjutkan dengan tindak kejahatan.

Nah, itulah 10 Etika Berkomunikasi Di Internet (Chatting), Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan ilmu agar semakin luas mengenai internet.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon