Saturday, September 23, 2017

10 Manfaat Laptop Dalam Dunia Pendidikan Dan Pelajar

Tags


10 Manfaat Laptop Dalam Dunia Pendidikan Dan Pelajar -
kegunaan laptop bagi siswa adalah 
adalah media pendukung untuk pembelajaran, karena segala aktifitas pembelajaran bisa sedikit dibantu oleh adanya laptop. Selain menulis, belajar seringkali juga diwajibkan untuk bisa memahami materi-materi yang diberikan secara luas dari berbagai sumber yang ada di internet.

Selain itu, Manfaat laptop dalam kehidupan sehari-hari juga sering kali dibutuhkan untuk hiburan atau menyelesaikan tugas-tugas. Misalkan untuk mendengarkan lagu, film kesukaan, bermain game dan tugas-tugas seperti membuat makalah.

Kegunaan laptop pada masa sekarang sangatlah penting, karena Dengan adanya Laptop, bisa menjadi bahan untuk memperluas ilmu dan materi yang bisa didapat. Misalkan sekolah kejuruan komputer yang memberikan materi saja, dengan adanya laptop kita bisa langsung mempelajarinya. Seperti editing, desain, mengetik dan lainnya.

Pengertian dan fungsi laptop secara umum adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia, agar pekerjaannya cepat terselesaikan dengan sangat baik. Untuk itu, perlu kita ketahui beberapa manfaat media Laptop untuk pelajar dalam dunia pendidikan. Agar pelajar bisa lebih mendapatkan ilmu dan cepat dalam memahami materi pendidikan.


Berikut adalah manfaat Laptop dalam dunia pendidikan dan pelajar :

1. Sebagai Media Persentasi
Dalam dunia pembelajaran, kegiatan persentasi akan selalu ada. Dengan adanya kegiatan persentasi, diharapkan semua murid mampu menganalisa pelajaran yang telah diberikan lalu menyampaikannya dengan baik.

Dalam era globalisasi dan perkembangan zaman yang telah pesat ini, sebuah laptop mampu membantu kegiatan sekolah para pelajar. Tujuannya adalah untuk lebih cepat memahami dan mempermudah dalam pengerjaan tugas. Selain itu, pelajar juga sekaligus bisa memahami cara menggunakan laptop dengan baik sebagai media pembelajaran.

2. Sebagai Media Cetak Dan Pembuatan Makalah
Sama halnya dengan Media Persentasi, pelajar sering kali mendapatkan tugas untuk membuat suatu makalah. Dalam hal ini pelajar di tuntut untuk bisa meringkas suatu materi pelajaran yang penting, dan menjadikannya sebagai bahan materi yang lebih ringkas.

Dengan adanya laptop, pelajar tidak perlu menghabiskan uang berjam-jam di warung internet(Warnet). Pelajar cukup mengetik makalah dirumah dan jika telah selesai, barulah pelajar keluar rumah untuk melakukan pencetakan tugas (Jika tidak memiliki perangkat Printer).

3. Sebagai Media Hiburan
Laptop merupakan perangkat yang cukup lengkap untuk digunakan selain pada pembelajaran saja. Jika pelajar terkadang jenuh dengan tugas-tugasnya, Laptop yang dimiliki sudah mampu menghibur para pelajar yang jenuh dengan pelajaran. Misalkan bermain game, mendengarkan musik atau sekedar menonton film kesukaan.

4. Sebagai Media Informasi
Dalam media pembelajaran, sering kali para pelajar diberi tugas oleh pihak sekolah untuk memahami suatu materi. Materi yang sudah dipahami nanti, akan dibahas bersama-sama esok harinya. Laptop sangat berguna sekali digunakan untuk mencari berbagai informasi mengenai materi-materi pembelajaran.

5. Mengerti Apa Itu Teknologi Informasi
Dengan adanya Laptop, pelajar bisa terus belajar apa yang ingin mereka pahami. Hal ini membuat mereka terbiasa dengan cara pengoperasian suatu teknologi dan membuat mereka paham mengenai teknologi.

Laptop merupakan suatu teknologi. Dari sebuah Laptop, Pelajar bisa mempelajari cara mengetik, cara membuat persentasi, cara editing video, cara desain dan hal lainnya. Sehingga pelajar memiliki skill tertentu yang disukainya.

Dan karena Laptop, pelajar memiliki rasa penasaran untuk mengetahui informasi-informasi mengenai teknologi lainnya. Hal-hal terupdate lainnya bisa di dapatkan oleh pelajar. Sehingga pelajar bisa mengerti tentang Teknologi Informasi.

6. Sebagai Media Penyimpanan Modul Materi
Laptop sering kali digunakan untuk menyimpan kumpulan data-data mengenai media pembelajaran dalam pendidikan, yang nantinya data-data tersebut bisa lebih mudah disimpan dan digunakan kembali sebagai media sharing atau informasi kepada pelajar, siswa, mahasiswa dan lainnya.

7. Fungsi Laptop Sebagai Alat Komunikasi
Untuk bisa berkomunikasi menggunakan laptop, tentunya kita harus terhubung terlebih dahulu dengan internet. Dengan adanya internet, kita bisa saling berkomunikasi. Misalkan chatting, video call, mengirim email dan lainnya.

8. Sebagai Media Belajar
Selain digunakan untuk persentasi dan pemberian materi saja, Laptop bisa digunakan untuk belajar. Banyak sekali cara belajar yang bisa digunakan dengan laptop. Misalnya, pengenalan Laptop kepada pelajar yang belum mengetahui apa itu laptop. Belajar dengan menggunakan berbagai game dan aplikasi yang menyenangkan dan lainnya.

9. Sebagai Penyemangat Untuk Pelajar
Biasanya jika belajar dengan metode teknologi, pelajar lebih mudah terpancing semangatnya untuk mengenal sebuah teknologi maupun informasi yang diberikan. Sehingga, jika pelajar memiliki laptop. Setidaknya mereka akan bersemangat dalam mengerjakan tugas-tugasnya dan bisa mendidik mereka agar mampu bekerja dalam kelompok bila memiliki tugas yang mengharuskan saling bekerja sama.

10. Menyalurkan Bakat Untuk Kesukesan
Tidak banyak orang yang menganggap Laptop atau media teknologi memiliki manfaat yang positif, ada saja yang menganggap bahwa media teknologi seperti laptop sangatlah berdampak negatif. Padahal, degan adanya laptop. Pelajar bisa mengenal apa itu teknologi, memahaminya, mencari informasinya dan akhirnya mencobanya. Yang akhirnya pelajar tersebut memiliki jati dirinya dan memiliki pandangan untuk kedepannya.

Biasanya laptop digunakan untuk mengasah skill atau kemampuan Editing, Design, Gaming dan bahkan coding. Sehingga kemampuan ini bisa membuat pelajar menjadi seseorang yang sukses dan berbakat. Misalkan menjadi seorang Konten Creator, Film Maker, Design Professional, Programmer dan lainnya.

Mungkin hanya itu pembahasan mengenai 10 Manfaat Laptop Untuk Pelajar Dalam Dunia Pendidikan. Meskipun sangat banyak sekali manfaat yang bisa di dapatkan dengan adanya teknologi Laptop. Tentunya teknologi informasi itu sendiri memiliki hal-hal negatif lainnya, tergantung dari pemakai laptop itu sendiri dan pengawasan orang tua terhadap anak yang memiliki laptop. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon