Saturday, September 23, 2017

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Peer To Peer, Lengkap!

Tags

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Peer To Peer, Lengkap! - Jaringan Peer To Peer adalah sebuah jaringan yang memiliki kedudukan yang sama antar komputer server dan client. Sehingga komputer server bisa menjadi komputer client dan komputer client bisa menjadi komputer server.

Bila ditinjau dari peran server pada jaringan client-server, maka server di jaringan tipe Peer To Peer di istilahkan Non-Dedicated Server. Karena server pada jaringan Peer To Peer tidak berperan sebagai server murni, melainkan sekaligus dapat berperan sebagai workstation(Client).



Berikut adalah kelebihan dan kekurangan jaringan peer to peer :

Keunggulan Jaringan Peer To Peer Adalah Sebagai Berikut :

1. Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi-pakai fasilitas yang di milikinya. Seperti: hardisk, drive, fax/modem dan printer.

2. Biaya operasional relatif lebih murah di bandingkan dengan tipe jaringan clien-server. Salah satunya karena tidak memerlukan adanya server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan.

3. Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server. Sehingga bila satu komputer/peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.

4. Hemat biaya, karena jaringan peer to peer akan tetap berjalan meskipun tidak adanya server. Hal ini membuat kita sedikit menghemat uang untuk membeli sebuah komputer khusus server dengan spesifikasi yang tinggi.

5. Pengiriman file dan data sangat cepat, hal ini karena komputer bisa langsung meminta file atau menerima file dari komputer lainnya secara langsung tanpa melalui perantara.

6. Pembangunan jaringan yang relatif murah

7. Tidak membutuhkan administrator network yang handal

8. Tidak membutuhkan software yang dikhususkan untuk server, seperti software NOS (Network Operating System).


Kelemahan Jaringan Peer To Peer Adalah Sebagai Berikut :

1. Troubleshooting jaringan relatif lebih sulit, karena pada jaringan tipe peer to peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada.

2. Performa proses kerja lebih rendah, karena setiap komputer harus mengerjakan atau mengelola aplikasi sendiri dan juga harus mengelola pemakaian fasilitas jaringan secara bersamaan.

3. Sistem keamanan jaringan hanya diatur oleh masing-masing pengguna komputer dengan masing-masing fasilitas yang dimiliki.

4.  Karena tidak membutuhkan server, maka harus melakukan backup oleh masing-masing komputer tersebut. Hal ini disebabkan karena data yang tersebar di masing-masing komputer.

5. Sistem keamanan yang kurang pada jaringan peer to peer.

6. Tidak cocok digunakan untuk jaringan dalam sekala besar karena akan mengakibatkan tidak terkontrolnya jaringan.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Peer To Peer, Lengkap!. Artikel ini diambil dari buku pelajaran dan disebarkan kembali untuk kepentingan pengetahuan, kepentingan informasi dan kepentingan luasnya wawasan mengenai jaringan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. 

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon