Saturday, September 23, 2017

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Client Server, Lengkap!

Tags

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Client Server, Lengkap! - Jaringan Client Server adalah sebuah jaringan yang menghubungkan beberapa komputer yang memiliki tugas untuk memfasilitasi data dan meminta data yang harus terhubung kedalam jaringan yang sama. Dengan demikian, Ada 2 jenis komputer yang digunakan pada jaringan Client Server ini. Yaitu komputer server dan komputer client.

Komputer Server adalah komputer yang bertugas melayani, memberikan hak akses, memberikan segala fasilitas yang dibutuhkan oleh komputer client. Sedangkan Komputer Client adalah komputer yang melakukan permintaan terhadap komputer server, entah itu meminta data, meminta hak akses data dan lain sebagainya.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan jaringan client server,

Keunggulan Jaringan Client Server Adalah Sebagai Berikut :

1. Kecepatan Akses Yang Tinggi
Jaringan Client Server memiliki kelebihan dalam hal kecepatan akses data yang tinggi, karena fasilitas jaringannya dikelola secara khusus oleh satu komputer, yaitu komputer server. Dengan hal ini, komputer server akan mengerjakan tugasnya yang sesuai dan tidak akan dibebani oleh tugas-tugas dari komputer client.

2. Memiliki Keamanan Dan Administrasi Jaringan Yang Sangat Baik
Pada jaringan Client Server, tentunya ada sebuah komputer yang menjadi pengelola atau sebagai administrator jaringan yang bertujuan untuk mengelola sistem keamanan jaringan dan mengelola administrasi.

3. Memiliki Sistem Backup Data Yang Sangat Baik
Karena pada jaringan Client Server ini, sistem backup datanya dilakukan secara terpusat oleh server, yang akan membackup seluruh data yang digunakan dalam jaringan. Selain membackup, server juga digunakan sebagai tempat penyimpanan data.

4. Bisa Dibentuk Menjadi Struktur Jaringan, Seperti Topologi.
Karena menggunakan server sebagai pusatnya, maka komputer client lainnya bisa dikembangkan menjadi rancangan jaringan yang memiliki struktur yang baik dalam hal pengolahan data, seperti halnya Topologi Jaringan.


Kelemahan Jaringan Client Server Adalah Sebagai Berikut :

1. Biaya operasional relatif lebih mahal.
2. Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server.
3. Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Client Server, Lengkap!. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan informasi baru mengenai jaringan komputer.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon