Saturday, September 23, 2017

Macam-Macam Jaringan Komputer Dan Internet, Lengkap!

Tags


Macam-Macam Jaringan Komputer Dan Internet, Lengkap! - Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Sehingga jaringan komputer dapat membentuk satu kesatuan untuk saling terhubung dan berkomunikasi antara satu komputer dengan komputer lainnya, menggunakan perangkat jaringan yang menghubungkannya.

Artikel Yang Terkait:
Berikut adalah macam-macam jaringan komputer dan internet :

A. Jaringan Komputer Berdasarkan Skala Luasnya Dan Jangkauan Wilayahnya

1. LAN (Local Area Network)
LAN adalah jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya dalam ukuran kecil yang terdapat dalam suatu gedung atau perkantoran. Komputer-komputer dihubungkan untuk membagi sumber daya yang terdapat di kantor tersebut. Komputer yang terhubung dalam suatu LAN umumnya hanya berjarak beberapa kilometer saja, bahkan kebanyakan LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang terdapat dalam satu gedung atau kampus.

2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan LAN dalam ukuran yang lebih besar, yang umumnya digunakan untuk menghubungkan komputer satu ke kantor lainnya yang letaknya berdekatan. Misalnya saja kantor-kantor pemerintahan yang terdapat dalam sebuah kota dapat dihubungkan dengan MAN. Hal ini dibuat untuk tujuan berbagi data antara satu instansi dengan instansi yang lain. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

3. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis, dapat juga mencakup negara atau benua.

4. Internet
Internet merupakan jaringan yang sangat besar dan dapat mencakup seluruh dunia. Orang yang terhubung ke internet berarti terhubung ke semua komputer yang ada di dunia yang juga terhubung ke internet. Dengan demikian, semua orang bisa saling berkomunikasi dan bertukar data.

5. Jaringan Tanpa Kabel (Wireless/Wi-Fi)
Disebut juga dengan jaringan nirkabel (Wireless Network) adalah jaringan komputer yang tidak membutuhkan kabel untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya.

Seiring dengan semakin tingginya mobilitas manusia, maka jaringan nirkabel merupakan solusi yang tepat. Karena kita dapat mengakses informasi dari mana saja tanpa harus tetap berada pada suatu tempat tertentu.



B. Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsi dan Cara Terhubungnya Dalam Pemprosesan Data

1. Jaringan Client-Server
Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain di dalam jaringan dan jaringan client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server.

Server di jaringan tipe client-server disebut dengan Dedicated Server karena murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation

2. Jaringan Peer To Peer
Jaringan Peer To Peer adalah sebuah jaringan yang memiliki kedudukan yang sama. Baik itu komputer server ataupun komputer client. Jadi, komputer server bisa menjadi komputer client dan komputer client bisa menjadi komputer server.

Bila ditinjau dari peran server di kedua tipe jaringan tersebut, maka server di jaringan tipe Peer To Peer di istilahkan Non-Dedicated Server. Karena server tidak berperan sebagai server murni melainkan sekaligus dapat berperan sebagai workstation(Client)



C. Jaringan Komputer Berdasarkan Cara Terhubung dan Media Transmisi Data Yang Digunakan

1. Jaringan Kabel (Wired Network)
Jaringan Kabel adalah jaringan komputer yang dihubungkan dengan menggunakan kabel. Misalkan kabel UTP, Coaxial dan Fiber Optic.

2. Jaringan Tanpa Kabel (Wireless)
Jaringan Tanpa Kabel adalah jaringan yang tidak menggunakan kabel untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. Jaringan tanpa kabel ini biasa disebut juga dengan nirkabel atau wireless network.



D. Jaringan Komputer Berdasarkan Sumber Data Yang Diperoleh

1. Jaringan Terpusat
Sistem terpusat (centralisasi) adalah sistem yang menempatkan seluruh data dan program yang diolah diletakan dipusat komputer (server). Sedangkan komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi atau data yang berasal dari komputer server. 

Sistem terpusat ini juga dikenal dengan istilah Dumb Terminal, dimana pada terminal atau workstation yang ada hanya keyboard dan monitor. Dimana terminal ini tidak memiliki alat pemroses data.

2. Jaringan Terdistribusi
Jaringan Terdistribusi adalah gabungan dari beberapa jaringan terpusat yang memungkinkan komputer server dan komputer client saling terhubung sehingga akan menciptakan suatu sistem jaringan baru seperti Topologi.

Atau sederhananya adalah jaringan Terdistribusi adalah beberapa komputer induk yang terhubung dengan berbagai terminal.



E. Jaringan Komputer Berdasarkan Bentuk Jaringannya (Macam-Macam Topologi Jaringan)

1. Topologi Bus
Topologi bus merupakan sebuah rancangan jaringan yang menggunakan media transmisi berupa kabel tunggal untuk menghubungkan antara client dan server. Topologi yang banyak digunakan di awal penggunaan jaringan komputer adalah topologi bus, karena topologi bus merupakan topologi paling sederhana dari topologi lainnya.

2. Topologi Ring
Topologi Ring atau Cincin adalah seluruh komputer dalam jaringan yang terhubung pada sebuah jalur data yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya secara sambung-menyambung. Sehingga menyerupai atau membentuk sebuah cincin atau lingkaran.

3. Topologi Star
Topologi Star adalah sebuah rancangan jaringan untuk beberapa komputer agar bisa berkomunikasi langsung melalui hub. Data yang dikirim akan terlebih dahulu dikirim melalui hub dan kemudian akan diteruskan ke komputer lain.

4. Topologi Mesh
Topologi Mesh merupakan implementasi suatu jaringan komputer yang menghubungkan seluruh komputer secara langsung. Jadi, beberapa komputer yang ada bisa langsung terhubung dengan komputer lainnya yang ada di dalam jaringan.

5. Topologi Tree (Topologi Pohon)
Pada jaringan pohon, terdapat beberapa tingkatan simpul (node). Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu.



Nah, mungkin hanya itu yang bisa disampaikan mengenai Macam-Macam Jaringan Komputer Dan Internet, Lengkap!. Semoga apa yang sudah disampaikan bisa bermanfaat untuk menambah wawasan dan informasi mengenai jaringan komputer.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon