Saturday, September 30, 2017

Susunan Warna Kabel Straight Dan Cross Yang Benar

Tags

Susunan Urutan Warna Kabel UTP Straight Dan Cross Yang Benar - Untuk kita yang telah mengenal jaringan komputer, pasti sudah tau apa sih kabel jaringan Straight dan Cross itu. Mari kita jelaskan susunan warna kabel straight dan cross standar internasional beserta fungsinya secara ringkas.


Pengertian Kabel Jaringan Komputer
Kabel jaringan komputer adalah sebuah kabel yang berfungsi untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya yang saling terhubung dan saling berbagi sumber daya. Misalnya saling berbagi data, file ataupun berbagi penggunaan perangkat keras seperti printer.

Kabel jaringan ini bersifat local, yang artinya hanya mencakup area tertentu yang terjangkau dengan kabel jaringan tersebut. Misalkan area kantor, pemerintahan, lab komputer dan lainnya.

Kabel jaringan ini memiliki beberapa jenis, diantaranya kabel coaxial, kabel fiber optic dan UTP. Yang sama-sama memiliki manfaat, fungsi dan kegunaan yang sama. Hanya saja dibedakan berdasarkan tipenya, yaitu Straight dan Cross.

lalu, apasih fungsi dan perbedaan kabel straight dan cross? berikut adalah fungsi, kegunaan dan perbedaan antara kabel Staright dan Cross.

Pengertian Kabel Straight
Kabel Stright adalah kabel jaringan yang berfungsi sebagai penghubung antara 2 perangkat yang berbeda. Misalkan komputer dengan hub, komputer dengan router, menghubungkan hub ke router, dan lain sebagainya.

Tipe Kabel Stright ini bersifat lurus atau kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama, antara ujung satu dengan ujung lainnya.

Pengertian Kabel Cross
Kabel Cross adalah kabel jaringan yang berfungsi sebagai penghubung antara perangkat yang sama. Misalkan komputer dengan komputer, hub dengan hub, komputer dengan router dan lain sebagainya.

Tipe Kabel Cross ini bersifat menyilang dan tidak lurus seperti pada kabel Stright saat pemasangannya.



Susunan Urutan Kabel Straight :
  1. Putih-orange
  2. Orange
  3. Putih-hijau
  4. Biru
  5. Putih-biru
  6. Hijau
  7. Putih-coklat
  8. Coklat

Pada kabel Straight, ujung satu dan ujung keduanya sama

Hasil pengujian kabel straight yang benar dengan LAN tester adalah lampunya menyala secara mengurut dari nomor 1 sampai nomor 8 sesuai dengan urutan warna kabel yang terpasang pada RJ45.


Susunan Urutan Kabel Cross :

Ujung pertama pada kabel Cross adalah sama dengan kabel Straight
  1. Putih-orange
  2. Orange
  3. Putih-hijau
  4. Biru
  5. Putih-biru
  6. Hijau
  7. Putih-coklat
  8. Coklat
Dan Ujung keduanya adalah menyilang, seperti berikut ini :
  1. Putih-hijau
  2. Hijauh
  3. Putih-orange
  4. Biru
  5. Putih-biru
  6. Orange
  7. Putih-coklat
  8. Coklat
Sehingga hasilnya akan menjadi seperti gambar berikut ini:


Nah, itulah Susunan Warna Kabel Straight Dan Cross Yang Benar, cara membuat kabel straight, perbedaan kabel cross dan straight, warna kabel cross dan straight, hasil pengujian kabel straight yang benar dengan lan tester. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan informasi pengenai pengkabelan pada jaringan komputer.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon