Wednesday, November 15, 2017

Perbedaan Save Dan Save As Pada Microsoft Office

Perbedaan Save Dan Save As Pada Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Powerpoint, Dan Program Lainnya - Ketika kita membuat sebuah dokumen pada program Microsoft Office, Kita diwajibkan untuk melakukan penyimpanan file atau dokumen untuk mencegah dari kehilangan data.

Ketika kita ingin menyimpan file atau dokumen, biasanya kita akan dipertemukan dengan perintah "Save" dan Save As". Untuk beberapa orang, perintah ini sangat membingungkan. Oleh karena itu, disini saya akan menjelaskannya.

Perbedaan Save Dan Save As Pada Microsoft Office

Bukan hanya pada Microsoft Office, terkadang pada program lainnya kita akan menemukan perintah "Save" dan Save As". Yang sebenarnya memiliki fungsi yang sama.

Berikut Adalah Perbedaan Dan Persamaan Perintah "Save" Dan "Save As" :

Persamaan :
Perintah "Save" dan "Save As" sama-sama digunakan untuk menyimpan dokumen yang baru saja dibuat maupun menyimpan dokumen yang baru saja di rubah.

Perbedaan :
Save = Digunakan untuk menyimpan dokumen atau dokumen yang sebelumnya sudah ada yang baru dirubah ataupun dibuka kembali dengan nama dokumen dan lokasi penyimpanan yang sama.

Save As = Digunakan untuk menyimpan file yang sebelumnya sudah ada dalam bentuk dokumen baru, nama baru dan lokasi penyimpanan yang baru. Atau bisa dibilang Save As itu membuat duplikat dokumen dari yang sudah ada.


Contoh Penggunaan :
Save = Misalkan saya sudah mempunyai dokumen yang pernah saya buat sebelumnya dengan nama "Dataku" dan lokasi penyimpanan berada di data D:. Lalu saya ingin mengedit sedikit isi dari dokumen saya. Setelah selesai mengedit isi dokumen, saya berniat untuk tetap menyimpannya dengan nama yang sama dan lokasi penyimpanan dokumen yang sama.

Save As = Misalkan saya sudah mempunyai dokumen yang pernah saya buat sebelumnya dengan nama "Dataku". Lalu saya ingin mengedit sedikit isi dari dokumen saya dan membuatnya menjadi 2 dokumen untuk mencegah hilangnya dokumen utama dengan nama yang berbeda dan lokasi penyimpanan yang berbeda. Maka saya menggunakan perintah "Save As". Lalu dokumen yang sudah saya edit sebelumnya saya beri nama "Dataku Backup" dan menyimpannya di lokasi penyimpanan data E:.

Nah, itulah Perbedaan Save Dan Save As Pada Microsoft Office dan Program Lainnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon