Friday, December 1, 2017

Perbedaan Copy Dan Cut Pada Komputer

Tags

Perbedaan Perintah Copy Dan Cut Pada Komputer - Ketika kita menggunakan komputer, pasti kita akan menemukan data yang sangat banyak dan penempatannya tidak beraturan. Untuk itu, dikenalkanlah sebuah perintah yang bernama "Copy" dan "Cut"

Mengenal yang namanya perintah "Copy" dan "Cut", sebenarnya memiliki fungsi yang sama saja. Meskipun memiliki fungsi yang sama, tetapi perintah "Cut" dan "Copy" sangatlah berbeda. Untuk itu, mari kita sama-sama belajar dan memahami perbedaannya. 



Perbedaan Antara Perintah "Copy" dan "Cut" :

COPY
Copy adalah perintah pada komputer untuk menduplikat/menggandakan sebuah file atau teks yang dipilih dan kemudian menempatkannya pada posisi atau lokasi lain tanpa menghilangkan file atau teks sebelumnya yang sudah ada. 

CUT
Cut adalah perintah pada komputer untuk memotong sebuah file atau teks yang dipilih dan kemudian memindahkannya pada posisi atau lokasi lain. Tetapi, file sebelumnya yang sudah kita potong akan menghilang dan berpindah pada tempat yang baru

Agar lebih paham lagi, mari kita bedah kembali perbedaan antara "Copy" dan "Cut" menurut fungsi dan kegunaannya.

Fungsi Dan Kegunaan Perintah "Copy" dan "Cut" :

Copy = Menduplikat atau Menyalin atau Menggandakan atau Memindahkan file dan teks tanpa menghapus file dan teks yang sudah dipilih. File bisa berupa lagu, video, teks dan lainnya.

Cut = Memotong/Memindahkan file atau teks yang sudah dipilih tanpa membuat salinannya. File bisa berupa lagu, video, teks dan lainnya.


Contoh Penggunaannya :

1. COPY
Saya memiliki sebuah file dengan nama "Data1" yang berada di sebuah folder yang bernama "Tugas1". Lalu saya ingin menyalin file yang bernama "Data1" kedalam folder baru yang bernama "Tugas2" dengan perintah "Copy".

Maka file dengan nama "Data1" berjumlah 2 buah file pada folder yang berbeda. Yaitu berada pada folder dengan nama "Tugas1" dan "Tugas2". dan hasilnya tidak ada data yang terhapus saat memindahkannya, yang terjadi hanya membuat file tersebut menjadi 2 buah file.

2. CUT
Saya memiliki sebuah file dengan nama "Dataku1" yang berada di sebuah folder yang bernama "Tugasku1". Lalu saya ingin memindahkan file yang bernama "Dataku1" kedalam folder baru yang bernama "Tugasku2" dengan perintah "Cut".

Maka file dengan nama "Dataku1" pada folder "Tugasku1" sekarang berpindah tempat atau lokasi penyimpanannya ke folder baru yang bernama "Tugasku2". Dan sekarang file pada folder "Tugasku1" telah menghilang, karena sudah dipindahkan pada folder baru yang bernama "Tugasku2". Otomatis, ketika ingin membuka file "Dataku1", lokasi file tersebut berada di folder baru dengan nama "Tugasku2".

KESIMPULAN:
Copy = Menyalin (Menduplikat)
Cut = Memindahkan (Memotong)

Nah, sampai sini sudah paham? Saya rasa sih sudah ya karena saya menjelaskannya sudah sangat detail dan sesederhana mungkin. Tapi, jika masih bingung silahkan berkomentar saja agar bisa dibantu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~
EmoticonEmoticon