10 Cara Berkomunikasi Yang Baik Dan Benar

Cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain merupakan hal yang sangat penting, karena berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari memanglah sangat penting untuk menjalin suatu hubungan.

Dalam berkomunikasi, tentunya kita memiliki lawan bicara untuk melakukan timbal balik mengenai suatu percakapan.

Kita tidak pernah tau seperti apa lawan bicara kita menanggapi dan menerimanya, maka dari itu penting sekali berhati-hati dalam berbicara.

Kita harus bisa mengucapkan kalimat dengan benar dan tepat, jangan sampai bertele-tele sampai membuat lawan bicara bingung atau sampai membuatnya sakit hati.

Berbicara dengan teman seperti apa, dengan orang tua harus bagaimana dan dengan wanita atau pacar sendiri harus seperti apa. Kita harus mengutamakan etika berbicara.

Karena sedekat apapun kita dengan seseorang, berbicara menjadi salah satu penentu hubungan itu tetap ada dan sebuah cara untuk menunjukan kualitas diri kita seperti apa melalui sebuah pembicaraan.

Nah maka dari itu, penting sekali memahami etika berkomunikasi dan berbicara yang baik, sopan dan benar seperti cara berikut ini.

Baca Juga: Cara Membuat Mantan Menyesal Seumur Hidup

10 Cara Berkomunikasi Yang Baik Dan Benar

1. Bertatapan Dengan Lawan Bicara

Untuk orang yang pemalu, terkadang bertatapan saat berbicara merupakan hal yang sangat sulit. Sesekali, orang pemalu akan sering menundukan kepala atau menatap sesuatu yang lain selain lawan bicara kita.

Hal itu sangat kurang sopan karena lawan bicara kita akan mengangap bahwa apa yang disampaikannya kurang menarik sehingga membuat dirinya minder dan kurang percaya diri ketika berbicara dengan orang lain lagi.

Jangan sesekali menundukan kepala disaat sedang terjadinya komunikasi, jangan berpaling wajah atau hal lainnya. Karena mungkin lawan bicara kita akan menganggap apakah mulut dia bau, kita dianggap tidak menghargainya dan sebagainya, sehingga menyebabkan sebuah konflik dihati dan pikiran lawan bicara kita yang menghasilkan anggapan bahwa kita “Sombong”.

2. Memperhatikan Lawan Bicara

Ketika ada orang lain sedang berbicara namun tidak kita perhatikan, tentu hal itu akan membuatnya kesal. Entah kita sedang berbicara dengan teman, guru ataupun dosen.

Orang yang tidak diperhatikan ketika berbicara biasanya akan sangat kesal karena merasa sia-sia.

Tapi ketika kita memperhatikan apa yang dibicarakan oleh lawan bicara kita, itu akan membuatnya merasa dihargai dan menganggap bahwa kita adalah orang baik karena sudah mau mendengarkan apa yang dibicarakan lawan bicara kita.

Karena kalo kamu mau dihargai, ya hargai juga orang lain. Sederhananya sih gitu.

3. Rileks

Ketika berbicara, ada beberapa orang yang tidak beraturan ketika menyampaikan sesuatu. Hal tersebut akan membuat lawan bicara kita menjadi kebingungan dan sedikit kesal karena kita tidak berbicara dengan benar.

Berbicaralah perlahan, tarik nafas sebelum berbicara dan komunikasikan dengan santai tanpa adanya beban sehingga menciptakan komunikasi yang baik.

4. Mengurangi Perkataan Kasar Dengan Lawan Bicara

Semua hal yang kita lakukan selalu memiliki etika, salah satunya adalah etika berbicara dan berkomunikasi. Sering kali kita sedang berkumpul dengan teman dekat dan karena kita merasa sudah dekat sekali dengan teman kita, kita menjadi seenaknya berkata kasar.

Padahal, perkataan kasar tidak di perbolehkan sekalipun sahabat sendiri. Karena kita tidak pernah tau apakah lawan bicara kita akan sakit hati dengan kita. Berawal dari sakit hati, bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. Jadi, berpikir sedikit sebelum berbicara.

5. Mengganti Topik Pembicaraan

Mengganti topik pembicaraan dalam berkomunikasi sangatlah penting, hal ini dilakukan untuk mencairkan suasana dalam berkomunikasi.

Misalkan dalam berbicara dengan lawan jenis, kita memiliki pendapat yang berlawanan dengan lawan bicara kita, sehingga nantinya akan menciptakan perdebatan dan kondisi yang canggung.

Nah, jika seperti itu kita harus pintar mencari topik pembicaraan agar tidak semakin memburuk nantinya.

Mengganti topik pembicaraan juga dapat mengatasi rasa bosan ketika berkomunikasi agar kita mendapatkan suasana komunikasi yang baik. Kan ga lucu dong kalo kita masih mau ngobrol sama seseorang tapi kehabisan topik pembicaraan? usahakan topik apapun yang menarik, dibahas saja.

Misalkan sama gebetan atau pacar nih, masih mau ngobrol tapi bahan pembicaraannya habis, gaak ada atau mulai garing. Nah, buruan deh cari pembahasan apapun supaya pembicaraan gak cepat berakhir.

6. Jangan Memotong Pembicaraan Lawan Bicara

Salah satu prilaku yang tidak sopan dalam berkomunikasi yaitu memotong pembicaraan orang lain. Pasti akan sangat mengganggu jika kita sendiri sedang berbicara tetapi ada orang yang memotong pembicaraan kita.

Terlebih lagi jika hal yang ingin disampaikan adalah hal penting, memotong pembicaraan orang lain akan membuat orang tersebut menjadi lupa apa yang ingin disampaikan dan juga tidak menghargai apa yang sedang dibicarakan.

7. Ramah

Siapapun orangnya, sebisa mungkin kita harus berbicara ramah. Kenal atau tidak, suka atau tidak, Ramah adalah salah satu sikap yang mencerminkan diri kita. Apakah diri kita baik atau buruk itu tergantung dari sikap kita.

8. Langsung Ke Intinya (To the Point)

Biasanya hal yang paling malas dalam berkomunikasi adalah adanya penyampaian yang bertele-tele atau berbicara dengan arah yang memutar-mutar tidak jelas. Sebisa mungkin sampaikan apa yang ingin disampaikan langsung dengan point-point yang penting dan sedikit penjelasan yang berhubungan dengan point-point tersebut.

9. Pikirkan Sebelum Berbicara

Berbicara bisa menjadi positif dan juga bisa menjadi negatif, tergantung dari sudut pandang mana orang lain menilainya. Selain dari sudut pandang, sebuah kalimat yang kita keluarkan akan sangat mempengaruhi seperti apa diri kita.

Jika kita berbicara tanpa berpikir, terkadang ada banyak hal negatif yang akan bermunculan. Seperti misalkan menjelelekan orang lain,terlalu banyak bicara atau berkata kasar.

Nah, kata-kata yang kita ucapkan itu akan membentuk kepribadian kita, siapa kita dan bagaimana orang lain menilai kita.

10. Mengakhiri Bicara Dengan Baik

Jika telah selesai berbicara, tidak mungkin kita langsung mengakhirinya begitu saja dan pergi. Cara terbaik untuk mengakhiri pembicaraan adalah dengan cara bersalaman, mengucapkan salam atau berpamitan jika ingin pergi.

Karena setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda, maka dari itu cara berkomunikasinya mungkin akan berbeda juga. Bagaimanapun cara berkomunikasinya, kita harus tetap menghargainya dengan cara memperhatikannya.

Leave a Reply