12 Macam Ancaman Pada Jaringan Komputer

Banyak sekali ancaman pada jaringan komputer yang tidak kita sadari ketika menggunakan komputer, entah pada saat mencari informasi di internet ataupun saat mengunduh file di internet.

Proses mencari informasi melalui mesin pencari seperti google, mengakses website, membuka email dan lain sebagainya adalah sebuah jalur lalu lintas data pada jaringan yang menghubungkan kita sebagai pengguna komputer dengan fasilitas yang ada di internet maupun dengan pengguna komputer lainnya.

Dari aktifitas penggunaan komputer yang kurang diperhatikan dan cenderung asal menggunakannya saja, membuka celah bagi ancaman yang ada di internet ini.

Jika serangan komputer kita mengenalnya dengan virus, di internet pun ada yang namanya virus atau bahkan lebih dari virus, yaitu kejahatan Cybercrime.

Cybercrime adalah kejahatan dalam dunia internet, dimana pelakunya memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan kejahatan dengan melakukan tindakan yang merugikan pengguna komputer.

Beberapa ada yang bertindak langsung dengan menggunakan jaringan internet, ada juga yang bertindak melalui virus.

Beberapa ancaman secara langsung melalui internet diantaranya ada Phising yang akan mendapatkan data akun kita dan DDOS yang akan membuat website kita down dengan cara membanjiri lalu lintas jaringan internet pada server web.

Untuk ancaman tidak langsung yang menggunakan virus adalah Ransomware, dimana ancaman ini akan mengunci dan mengubah data yang ada di komputer kita dan data kita tidak akan bisa selamat satupun kecuali membayarnya ke pembuat virus Ransomeware tersebut.

Maka dari itu, kejahatan selalu ada dimana-mana, dunia nyata maupun dunia maya, semua ada kejahatan di dalamnya. Untuk mengatasinya, Kita hanya perlu berhati-hati terhadap apa yang akan terjadi dengan kita saja.

Maka dari itu, penting sekali untuk kamu memahami macam-macam ancaman yang ada di internet sebagai edukasi dan juga agar lebih berhati-hati ketika menggunakan internet. Berikut adalah ulasannya.

12 Macam Ancaman Pada Jaringan Komputer

1. Bootnet

Bootnet adalah sebuah software atau bot yang menciptakan pasukan komputer yang sudah terinfeksi virus (Komputer Zombie) yang bisa dimanfaatkan oleh seorang penjahat cyber untuk melakukan serangan.

2. DDOS

DDOS merupakan serangan massive yang dilakukan menggunakan komputer zombie, untuk membanjiri trafik sebuah website atau server sehingga bisa membuat website atau server tersebut down dan tidak bisa diakses oleh pemiliknya maupun tidak bisa diakses oleh pengunjung.

3. Spam

Spam adalah sesuatu yang membuat kita resah, karena kita bisa menerima email dengan jumlah yang tidak masuk akal secara bersamaan, dan SPAM ini biasanya dibarengi oleh Phising yang didalamnya menawarkan sesuatu yang to-good-to-be-true.

4. Phising

Phising biasa digunakan oleh penjahat cyber untuk mengumpulkan informasi penting milik korbannya, seperti username dan password sebuah akun dengan berpura-pura sebagai pihak yang berwenang atas informasi tersebut. Biasanya Phising dilakukan lewat email, dan link website.

5. Spoofing

Spoofing merupakan sebuah teknik yang dilakukan untuk mengelabui korban untuk percaya bahwa website yang dia kunjungi atau email yang dia terima berasal dari sumber yang terpercaya, sehingga korban dengan mudahnya memberikan info kredensialnya.

6. Trojan Horse

Trojan Horse adalah sebuah virus yang biasanya berada di software-software bajakan yang kita download di internet. Pernah gak sih kita berfikir apa yang ada didalam software bajakan yang kita download?, Bisa saja berisi virus dan malware yang dapat merusak PC kita. Begitulah kira-kira Trojan Horse itu. Mungkin diluar terlihat seperti aplikasi biasa, tapi kita tidak tau apa yang ada didalamnya.

7. Spyware dan Adware

Spyware & Adware ini biasanya adalah salah satu kejutan yang terdapat didalam Trojan Horse.

Spyware sendiri dapat mengawasi kegiatan kita dan dapat mengambil data kita secara diam-diam.

Sedangkan Adware  dapat membuat PC kita dipenuhi iklan-iklan sampah (Iklan yang gak penting dan selalu muncul di komputer kita).

8. Deface

Deface adalah serangan dalam jaringan komputer yang akan merubah tampilan website dengan mengganti atau menyisipkan file pada server, hal ini dapat dilakukan karena adanya celah pada sistem keamanan dalam sebuah jaringan.

9. Packet Sniffer

Packet Sniffer adalah serangan yang akan menangkap data pada lalu lintas perjalanan antar komputer jaringan menggunakan sebuah perangkat atau program.

10. SQL injection

SQL injection adalah jenis serangan yang mengacu pada tindakan hacking yang nantinya akan mendapatkan akses ke database yang berbasis SQL.

11. Traffic Flooding

Traffic Flooding adalah serangan yang dilakukan terhadap keamanan jaringan dengan cara membanjiri lalu lintas jaringan dengan banyak data, sehingga lalu lintas jaringan yang datang dari pengguna yang terdaftar menjadi tidak dapat masuk ke dalam jaringan.

12. Request Flooding

Request Flooding adalah serangan yang dilakukan terhadap keamanan jaringan dengan cara membanjiri lalu lintas jaringan dengan banyak request yang disediakan oleh sebuah host, sehingga request yang datang dari pengguna terdaftar tidak dapat dilayani oleh layanan tersebut.

Itu dia ancaman yang ada dalam jaringan komputer dan sering kali digunakan yang akhirnya banyak orang yang dirugikan akibat tindak kejahatan dalam jaringan.

Semoga dengan adanya artikel mengenai ancaman dalam jaringan komputer ini bisa menambah wawasan kamu sekaligus bisa mengantisipasi jenis-jenis serangan dalam jaringan komputer.

Leave a Reply