2 Cara Mendapatkan Backlink Dari Instagram

Mendapatkan backlink dari instagram adalah salah satu dari sekian banyak cara untuk melakukan link building terhadap suatu blog atau website. Dimana backlink yang berkualitas, tidak harus mendapatkannya dengan cara membeli.

Kamu masih bisa mendapatkan backlink gratis dan berkualitas dengan memanfaatkan sosial media seperti instagram.

Instagram adalah sosial media yang biasa digunakan untuk memposting sebuah foto dan video, yang memungkinkan penggunanya saling berbagi melalui postingan maupun instagram stories (snapgram).

Berbeda dengan facebook dan twitter, instagram tidak bisa memposting sebuah status. Instagram hanya bisa memposting sebuah foto dan video.

Link Building Untuk Mendapatkan Backlink

Untuk mendapatkan backlink dari facebook atau twitter, kamu bisa menyisipkan link atau tautan url pada setiap postingan maupun pada profile. Sedangkan instagram, kamu hanya bisa memanfaatkan fitur profile dan swip up untuk menambahkan sebuah link.

Backlink dari instagram yang kamu dapatkan, masuk ke dalam kategori backlink profile dan tidak kalah bagusnya dengan backlink dari sebuah artikel yang telah disisipkan sebuah link.

Kamu tidak bisa menambahkan sebuah link pada postingan instagram, karena postingan hanya berlaku pada foto dan video saja. Meskipun tersedia caption untuk mendeskripsikan mengenai postingan tersebut, tetap saja tidak bisa digunakan untuk menambahkan link.

Jika kamu menambahkan sebuah link pada caption, link tersebut tidak akan menjadi link aktif dan tidak bisa menjadi sebuah backlink. Satu-satunya cara untuk mendapatkan backlink dari instagram adalah sebagai berikut.

1. Mendapatkan Backlink Dari Instagram Melalui “Swipe up”

“Swipe up” adalah fitur instagram stories (snapgram) yang membuat penggunanya bisa menyisipkan sebuah link atau tautan url. Pengguna lain yang melihat instagram stories kamu akan diarahkan ke halaman link yang kamu inginkan, misalkan halaman website atau channel youtube.

Fitur ini sangat efektif untuk mendongkrak trafik atau menambah pengunjung. Tapi sayangnya, untuk mendapatkan fitur ini terdapat syarat yang harus kamu penuhi. Yaitu memiliki 10.000 followers pada akun instagram kamu.

2. Mendapatkan Backlink Dari Profile Instagram

1. Buka dan login ke akun instagram kamu.

2. Masuk ke profile dan pilih edit profile.

Pilih Edit Profile

3. Pada kolom website, isikan url atau link blog kamu, setelah itu simpan profile dengan cara mengklik ceklis biru pada pojok kanan layar.

Masukan Link atau Tautan Url Blog atau Website

4. Url/linkĀ blog yang telah kamu pasang akan berubah menjadi link aktif, dari situlah kamu akan mendapatkan backlink dari instagram secara gratis.

Berhasil Menyisipkan Backlink Pada Instagram

Kesimpulan

Instagram sebenarnya tidak memberikan backlink langsung kecuali kamu menambahkan tautan situs web di bagian profil atau memanfaatkan fitur “swipe up” yang sedikit sulit diterapkan karena persyaratan khususnya.

Tetapi, apabila kamu bisa memanfaatkan kedua cara tersebut. Tidak hanya backlink yang bisa kamu dapatkan, melainkan pengunjung dari pengikut kamu.

Leave a Reply