Macam Macam Perangkat Input Device Pada Komputer


Macam-Macam Perangkat Input (Perangkat Masukan) Device Pada Komputer - Pengertian perangkat input device (prangkat masukan) adalah perangkat yang berfungsi untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Sehingga komputer dapat memproses setiap data yang dimasukan dan nantinya akan di keluarkan oleh perangkat Output. Seperti Monitor, Printer, Speaker, Dan Lain Sebagainya.

Selain perangkat input yang membantu kinerja komputer, ada juga perangkat lainnya seperti macam macam perangkat output, perangkat proses, perangkat keluaran, perangkat penyimpanan dan lainnya.

Perangkat input ini biasa digunakan untuk memasukan sebuah data, file atau kode-kode yang nantinya akan ditampilkan berupa sebuah informasi yang bisa kita lihat melalui media perangkat keluaran. Tidak hanya itu, perangkat input juga digunakan untuk menghubungkan antara perangkat keras dengan pengguna komputer (user).

Ada beberapa tentang perangkat input yang harus kita pahami, Yaitu apa aja jenis perangkat masukan, seperti apa fungsi perangkat masukan dan juga bagaimana kegunaan perangkat masukan tersebut.

Baca Juga:

Macam - Macam Perangkat Masukan Pada Komputer (Input Device):

1. Keyboard
Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.



2. Mouse
Mouse adalah sebuah perangkat masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor.



3. Joystick
Joystick adalah alat masukan yang digunakan untuk memasukan perintah untuk menggerakan permainan pada komputer.




4. Trackball
Trackball adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.


5. Lightpen
Lightpen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan men-desain gambar dengan screen(monitor)



6. Scanner
Scanner adalah alat input yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan mesin fotocopy. Dengan proses penggunaannya mengcopy data objek lalu dipindahkan kedalam memory komputer yang hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.



7. Barcode Reader
Barcode Reader adalah perangkat yang digunakan untuk membaca barcode data



8. Digitizer
Digitizer adalah perangkat masukan yang berfungsi untuk merubah perangkat atau data analog menjadi data digital


9. CD ROM / DVD ROM
CD ROM / DVD ROM adalah perangkat yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data CD atau DVD.



10. Flashdisk
Flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas ternetntu. Ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, sampai 32GB kapasitas penyimpanan.



11. Modem
Modem adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.



12. CD (Compact Disk)
CD (Compact Disk) adalah perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik yang terbuat dari bahan plastik.



13. Touchpad
Touchpad adalah sebuah alat penunjuk yang menampilkan sensor pada permukaan khusus yang dapat menterjemahkan gerakan dan jari-jari pengguna(user) ke posisi yang di inginkan pada layar monitor. Touchpad ini hanya dapat ditemukan pada laptop dan notebook dan cara kerjanya hampir sama dengan mouse.



14. WebCam
WebCam adalah sebutan bagi kamera real-time yang gambarnya bisa di akses atau dilihat melalui WWW (World Wide Web), program instant messaging atau aplikasi video call yang memasukan hasil data rekaman dan dibentuk dalam format digital.


15. Microphone
Microphone adalah perangkat keras keluaran yang dapat menangkap gelombang suara lalu merubahnya menjadi getaran listrik. Microphone ini memiliki fungsi untuk mengeluarkan suara atau menjadi media rekaman suara yang divisualkan melalui gelombang getaran suara.


16. Voice Recognition
Perangkat keras yang berguna untuk mengidentifikasi seseorang melalui suara.



17. Fingerprint
Fingerprint adalah perangkat yang digunakan untuk memasukan data pribadi berupa pengenalan sidik jari kepada sistem komputer yang nantinya akan disambungkan secara khusus mengenai informasi dari sidik jari tersebut. Bisa kita ambil contoh, Fingerprint ini biasa digunakan untuk absen pegawai. Ketika pegawai meletakan sidik jarinya, secara otomatis Fingerprint akan menginput data dari sidik jari tersebut yang diterjemahkan menjadi sebuah data informasi pribadi,





18. Card Reader
Card Reader adalah perangkat tambahan komputer yang berfungsi untuk membaca kartu memori handphone dan kartu memori lainnya seperti SD Card, Mini-SD, RS Card, MSD(Memory Stick Duo) Card dan lainnya yang akan dihubungkan kedalam sebuah port usb pada komputer atau laptop, untuk membaca isi atau data dari media penyimpanan Memori yang terpasang.


19. Floppy Disk (Disket)
Floppy Disk atau biasa dikenal dengan sebutan disket adalah media penyimpanan data yang berbentuk kepingan kotak dengan kapasitas yang sangat kecil, hanya sekitar 1,44 mb. Untuk teknologi yang sudah berkembang pesat seperti sekarang, media penyimpanan ini sudah tidak dipakai lagi untuk file atau data yang sangat besar, karena sudah ada harddisk atau flashdisk yang ukurannya cukup besar. Meskipun begitu, perangkat ini masih saja dipakai untuk keperluan penyimpanan data ringan.


Nah itu dia penjelasan artikel tentang macam macam output device, perangkat proses, 10 contoh output device, perangkat output dan fungsinyaperangkat penyimpanan, contoh proses device, perangkat keras proses, 25 perangkat input device. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel