Skip to main content

Macam-Macam Perangkat Peripheral Pada Komputer

Ketika menggunakan komputer, kita akan mengenal macam-macam perangkat tambahan komputer atau biasa dikenal perangkat peripheral yang akan kita gunakan nantinya. Pada artikel ini saya akan menjelaskan pengertian perangkat peripheral dan macam-macam perangkat peripheral beserta fungsinya, pengertiannya, jenisnya dan gambarnya secara lengkap.

Pengertian Perangkat Periferal adalah perangkat tambahan pada komputer yang saling terhubung untuk melakukan sebuah fungsi tambahan agar komputer bisa bekerja lebih baik.

Fungsi Perangkat Peripheral adalah sebagai alat pendukung pada kinerja atau sistem komputer yang berasal dari luar komputer. Dengan kata lain kita harus menambahkannya sendiri ke dalam komputer untuk mempermudah kita menjalankan sebuah komputer.



Perangkat Tambahan Komputer memiliki beberapa jenis yang sesuai dengan fungsinya. Yaitu, perangkat tambahan inputperangkat tambahan outputperangkat tambahan storage, dan perangkat tambahan proses.

5 perangkat peripheral seperti input/output yang paling berperan penting dalam kehidupan adalah Mouse, Keyboard, Monitor, Printer dan Scanner. Yang tentunya dibantu oleh Port USB dan PS/2 sebagai tempat untuk menancapkan kabel peripheral ke komputer untuk penghubungnya.

Macam - Macam Perangkat Peripheral

1. Peripheral utama (Main Peripheral) yaitu tipe perangkat periferal yang keberadaanya harus ada pada komputer sebagai perangkat terpenting untuk menjalankan sebuah komputer, karena tanpa perangkat utama komputer tidak akan bisa berjalan . Contohnya : Motherboard, CPU, Monitor, Mouse, Keyboard.

2. Peripheral pendukung (Out Sillary Periferals) yaitu periferal pendukung yang keberadaannya diluar dari komputer atau belum ada pada komputer saat menjalankan  sebuah komputer. Contohnya : Speaker, Printer, Scanner.

Contoh-contoh perangkat periferal pada 2 tipe diatas agar semakin lengkap.

1. Periferal utama (Main Periferal)
  • Motherboard, adalah perangkat terpenting dalam sebuah komputer, karena tanpa Motherboard komputer tidak akan bisa berjalan. Karena Motherboard adalah tempat untuk meletakan beberapa perangkat penting lainnya seperti CPU, Slot Ram dan RAM, Lan Card dan lainnya.
  • Monitor, adalah perangkat untuk menampilkan sebuah objek yang telah kita proses atau lebih gampangnya untuk menampilkan apa yang sedang kita kerjakan. Tanpa monitor, kita tidak akan dapat menjalankan komputer, karena pusat pengelihatan kita adalah layar monitor.
  • Mouse,  adalah perangkat terpenting dalam komputer karena mouse berfungsi sebagai alat penunjuk, alat pengarah kursor pada layar monitor. Tanpa mouse komputer tidak akan bisa berjalan dengan baik. Berbeda dengan laptop yang memiliki Touchpad sebagai media pengganti mouse.
  • Keyboard, adalah perangkat untuk memasukan sebuah teks, simbol atau angka sebagai media masukan kepada komputer yang akan ditampilkan pada layar monitor. Tanpa keyboard, kita tidak dapat mengetik atau mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan input data pada komputer.
2. Periferal pendukung (Out Sillary Periferals)
  • Speaker, adalah perangkat yang keberadaannya diluar dari komputer. Karena biasanya komputer sudah disediakan perangkat utama yang namanya "Sound Card" yang biasanya memiliki batasan untuk mengeluarkan suara, berbeda dengan speaker yang volume suaranya bisa dibesarkan lebih dari "Sound Card".
  • Printer, adalah perangkat yang digunakan untuk mencetak suatu data dari pemerosesan pada komputer yang telah kita kerjakan. Printer hanya untuk mempermudah kita mencetak data agar pekerjaan kita bisa lebih berjalan dengan baik. Datanya bisa beruba file(kertas), foto, dan lainnya.
  • Scanner, biasanya digunakan untuk menscan atau mengindeks suatu barcode data untuk di proses pada komputer dan ditampilkan pada layar monitor. Scanner biasanya dipakai untuk pusat perbelanjaan yang besar seperti Mall.
Nah, itu adalah sedikit penjelasan mengenai tipe perangkat periferal, sekarang kita sebutkan dan bahas mengenai macam-macam perangkat periferalnya.

Perangkat Peripheral 
  1. Mouse (Input)
  2. Keyboard (Input)
  3. Printer (Output)
  4. Scanner (Input)
  5. Speaker (Output)
  6. Webcam (Input)
  7. Camera (Input)
  8. Modem USB (Input dan Output)
  9. Modem Kabel (Input dan Output)
  10. Router (Output)
  11. Flashdisk (Input)
  12. Harddisk External (Input)
  13. DVD/CD External (Input dan Output)
  14. Bluetooth USB (Output)
  15. TV Tuner (Input dan Output)
  16. Joystick (Input)
  17. Gamepad (Input)
  18. Disket (Input)
  19. Trackball (Input)
  20. Lightpen (Input)
  21. Microphone (Output)
  22. Projector (Output)
  23. Card Reader
  24. Dan lainnya...
Nah, untuk penjelasan dari perangkat-perangkat peripheral yang sudah saya sebutkan diatas. Kalian bisa langsung mengunjungi artikel yang sudah khusus saya siapkan, berikut adalah artikelnya :

Macam-Macam Input Device (Perangkat Masukan) Pada Komputer
Macam-Macam Output Device (Perangkat Keluaran) Pada Komputer

Perangkat Peripheral Software
Ada juga perangkat periferal yang bersifat software, perangkat periferal yang bersifat software itu kita mendapatkannya dengan cara menginstal sebuah program aplikasi pada komputer yang sebelumnya belum terinstal pada komputer.

Disini ada beberapa contoh periferal software, yaitu:
  • Periferal Software Anti Virus (Smadav, Avast, AVG, ESET, dan lainnya)
  • Periferal Software Desain (Adobe Photoshop, Adobe Premier, Adobe After Efect, dan lainnya)
  • Periferal Software Browser
Atau lebih lengkapnya bisa melihat beberapa jenis dan tipe software pada komputer di artikel Macam-Macam Perangkat Lunak Komputer Beserta Penjelasannya, ada lebih dari 30+ contoh software yang sudah saya tulis dan rangkum sebagai media pembelajaran saya dan teman-teman blog lainnya.

Saya rasa cukup untuk pengenalan mengenai perangkat periferal pada komputer dan semoga bisa bermanfaat untuk semuanya. Jika ada salah penulisan atau salah pengertian mohon dimaafkan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar