Skip to main content

Pengalaman Pertama Belanja Di Ebay Dan Barang Terkirim

Pengalaman Pertama Belanja Di Ebay

Pengalaman Pertama Belanja Di Ebay Dan Barang Terkirim -  Disini saya akan menceritakan pengalaman pertama saya membeli barang di ebay. Sebuah pengalaman menegangkan dimana baru pertama kalinya dalam hidup saya belanja online dengan toko online luar negeri dan juga mata uang luar negeri yaitu dolar.

Mungkin kamu sudah tau ya kalo Ebay adalah toko online luar negeri terbesar dimana hampir semua negara melakukan transaksi jual beli disana. Dimana untuk melakukan transaksinya kita bisa menggunakan paypal sebagai metode pembayarannya.

Dari pengalaman saya ini, saya sudah membuatkan sebuah artikel mengenai Tips Membeli Barang di Ebay agar barang aman dan cepat terkirim.

Nah langsung aja ini dia cerita saya mengenai proses pembelian barang di Ebay.


Pengalaman Pertama Belanja Di Ebay


Waktu awal-awal mengerti paypal dan memiliki  saldo sebesar $100, saya iseng-iseng mencoba membeli barang di ebay. Karena waktu itu saya belum mengerti caranya mencairkan dollar ke rupiah, maka dari itu saya memutuskan untuk membelanjakannya saja.

Kebetulan barang yang saya beli adalah barang yang sedang saya butuhkan, yaitu sebuah smartphone karena smartphone yang saya miliki sudah rusak parah.

Saya membeli sebuah Smartphone android 4G LTE yang tidak terlalu bagus, tetapi menurut saya sudah cukup untuk sekedar internetan dan juga sosialisasi seperti sms dan melakukan panggilan telepon.

Smartphone yang saya beli adalah DOOGEE 5,5" HD LTE 4G Dual SIM Mobile Smartphone 2/16GB 8MP QuadCore Android 5.1. Harganya pada waktu itu sekitar 1 Juta-an.

Pengalaman Beli HP di Ebay

Tidak lupa, saya membeli casingnya juga. Karena barang ini dari luar negeri, takutnya di Indonesia tidak ada yang menjualnya. Harganya sekitar 50 ribu-an.

Beli Kesing HP Di Ebay


Kebetulan juga barang yang saya beli tersebut sudah Free Shipping, tidak ada biaya tambahan untuk pengirimansaat melakukan pembelian tersebut. Jadi, saya membeli 2 barang yaitu Smartphone 4G LTE dan Case nya dari Seller yang berbeda tetapi masih satu negara, yaitu dari Hongkong.

Setelah memilih produk mana yang akan saya beli, saya langsung melakukan pembayaran.



Proses Penerimaan Barang


Karena ini adalah pembelian pertama saya di toko online luar negeri, tentu rasanya tegang sekali.

Saya selalu berfikir seandainya barang yang saya beli tidak kunjung datang, atau saya ditipu, atau mungkin ada kurir bule yang datang kerumah saya tapi dia gatau alamatnya.

Saya selalu berfikiran negatif dan gelisah, karena barang belum juga sampai padahal sudah memasuki minggu ke 2.

Lalu akhirnya saya mengatakan pada diri saya bahwa apabila barang tersebut tidak juga datang, saya akan mencoba ikhlas dan menjadikannya pelajaran.

Tepat pada minggu ke 3, tiba-tiba ada bapak-bapak kantor pos datang kerumah saya, kebetulan pada saat itu saya sedang berada di depan rumah bersama teman sekolah saya.

Langsung saya tanya beliau,
"Maaf pak, nyari siapa ya?"

"Lagi nyari yang namanya Wendy, apa ada?" - Tukang Pos

"Oh iya pak, saya sendiri. Kenapa ya?"

"Ini ada kiriman paket" - Tukang Pos

"Oh iya pak itu punya saya, isinya pasti handphone kan?" 

"Oh saya kurang tau, silahkan cek sendiri aja nanti" Tukang Pos

"Berapa ongkos kirimnya pak?"


"Engga ada biaya untuk pengiriman" Tukang Pos


"Oke pak, terimakasih"



     Lalu saya sedikit heran, kok paket saya sangat ringan. Padahalkan saya memesan sebuah Smartphone. Karena penasaran, saya tinggal teman saya dan masuk kedalam kamar untuk membuka paket yang baru saja datang.

     Dan ternyata.... Case Hpnya terlebih dahulu yang sampai -___-. Padahal kan Smartphone sama case, duluan smartphone.

Memasuki Minggu Ketiga...

     Pada siang hari ketika saya dan keluarga sedang makan, lalu ada seseorang yang mengenakan baju oranye lagi. Saya pikir itu supir yang ingin membeli sesuatu diwarung saya. tapi ternyata setelah saya datangi, ternyata pak pos yang minggu lalu mengirim case.

     Dan kali ini paketnya memang sedikit berat dan karena penasaran, saya membuka paket tersebut dihadapan keluarga saya. Dan ternyata...

Jrenggg... Jrengg.....

Sebuah smartphone yang masih disegel, dengan bau produk baru yang khas.


     Saya sangat bersyukur karena barang yang saya pesan dari luar negeri akhirnya sampai dengan keadaan tanpa lecet sedikitpun. Dan hal ini adalah pengalaman teristimewa berbelanja di situs luar negeri dan bertransaksi dengan penjual luar negeri.

     Segera saya membuka situs ebay untuk berterimakasih kepada penjual karena telah mengirimkan barangnya dengan baik dan juga saya memberikan positif feedback atau ulasan positif yang baik mengenai seller tersebut.

Kesimpulan:
1. Ebay menurut saya adalah situs jual beli produk antara negara yang sangat mudah, aman dan terpercaya. Ebay juga memiliki fitur chat langsung dengan penjual serta perlindungan terhadap pembeli jika merasa ditipu. Jadi, jika barang tidak sampai. Kita bisa melaporkannya ke Ebay atau bisa berkonsultasi dengan penjual. Maka uang kita akan dikembalikan.

2. Ebay pun memiliki desain web yang mudah dimengerti dan dipahami...

3. Dan untuk mengenai barang yang saya beli ebay, tidak terkena pajak atau bea cukai apapun. Entah itu dari pihak ebay ataupun dari kantor pos, walaupun beli barangnya melebihi 50$.

Karena ada beberapa orang yang bilang, jika belanja diatas 50$ barang akan terkena pajak atau bea cukai di indonesia. Tapi nyatanya, saya bersyukur barang saya aman tanpa tersenggol pajak atau bea cukai sedikitpun. Pengiriman ebay ke indonesia tentunya menggunakan berbagai jenis layanan, tergantung asal dari si penjual, dan setelah sampai ke indonesia, barang akan dikirimkan oleh kantor pos. Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->