Bentuk Komunikasi Dengan E-mail Beserta Pengertiannya

Bentuk Komunikasi Dengan Email (E-mail/Electronic Mail) Beserta Pengertiannya - Email adalah singkatan dari Electronic Mail yang berfungsi sebagai sarana atau tempat untuk mengirimkan surat melalui jaringan internet, Yang merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi yang paling banyak digunakan dalam internet.

Dengan adanya Email, kita bisa berkomunikasi jarak jauh dengan orang lain diseluruh dunia dan juga kita bisa saling bertukar data digital atau berkas-berkas penting lainnya secara cepat dan mudah.

Namun yang harus diketahui adalah, email memiliki bentuk-bentuk komunikasi yang dikirimkan melalui internet. Berikut adalah Bentuk Komunikasi Dengan E-mail Beserta Pengertiannya :


1. Point to point
    Point to Point adalah mengirimkan email langsung ke sebuah alamat tertentu atau biasa disebut dengan JaPri (Jalur Pribadi). Dengan kata lain, jaringan ini adalah bentuk komunikasi yang telah disepakati atau telah janjian terlebih dahulu untuk saling berkomunikasi menggunakan email.

Contoh:
A: saya akan mengirimkan data penting ke alamat email pribadi anda emailteman@gmail.com
B: Baik, Saya akan menunggu data saya terkirim dari email anda.


2. Carbon Copy/CC
    Carbon Copy atau CC adalah cara komunikasi dengan email lebih dari satu orang penerima, yang posisinya orang-orang yang dikirimkan email tersebut mengetahui juga siapa saja yang dikirimkan email.

Contoh:
A: Saya akan mengirimkan data penting ke alamat email B, C dan D

maka B, C dan D akan mengetahui, email siapa saja yang mendapatkan kiriman dari email si A. Meskipun emailnya dikirimkan secara bersamaan.

    
3. Blind Carbon Copy/BCC
    Blind Carbon Copy atau BCC adalah cara komunikasi dengan email lebih dari satu orang penerima, yang posisinya orang-orang yang dikirimkan email tersebut tidak akan mengetahui juga siapa saja yang dikirimkan email.

Ini adalah variasi dari CC. Kadang-kadang ada kebutuhan untuk mengirimkanm sebuah e-mail kepada seseorang, tetapi kita tidak ingin orang tersebut tahu bahwa kita juga mengirimkan tembusanny kepada orang lain. Untuk itu gunakan BCC.

Contoh:
A: Saya akan mengirimkan data penting ke alamat email B, C dan D

maka B, C dan D tidak akan mengetahui, email siapa saja yang mendapatkan kiriman dari email si A. Meskipun emailnya dikirimkan secara bersamaan.


4. Distribution List
    Distribution List adalah sebuah cara komunikasi dengan menggunakan e-mail secara satu arah. Biasanya ini dibuat oleh orang yang berkepentingan untuk menyebarluaskan informasi tertentu, tetapi tidak mengharapkan adanya respon dari para penerima e-mailnya.

Cara ini biasa digunakan untuk promosi, menyebarkan iklan atau berita dan bahkan informasi melalui email.


5. Discussion List
    Discussion List seringkali juga disebut mailing list atau lebih populer dengan milis. Milis sendiri bisa dikatakan adalah sebuah Grup pada Email. Dimana posisinya, setiap anggota yang ditambahkan kedalam grup email (Milis) akan mendapatkan pemberitahuan dari seseorang yang berkomunikasi di dalamnya.

Penambahan anggota pada grup email milis ini juga biasanya dilakukan secara manual atau dengan cara memasukan nama-nama email anggota yang ingin diajak bergabung kedalam grup diskusi email atau biasa disebut dengan Milis.

Nah, itulah beberapa bentuk dan cara komunikasi dengan Email (Electronic Mail). Semoga pembahasan pada artikel ini dapat membantu menambah wawasan ilmu pengetahuan kita mengenai teknologi pada cara penggunaan Email.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel