5 Karakteristik Cloud Computing Yang Wajib Diketahui

5 Karakteristik Cloud Computing Yang Wajib Diketahui

5 Karakteristik Cloud Computing - Cloud Computing adalah suatu bentuk evolusi lanjutan dari internet yag menggabungkan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet. Dalam istilah ini Cloud diartikan sebagai internet, sedangkan Computing diartikan sebagai proses komputasi


Macam-macam Cloud Computing ini memiliki fungsi dan kelebihan yang berbeda tergantung cara kerja dan modelnya. Cloud Computing memiliki 5 karakteristik. Lalu, apa saja karakteristik dari Cloud Computing? Menurut NIST, ada 5 Karakteristik Cloud Computing agar sebuah sistem dapat disebut sebagai Cloud Computing. Berikut adalah karakteristik Cloud Computing menurut NIST  yaitu:


1. Broad Network Access
Akses jaringan yang luas dan bisa diakses oleh berbagai jenis perangkat, seperti smartphone, tablet, laptop, dsb. Contohnya facebook mobile, memungkinkan kita untuk mengakses layanan facebook melalui  handphone, smartphone ataupun tablet dimanapun kita berada.

2. Resource Pooling
Sumber daya komputasi dari penyedia cloud harus memenuhi banyak pelanggan dan bersifat dinamis tergantung kebutuhan pelanggannya. Contohnya google, menyediakan ratusan ribu server yang tersebar di penjuru dunia sehingga dapat melayani jutaan penggunanya.5 karakteristik cloud computing

3. On-demand Self Service
Pengguna cloud dapat mengatur sendiri layanan yang dipakai  sesuai dengan kebutuhannya tanpa interaksi dari pihak penyedia layanan. Contohnya menggunakan gmail, kita bisa menyimpan, memindahkan, menghapus email, dsb tanpa campur tangan dari penyedia cloud.

4. Measured Service
Sistem cloud menyediakan layanan yang dapat memonitor dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya terhadap layanan yang dipakai (misalnya tempat penyimpanan, pemrosesan, bandwidth, dan akun pengguna yang aktif). Sehingga pelanggan dapat memonitor sumber daya komputasi yang dipakai secara transparan antara penyedia layanan dan pelanggan. Misalnya dropbox, kita bisa memantau space yang terpakai ataupun space yang masih kosong, mengetahui masa aktif akun, dan lain sebagainya.

5. Rapid Elasticity
Kapasitas layanan bersifat fleksibel tergantung kebutuhan pengguna. Sehingga pengguna cloud dapat dengan mudah meminta menaikkan atau menurunkan kapasitas layanan sesuai kebutuhannya. Jadi, kapasitas layanan ini seolah tak terbatas dan pengguna cloud dapat memilih sesuai dengan kebutuhannya setiap saat. Misalnya office 365, kita bisa dengan cepat mengubah layanan yang diinginkan dari small ke bussiness atau sebaliknya sesuai denngan kebutuhan.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~