Cloud Computing Meningkatkan Produktivitas Dan Daya Saing Perusahaan

Cloud Computing Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Perusahaan - Saat ini dimana era IT sudah menjadi tulang punggung dari berbagai kebutuhan industri, oleh karenanya mulai dibutuhkan solusi-solusi yang dapat menangkap kebutuhan tersebut. Kebutuhan manusia akan sumber daya compute yang murah dan mudah diperoleh, itulah yang membuat pesatnya perkembangan teknologi Cloud Computing pada saat ini.

Cloud Computing Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Perusahaan

Dengan adanya kendala pada tradisional IT membuat Cloud Computing saat ini menjadi sebuah pilihan, karena dilihat dapat membawa banyak manfaat seperti service delivery yang cepat tersedia bahkan dalam hitungan menit, dibandingkan tradisional IT yang membutuhkan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan ketika membutuhkan pengadaan layanan baru, tentunya hal tersebut akan meningkatkan produktivitas dan daya saing perusahaan, terlebih untuk layanan yang nantinya akan go to market.

Cloud Computing terbukti mampu memenuhi kebutuhan akan sumber daya IT dari beberapa industri yang ada, terlebih bagi bisnis pemula (startup) dengan Cloud Computing ini memungkinkan mereka dapat bersaing dengan bisnis lainnya maupun dengan bisnis yang lebih besar, karena hal ini memberikan mereka akses ke teknologi yang sebelumnya berada diluar jangkauan mereka dikarenakan beberapa factor, misalnya factor finansial.


Cloud Computing Meningkatkan Produktivitas Dan Daya Saing Perusahaan

Diantara banyak manfaat yang ada pada Cloud Computing ini, berikut beberapa keuntungan yang dapat dirasakan baik bagi individu maupun perusahaan :

1. Fokus Pada Bisnis, Bukan IT
Dengan mengadopsi Cloud Computing, kita dapat fokus pada bisnis utama perusahaan, dan bukan berkutat didalam pengelolaan infrastruktur TI yang cukup kompleks, baik dari sisi manajemen operasional maupun untuk penyediaan tenaga ahli.

2. Tanpa Investasi Awal
Dengan cloud computing, kita dapat menggunakan sebuah layanan tanpa investasi yang signifikan di awal. Ini sangat penting bagi bisnis, terutama startup. Mungkin di awal bisnis, kita hanya perlu layanan CRM untuk 2 pengguna. Kemudian meningkat menjadi 10 pengguna. Tanpa model cloud computing, maka sejak awal kita sudah harus membeli hardware yang cukup untuk sekian tahun ke depan. Dengan cloud computing, kita cukup membayar sesuai yang kita butuhkan.

3. Meningkatkan Ketersediaan (Availability) Data
Sistem Cloud yang berada pada penyedia layanan Cloud pada umumnya sudah dibangun dengan design system yang menerapkan full high-availability, yang berarti bahwa sistem tersebut berada pada suatu data center yang menjamin ketersediaan listriknya, pendingin ruangan, begitu pula untuk perangkat-perangkat server,storage dan jaringan yang digunakan sudah di desain dan dikonfigurasikan dengan fully redundancy. Hal tersebut dilakukan guna mendukung sistem Cloud dapat bekerja maksimal selama 24/7, yang dimana hal tersebut sepertinya akan sulit dicapai jika meletakkan server-server dan data di lokasi sendiri.

Selain itu untuk storage atau penyimpanan data yang digunakan oleh penyedia layanan cloud pada umumnya mempunyai system backup, sehingga hal tersebut memperbesar peluang data anda nantinya tidak akan hilang jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti: system crash, kesalahan konfigurasi pada system storage, perusakan data oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan hal-hal lainnya

4. Pemanfataan Sumber Daya Secara Maksimal
Dalam konteks ini sumber daya yang dimaksud adalah manusia sebagai inti dari sumber daya perusahaan, dengan diadopsinya layanan Cloud computing maka para pekerja pun akan memiliki lebih banyak waktu yang dapat dialokasikan untuk hal yang lain, seperti fokus kepada penelitian dan pengembangan produk, penetrasi pasar, dan hal-hal lainnya yang berpotensi memberikan keuntungan lebih besar bagi perusahaan. Tentu saja potensi ini berbeda-beda untuk setiap perusahaan tergantung pula jenis usaha dan industri yang dilakukan.

Selain pemanfaatan sumber daya manusia, ternyata Cloud computing ini juga sangat mendukung Green Technology, karena berjalan diatas virtualisasi yang pada akhirnya akan memaksimalkan penggunaan resource compute semaksimal mungkin, dan mengurangi jumlah energi yang sebelumnya banyak diperlukan jika menggunakan traditional IT.

Masih banyak beberapa keuntungan dari use-case lain yang sebetulnya dapat dicapai jika mengadopsi layanan Cloud computing. Dan untuk selanjutnya para pengelola IT melakukan langkah selektif dalam rangka mencari penyedia layanan Cloud terbaik, tidak hanya terbaik dari sisi harga, namun juga dengan tetap mempertimbangkan dari aspek keamanan yang ditawarkan, sehingga dapat menjamin terjaganya dengan baik sisi security dan privacy guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terhadap data-data yang kita letakkan didalam layanan Cloud.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel