Model Penyebaran Cloud Computing, Lengkap!

Model Penyebaran Cloud Computing, Lengkap! - Selain menawarkan jenis layanan yang berbeda-beda, Cloud Computing juga menawarkan empat jangkauan layanan dengan karakteristik yang unik. Menurut NIST (National Institute of Standard and Technology), berdasarkan penyebarannya Cloud Computing dibagi menjadi empat macam, yaitu:

Baca juga : 5 Karakteristik Cloud Computing Yang Wajib Diketahui


1. Hybrid Cloud
Merupakan gabungan dua atau lebih dari jenis cloud computing (private, public, atau community). Dalam hybrid cloud, perusahaan dapat memilih proses bisnis mana yang bisa dipindahkan ke public cloud dan proses bisnis yang harus tetap berjalan pada private cloud.

Gunakan Hybrid Cloud bila usaha anda memiliki salah satu ciri-ciri dibawah ini :
  • Perusahaan anda menggunakan aplikasi SaaS dan memerlukan sistem keamanan yang tinggi. Pada kasus seperti ini, maka Private Cloud diterapkan di dalam firewall dan ditambahkan pula Virtual Private Network (VPN) sebagai pengaman tambahan. Nah, dengan cara inilah private cloud dan Public Cloud telah dipadukan.
  • Perusahaan anda memberikan layanan untuk konsumen yang beragam. Misalnya saja perusahaan yang menangani klaim pembayaran untuk agen asuransi, perusahaan pengiriman barang, atau layanan pemeriksaan kredit untuk bank-bank lokal. Nah, pada perusahaan-perusahaan semacam ini anda bisa menggunakan Public Cloud untuk membuat suatu wadah online agar setiap konsumen anda bisa mengirimkan permintaan dan meninjau status mereka. Sedangkan Private Cloud digunakan untuk mengatur dara konsumen

2. Public Cloud
Layanan cloud computing yang terbuka untuk umum yang bersifat gratis maupun berbayar. Pengguna dapat langsung menggunakan layanan dengan mengikuti ketentuan yang berlaku dari pihak provider.

Pilihlah bentuk Public Cloud bila usaha anda memiliki ciri-ciri berikut ini :
  • Aplikasi untuk menjalankan pekerjaan digunakan oleh banyak orang
  • Anda menggunakan aplikasi SaaS (Software as a Service) dengan tingkat keamanan yang tinggi
  • Anda membutuhkan kapasitas tambahan untuk saat-saat sibuk (peak time)
  • Anda sedang melakukan proyek-proyek kolaborasi.

3. Private Cloud
Infrastruktur Cloud yang disediakan khusus untuk memenuhi kebutuhan internal suatu perusahaan. Private cloud ini dimiliki, dioperasikan, dan diatur oleh organisasi atau departemen IT pada suatu perusahaan sementara departemen lain sebagai konsumennya.

Gunakan bentuk Private Cloud bila bisnis anda termasuk dalam kategori dibawah ini :

  • Data dan aplikasi merupakan bisnis anda, sehingga dibutuhkan pengamanan dan kendali penuh.
  • Bisnis anda merupakan bagian dari industri yang harus memiliki tingkat keamanan dan privasi data yang tinggi.
  • Perusahaan anda cukup besar sehingga anda harus menggunakan Cloud data center yang efesien dan efektif.

4. Community Cloud
Layanan cloud computing yang eksklusif dibangun untuk komunitas tertentu yang memiliki konsentrasi pada bidang yang sama.

0 Response to "Model Penyebaran Cloud Computing, Lengkap!"

Posting Komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel