Pengertian Phising Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Pengertian Phising, Cara Kerja Phising Dan Cara Mengatasi Phising - Phising adalah cara untuk mencoba mendapatkan informasi seperti username, password, dan rincian kartu kredit dengan menyamar sebagai entitas terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik. Komunikasi yang mengaku berasal dari populer situs web sosial, situs lelang, prosesor pembayaran online atau IT administrator biasanya digunakan untuk memikat publik tidak curiga. Phising biasanya dilakukan melalui e-mail spoofing atau pesan instan, dan sering mengarahkan pengguna untuk memasukkan rincian di sebuah website palsu yang tampilan dan nuansa yang hampir sama dengan yang aslinya.


Darimana Asal Phising Itu?
Pelaku phising akan meminta anda memasukkan data-data rahasia pribadi anda, seperti informasi account bank anda, atau mereka akan meminta update aplikasi yang pernah anda install, validasi dan konfirmasi account, dsb. Karakterisitik phising yang utama dan mudah dikenali adalah ‘update’ dengan alasan hal ini (konfirmasi ulang/re-registered) perlu dilakukan karena proses konfirmasi/pendaftaran sebelumnya telah gagal.

Dampak Dan Akibat Apa Saja Bila Kita Terkena Phising?
Selain bahaya spam (informasi yang tidak penting dan mengganggu yang muncul berulang-ulang), phising tidak mempengaruhi sistem operasi pada komputer anda. Namun efek yang lebih serius dan sangat berbahaya adalah kehilangan akses kepemilikan pribadi. Seperti Phising Facebook, Phising Akun Sosial Media, uang yang anda simpan di bank, tagihan kartu kredit yang tidak seperti biasanya, atau bahkan anda diharuskan membayar beberapa tagihan sekaligus dan belum pernah anda lihat sebelumnya.

Bagaimana Cara Mengatasi Phising?


1. Perhatikan URL atau Link situs yang anda kunjungi, pastikan bahwa URL atau Link situs yang anda kunjungi benar-benar aman dan merupakan situs resmi.

Sebagai Contoh Situs Resmi Facebook adalah www.facebook.com atau jika dibuka melalui smartphone URL nya adalah www.m.facebook.com.

Dan situs phising yang menyerupai facebook biasanya memiliki URL link yang aneh misalkan www.Faceb00k.com atau www.login.facebook.com atau tambahan nama pada URL Linknya.

2. Jangan Sembarangan Log-in atau memasukan informasi data anda ke sosial media tanpa mengetahui keresmian situs tersebut.

3. Abaikan semua email atau instant message (chat) yang datang dari orang yang tidak anda kenal.

4. Jangan pernah membuka attachments email yang datangnya dari orang yang tak dikenal.

5. Lindungi password anda dan simpanlah dengan aman.
6. Jangan memberikan informasi-informasi penting, seperti: nomor telepon melalui email, kecuali anda mengetahui dengan pasti siapa yang ada diujung sebelah sana.

7. Cek keamanan situs yang anda kunjungi sebelum mengirimkan informasi-informasi penting kepada mereka.

8. Perhatikan alamat situs (URL) yang ada di address bar browser anda, jika mencurigakan sebaiknya jangan diteruskan.

9. Instal software anti-virus, aktifkan firewalls, dan filter email.

10. Update browser yang sering anda gunakan dan install plug-in security yang direkomendasikan.


11. jangan pernah membalas email yang mencurigakan apalagi memasukkan sandi pada situs yang mencurigakan atau tidak anda percayai serta mengirimkan password dan data pribadi penting anda melalui email. Situs atau bisnis yang sah umumnya tidak akan meminta informasi melalui email.

12. Jika anda menerima permintaan informasi sensitif, buka jendela browser baru dan pergi kesitus organisasi dengan mengetik alamat website organisasi untuk meyakinkan bahwa anda sedang berhadapan dengan situs organisasi real dan bukan dengan website phiser. Jika ada sesuatu yang diperlukan dari anda, biasanya ada pemberitahuan disitus organisasi ini atau jika anda tidak yakin dengan permintaan ini sebaiknya menghubungi situs organisasi tersebut untuk bertanya.

13. jangan pernah membuka situs yang mencurigakan atau tidak anda percayai. Periksa URL untuk memastikan halaman sebenarnya adalah  bagian dari situs organisasi dan bukan halaman penipuan pada domain yang berbeda seperti mybankk.com atau g00gle.com 

14. berhati-hati terhadap tawaran yang fantastis yang tampaknya terlalu mudah untuk menjadi kenyataan, ini  mungkin PHISER.

15. gunakan browser yang memiliki filter phising yang akan membantu anda mengetahui serangan phising potensial. Alamat situs yang aman dimulai dengan "https://" dan menampilkan icon Gembok terkunci diperamban anda.

Untuk mengatasi phising dan malware sebenarnya sangat mudah dan murah, kamu dapat melakukannya dengan menginstal beberapa aplikasi gratis yang disediakan vendor-vendor keamanan.

Berikut beberapa aplikasi untuk mencegah terjadinya aktivitas phising dan malware: 
1. Internet Explorer 
2. Free Avira 
3. Spybot Search & Destroy 
4. McAfee SiteAdvisor
5 .Lavasoft Adaware

Nah itu dia penjelasan mengenai artikel Pengertian Phising dan Cara mengatasi Phising, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel