12 Cara Mengatasi Laptop Lemot Banget 100% Work!

12 Cara Mengatasi Laptop Lemot Banget 100% Work!

12 Cara Mengatasi Laptop Lemot Banget 100% Work! - Kebanyakan orang saat ini pasti sudah memiliki laptop sebagai pengganti komputer yang dipercaya lebih praktis karena sifatnya portable yang bisa digunakan dimana saja.

Komputer ataupun Laptop akan menjadi sama saja rasanya jika terjadi masalah ketika digunakan, yaitu sama-sama bikin pusing. Dan tugas kita tentunya harus memperbaikinya segera mungkin untuk kenyamanan dalam pemakaian.


12 Cara Mengatasi Laptop Lemot Banget 100% Work!

Berbicara soal Laptop yang lambat atau lemot, masalah ini sudah biasa terjadi untuk para pemilik laptop. Entah karena pemakaiannya yang kasar ataupun karena efek alami laptop itu error sendiri. Tapi yang pasti, semua peralatan elektronik yang digunakan pastinya akan memiliki masalahnya sendiri.

CARA MENGATASI LAPTOP LEMOT DAN LAMBAT

Laptop yang lemot akan membuat kita kesal karena apa yang harusnya selesai cepat menggunakan laptop, malah menjadi tertunda akibat dari laptop lemot. Bagi yang kurang mengerti masalah ini pasti mereka akan mencari tau masalah yang terjadi yang membuat laptopnya lemot.

Dari beberapa hal yang saya mengerti dan saya pelajari, disini saya akan mencoba berbagi cara mengatasi laptop yang lemot beserta penyebabnya. Yuk simak cara mengatasi dan memperbaiki laptop yang lemot dengan mudah berikut ini,

#1 Laptop Anda Hanya Memiliki RAM 2GB


RAM itu adalah memori pada Laptop. Sebenarnya, laptop dengan RAM 2GB tidak akan bermasalah JIKA kita tidak memaksakan performanya. Dalam kasus ini RAM dengan 2GB menurut saya tidaklah optimal, apalagi untuk kegiatan multi tasking (Multi tasking adalah Kegiatan yang membuka aplikasi lebih dari satu).

Untuk penggunaan skala ringan, RAM 2GB tidak berpengaruh besar dalam kelambatan pada Laptop, hanya saja kita harus mengoptimalkan penggunaannya sesuai dengan performa pada laptop dengan RAM 2GB. Jika berlebihan bisa menyebabkan overheat dan resikonya bisa menyebabkan laptop menjadi hang atau kerusakan sistem.

Solusi :
Tidak perlu mengganti laptop jika anda tipe orang yang bersyukur dan sayang sama sesuatu hal yang sudah dimiliki. Cukup mengganti RAM 2GB dan meningkatkan performanya dengan RAM 4GB atau 8GB. Atau jika laptop memiliki 2 slot RAM, anda hanya perlu menambahkan 2GB RAM saja.

Agar laptop menjadi optimal, disarankan menggunakan RAM dengan kapasitas 4GB, tetapi bukan berarti Laptop dengan RAM 2GB sangat buruk. Melainkan hanya performanya saja yang kurang.

#2 Memakai Sistem Operasi Yang Ringan


Sistem operasi juga sangat berpengaruh dalam kinerja laptop, setiap sistem operasi memiliki spesifikasi khusus untuk digunakan secara optimal dan lancar pemakaiannya.

Mungkin anda sudah tau mengenai sistem operasi Windows 10 yang saat ini merupakan versi terbaru dari windows. Windows 10 adalah windows yang menyempurnakan windows-windows sebelumnya.

Windows 10 cenderung lebih berat jika digunakan oleh laptop dengan spesifikasi seadanya, misalkan RAM 2GB. Ketika menggunakan Laptop dengan sistem operasi windows 10 dan memiliki RAM 2GB saja. hal ini sangat berpengaruh terhadap kecepatan suatu laptop. Dari pengalaman yang saya rasakan, Windows 10 sangat terasa berat jika menggunakan spesifikasi laptop yang rendah seperti hanya memiliki RAM 2GB. Untuk menjalankan windows 10, diharuskan memiliki 4GB sampai 8GB RAM untuk kinerja yang baik.

Solusi :
1. Jika hanya memiliki RAM 2GB
Pada sistem operasi, ada istilah 32 bit dan 64 bit. Disarankan menggunakan yang 32bit jika memiliki spesifikasi yang standar, tetapi jika memiliki spesifikasi yang medium atau spesifikasi yang tinggi sekalipun, gunakanlah 64 bit.

2. Cobalah menggunakan sistem operasi keluaran lama yang ringan
Jika laptop anda memang tidak kuat untuk mengangkat sistem operasi terbaru seperti windows 10, anda bisa menurunkannya menjadi windows 7 atau windows 8.

3. Cobalah sistem operasi linux seperti endless OS
Endless OS merupakan sistem operasi yang cukup ringan dan merupakan sistem operasi berbasis linux. Tetapi pada tampilannya, hampir sama dengan sistem operasi windows.

#3 Ganti Harddisk Menjadi SSD


SSD (Solid State Drive) merupakan media penyimpanan utama sama halnya seperti harddisk. Tetapi, cara kerja SSD lebih baik dibandingkan dengan harddisk. Mulai dari memproses data, input data, output data, membaca dan menulis data, semua yang dilakukan oleh SSD akan sangat cepat diproses.

Kapasitas SSD sendiri tidaklah sebanyak Harddisk, tetapi SSD terbukti lebih baik dari pada harddisk meskipun harganya lebih mahal.

Solusi :
Tidak perlu mengganti laptop jika anda tipe orang yang bersyukur dan sayang sama sesuatu hal yang sudah dimiliki. Jika anda memiliki rezeki, anda bisa mengupgrade harddisk anda menjadi SSD.


#4 Jangan Membuka Banyak Tab Pada Web Browser (Google Chrome, Mozila Firefox, Dll)


Pernah gak sih ketika kita sedang menggunakan Laptop untuk browsing di internet tiba-tiba laptop kita lemot?. Nah, laptop lemot bisa juga disebabkan karena kita terlalu banyak membuka menu tab pada web browser ketika melakukan pencarian di mesin pencari seperti google.

Lebih parahnya lagi, sudah banyak menu tab yang terbuka pada web browser kita juga membuka banyak aplikasi lain di laptop kita. Tanpa kita sadari hal seperti ini yang akan membuat laptop kita menjadi lemot.

Solusi :
Jika sedang berjelajah di internet, pastikan fokus saja dulu pada satu pekerjaan. Jangan membuka web browser sambil mengedit video atau mengedit foto di laptop. Karena hal itu bisa membuat laptop menjadi lambat dan berat.

#5 Tutup Semua Aplikasi Dengan Tombol ALT + F4 Dan Lakukan Refresh Tampilan Laptop Dengan Tombol F5

Ketika laptop mulai melambat, biasanya akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti aplikasi yang dijalankan mendadak macet, not responding dan tidak bisa digunakan. Kalo laptop sudah terasa kurang nyaman digunakan, silahkan matikan semua aplikasi yang berjalan lalu lakukanlah refresh pada tampilan laptop.

Kejadian seperti ini bisa terjadi ketika anda terlalu memaksakan kinerja komputer, sehingga komputer kelebihan batas penggunaannya. Untuk cara ini bisa mengoptimalkan cara kerja laptop sehingga laptop yang tadinya berjalan sangat lemot bisa digunakan dengan lancar seperti biasanya.


#6 Restart Laptop Ketika Sudah Mulai Lemot


Ketika kita merestart laptop kita, sistem pada laptop akan otomatis memulihkan sistem menjadi lebih baik lagi. Ketika laptop sudah benar-benar lambat, lebih baik merestart laptop dan biarkan laptop memulihkan sistemnya.

#7 Menghapus Software Yang Tidak Perlu Dan Tidak Digunakan
Biasanya kita penasaran dengan sebuah software yang sebelumnya belum pernah kita gunakan, kemudian kita mencobanya dan akhirnya tidak sering dipakai. Nah, dengan software-software yang terinstall pada laptop kita seperti itu tentunya akan memakan ruang penyimpanan kita. Terlebih lagi kalo software tersebut menjalankan softwarenya secara otomatis tanpa sepengetahuan kita. Bukan hanya laptop yang dibuat berat, bahkan baterai juga akan boros. Dari pengalaman saya menggunakan laptop, ada saja software nakal yang berjalan tanpa sepengetahuan saya.

Solusi :
Installah software yang paling umum dan paling sering digunakan, jika merasa ada software yang tidak digunakan, lebih baik menghapusnya saja dari pada memakan ruang penyimpanan kita pada laptop.

#8 Lakukan Scan Virus Dan Scan Sampah File Pada Laptop
Saya pribadi sebenarnya tidak menggunakan software antivirus karena terkadang setiap saya menginstal suatu software atau memasukan file apapun ke dalam laptop, software antivirus yang saya miliki itu justru menganggap semua yang saya masukan kedalam laptop itu adalah virus meskipun bersih dari virus.

Tetapi meskipun saya tidak memiliki software antivirus, bukan berarti saya tidak melakukan scan pada laptop saya. Disini saya melakukan scan virus dan scan sampah file menggunakan software IObit Advanced SystemCare untuk mengurangi sedikit beban pada laptop dari adanya virus dan sampah yang tersisa ketika melakukan penghapusan software.

#9 Laptop Menjadi Lemot Karena Ada Iklannya


Keberadaan iklan ternyata bukan hanya ada di blog ataupun website saja, melainkan ada juga iklan yang berada di laptop. Kejadian ini dialami langsung oleh teman saya tetapi laptopnya sedikit lemot. terutama ketika membuka web browser, selalu muncul tab-tab baru berupa iklan dan terkadang juga iklan tersebut muncul sendiri.

Disini saya bisa menyimpulkan bahwa laptop teman saya tersebut tidak beres, saya sendiri bingung iklan tersebut masuknya dari mana. Padahal, pada web browser sudah dipasang script anti iklan tetap saja iklan tersebut muncul.

Lalu disini saya mengasumsikan bahwa laptop tersebut dijahili oleh seseorang yang mencari keuntungan. Bisa jadi iklan tersebut masuk melalui dua cara. Yang pertama masuk melalui file yang teman saya download dan dia install, yang kedua adalah ketika teman saya berjelajah di internet. Dia tidak sengaja mengklik link yang tujuannya untuk membuka portal untuk memasukan virus atau script jahat ke laptop tersebut. Nah dari kejadian ini bisa disimpulkan bahwa iklan bisa ada di laptop dan bisa menyebabkan lapop lemot.

Solusi :
1. Hapus Web Browser dan Install Ulang Web Browsernya (Seperti Google Chrome, Mozila Firefox atau yang lainnya yang di duga terserang iklan yang selalu muncul)
2. Scan Antivirus
3. Hapus Software Yang Mencurigakan di laptop melalui Control Panel
4. Install Ulang Laptop
5. Berhati-Hati Jika Menjelajahi Internet

#10 Laptop Lemot Karena Banyak Debu Pada Perangkat Keras Laptop
Jika anda mengerti tentang cara membongkar laptop, silahkan bersihkan perangkat-perangkat laptop anda. Tetapi jika tidak berani atau tidak mengerti, anda bisa menggunakan jasa servis yang memiliki ahli dalam bidangnya. Atau bisa dengan menggunakan alat penyedot debu mini untuk menghisap  debu pada sela-sela keyboard, atau menghisap debu pada perangkat keras laptop melalui lubang sirkulasi udaranya.

#11 Menggunakan Software Versi Lama
Software terbaru yang hadir terkadang memerlukan performa yang cukup tinggi, dari tuntutan performa yang tinggi seperti itulah yang kadang membuat laptop kita pas-pasan dalam menyesuaikannya. Kadang, menggunakan versi lama pada software lebih baik karena dari segi penggunaannya pun tidak beda jauh biasanya dan mendapatkan keuntungan lebih yaitu keringanan saat menggunakannya.

#12 Menginstall Ulang Laptop Jika Sudah Parah
Jika laptop sudah hang, lemot banget, laptop mulai lambat, laptop mulai mati sendiri, laptop tidak menampilkan apapun pada layar. Silahkan install ulang laptop anda. Cara ini adalah cara terbaik untuk membuat laptop anda berjalan normal dan cepat kembali. Tetapi, alangkah baiknya jika bisa membackup, backuplah terlebih dahulu file-file yang dianggap penting.

Nah mungkin hanya itu artikel mengenai Cara mengatasi laptop atau komputer menjadi lemot dan lambat pada windows. semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menyelesaikan permasalahan anda pada laptop anda.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~