8 Cara Mempercepat Loading Blog Jadi Ringan Banget

Hallo Sahabat Blogger! Loading blog yang berat tentunya akan membuat pengunjung terasa tidak nyaman ketika mendatangi blog kita, yang tadinya ingin mencari informasi secepat mungkin tetapi dipersulit karena lambatnya blog kita. Akhirnya pengunjungnya kabur deh.

Nah, kalo blog sudah terasa berat alangkah baiknya kita melakukan optimasi cara mempercepat loading blog supaya loading blog menjadi ringan saat dikunjungi.


8 Cara Mempercepat Loading Blog Jadi Ringan Banget

Selain itu, blog yang ringan dan cepat juga akan mempengaruhi posisi blog kita di mesin pencarian loh. Karena memang blog yang cepat dan ringan adalah sebuah blog yang sangat disukai oleh mesin pencarian seperti google. Dan, yang pastinya akan disukai oleh pengunjung sehingga blog kita akan ramai oleh pengunjung.

Faktor yang mempengaruhi kecepatan suatu blog bisa terjadi karena terlalu banyak script yang digunakan pada blog, terlalu banyak widget atau terlalu berlebihan dalam mempercantik blog kita sehingga mengakibatkan blog menjadi lambat tanpa kita sadari.

Disini saya akan mencoba berbagi tips cara mempercepat loading blog agar tidak berat dan supaya loading website blog menjadi ringan.

#1 Compress Ukuran Gambar Sebelum Diposting
Cara agar loading website atau blog kita menjadi cepat salah satunya dengan memperkecil atau mengkompres ukuran gambar yang ingin dimasukan kedalam artikel. Gambar yang memiliki ukuran besar bisa berpengaruh dalam proses loading halaman blog, sehingga blog menjadi sangat berat.

Misalkan gambar yang ingin kita masukan berukuran 100kb, nah ukuran tersebut lumayan berat terlebih lagi jika memang gambar tersebut memiliki kualitas HD. Usahakan kompres ukuran gambar yang misalnya berukuran 100kb menjadi 50kb atau 20kb untuk mengoptimalkan loading blog.

#2 Menghilangkan Thumbnail Postingan di Homepage
Thumbnail adalah gambaran yang mendeskripsikan suatu artikel, dengan adanya Thumbnail pengunjung bisa lebih tertarik dengan gambar yang diperlihatkan sebelum membaca artikel kita. Dengan menghapus Thumbnail pada blog, kita bisa mengoptimalkan kecepatan sebuah blog kita menjadi sangat ringan.

Untuk yang mengutamakan kecepatan blog untuk bisa bersaing di mesin pencarian, cara ini bisa dicoba. Tetapi, untuk blog yang sudah memiliki pengunjug tetap. Saya rasa, dengan dihapusnya Thumbnail, akan membuat pengunjung kurang tertarik jika hanya membaca judulnya saja tanpa gambar.

#3 Menonaktifkan Menu Navbar
Pada umumnya ketika kita membuat sebuah blog, menu navbar akan secara otomatis terlihat. Untuk meringankan loading blog, kita bisa menonaktifkan menu navbar sehingga lebih optimal kecepatan loading blog. Menonaktifkan Navbar tidak mempengaruhi tampilan template. 

#4 Menghilangkan Fitur Numbered Page Navigation
Fitur Numbered Page Navigation atau navigasi halaman bernomor pada template biasanya bergantung pada JavaScript. JavaScript sebenarnya tidak bagus untuk kecepatan loading blog, jadi supaya loading templatenya lebih cepat, kalian bisa menghilangkan fitur ini.

#5 Menghilangkan Thumbnail Pada Widget Popular Posts
Jika kalian menggunakan widget Popular Post, lebih baik atur hanya menampilkan teks judulnya saja tanpa Thumbnail.

#6 Mengurangi Jumlah Widget Yang Terpasang
Widget yang berlebihan sangat tidak baik untuk kecepatan loading blog, untuk cara optimasi kecepatan loading blog kalian bisa mengurangi sedikit widget yang ada pada blog. Jika kalian menggunakan iklan seperti Google Adsense, pastikan jangan terlalu banyak memasangnya. Secukupnya saja agar kecepatan blog menjadi optimal dan blog menjadi ringan.

7. Jangan Menggunakan Background Bergambar Untuk Mempercantik Blog
Pada template bawaan blogger, kita bisa mengganti gambar background template menjadi gambar yang kita sukai. Jika blog tersebut hanya dibuat untuk iseng atau untuk diary pribadi. Itu tidaklah masalah, tetapi untuk ke tahap serius dalam mengelola blog lebih baik jangan menggunakan background gambar pada blog. Natural saja.

8. Gunakan Template Yang SEO FRIENDLY dan Super Ringan
Penggunaan template juga sangat berpengaruh dalam kecepatan suatu blog, kita harus memilih blog yang memiliki susunan script html template yang rapih, baik dan mudah dimengerti. Dan yang paling penting adalah template yang akan kita gunakan harus SEO untuk membantu optimasi kecepatan pada blog kita.

0 Response to "8 Cara Mempercepat Loading Blog Jadi Ringan Banget"

Posting Komentar

[-] Dilarang Memasukan Link Aktif
[-] No Spam, Sara, Promosi
[+] Sopan dan Saling Menghargai
[+] Saya sangat menghargai komentar dari anda

~Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel