5 Tips Agar Kamu Bisa Menjadi Public Speaking yang Baik

5 Tips Agar Kamu Bisa Menjadi Public Speaking yang Baik

Banyak orang beranggapan kalau Public Speaking adalah berbicara di depan orang banyak seperti pembawa acara berita, MC, ataupun penyiar radio. Dan untuk menjadi public speaking dibutuhkan pendidikan khusus seperti mengikuti sekolah public speaking ataupun kuliah dijurusan komunikasi.

Public Speaking

Memang kedua anggapan tersebut ada benarnya. Namun saat ini Public Speaking tidak hanya sebatas berbicara di depan orang banyak tetapi public speaking adalah seni dan kemampuan untuk mempengaruhi orang lain baik dari bahasa verbal ataupun non verbal.

Berikut 5 tips agar kamu menjadi public speaking yang baik :

1. Gesture
Gesture merupakan gerakan tubuh dan merupakan bahasa non verbal. Gesture ini sangat mempengaruhi penilaian pendengar kepada kita saat berbicara. Karena dengan gesture seseorang lebih memahami apa yang kita sampaikan. 

2. Berbicara Dengan Cermin
Berbicara di depan cermin dapat melatih kita agar lebih percaya diri. Kamu bisa melakukannya seolah-olah seperti pembawa acara berita atau reporter.

3. Membaca Dengan Suara Keras
Bacalah artikel atau berita dengan suara yang keras. Karena hal tersebut dapat melatih artikulasi menjadi lebih baik.

4. Relaks
Buatlah tubuh kamu merasa relaks karena jika kamu merasa relaks maka konsentrasi juga tidak akan terpecah. Dan jangan lupa dalam berbicara apapun sesuaikanlah gerak tubuh kamu.

5. Interest & Passion
Total Speaking berkaitan erat dengan karakter, interest dan passion seseorang. Contoh seorang pembawa acara olahraga yang juga gemar olahraga tetapi tidak suka dengan yang berbau politik. Maka jika ia disuruh membawakan acara politik hasilnya tidak akan semaksimal ketika ia membawakan acara olahraga.

Jika ingin membicarakan sesuatu pada orang banyak apalagi kamu ingin menjadi seorang public speaking sebaiknya bicarakanlah sesuatu yang kamu sukai dan sesuai dengan passion agar hasilnya lebih maksimal. Dan Jangan lupa lakukanlah 3 hal ini Gestures + research + practicing = good public speaking
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~