Skip to main content

Jenis-Jenis Mouse Paling Lengkap Beserta Cara Kerjanya

Pada komputer, kita akan mengenal yang namanya perangkat keras komputer. Salah satunya adalah Mouse sebagai penggerak kursor. Tapi taukah kamu, ada banyak jenis-jenis mouse yang sudah berkembang saat ini. Ya, seiring perkembangan komputer dan perangkatnya, jenis-jenis mouse baru selalu bermunculan dengan berbagai bentuk yang unik.

Mouse merupakan perangkat keras utama yang dibutuhkan pada komputer sebagai sensor untuk menggerakan sebuah kursor. Fungsi mouse adalah untuk memasukan sebuah perintah kedalam komputer. Kursor sendiri berbentuk tanda panah yang berguna sebagai penunjuk pada monitor untuk diberikan perintah. Jenis-jenis mouse yang ada pada komputer sangatlah beragam,  tergantung dari cara kerja, port dan bentuknya.


Jenis-Jenis Mouse Paling Lengkap Beserta Cara Kerjanya

Pada umumnya, semua mouse sama saja. Tapi dari segi fungsi dan pemakaian pengguna komputer tentunya kenyamanan saat menggunakan mouse berbeda-beda tergantung selera.

Untuk yang belum mengetahui jenis-jenis mouse, mari kita belajar dan pahami bersama tentang mouse :

Jenis Mouse Berdasarkan Portnya :
Untuk saat ini, mouse yang paling umum digunakan hanya memiliki 2 jenis port saja yaitu Mouse dengan port USB dan mouse dengan Port PS/2. Ada juga jenis Mouse yang kurang dikenal oleh sebagian pengguna komputer, yaitu Mouse dengan port Serial.

1. Jenis Mouse Dengan Port USB

Jenis Mouse Dengan Port USB

Mouse dengan port usb adalah sebuah mouse dengan penghubungnya berbentuk kotak dengan satu lubang tertutup dan satu lubang lagi terbuka.


Mouse USB yang paling umum kita temukan. Dari kebanyakan pengguna komputer, mereka lebih memilih menggunakan mouse dengan port USB. Karena kemudahan yang diberikan oleh port USB ini yang membuat para pengguna komputer merasa lebih simple, nyaman dan cepat.

Bentuk port yang kotak membuat kita sebagai pengguna tidak perlu kerepotan ketika menghubungkannya dengan komputer.


2. Jenis Mouse Dengan Port PS/2



Jenis Mouse Dengan Port PS2

Mouse dengan port PS/2 adalah sebuah mouse dengan penghubung atau portnya berbentuk bulat dan di dalamnya terdapat beberapa pin sebagai media penghubung untuk menghubungkan ke komputer.


Mouse ini terbilang cukup lawas, mouse dengan port PS/2 hadir pada jaman komputer pentium 4 dimana saat itu komputer pentium 4 adalah komputer yang sudah cukup mewah. Saya sendiri pengguna komputer pentium 4 dan pengguna mouse dengan port PS/2. Karena ketika pembelian komputer pada saat itu sudah satu paket dengan mouse jenis port PS/2.

Dengan adanya Mouse jenis USB, mouse ini semakin ditinggalkan penggunanya. Karena portnya bisa dibilang terlalu ribet saat dihubungkan ke komputer, berbentuk bulat dengan beberapa pin di dalamnya.


Kekurangan mouse ini adalah, jika pin yang terdapat pada port PS/2 ini patah atau bengkok, maka komputer tidak akan mendeteksi mouse ini.


3. Jenis Mouse Dengan Port Serial



Jenis Mouse Dengan Port Serial

Mouse dengan port serial adalah sebuah mouse dengan penghubungnya berbentuk persegi panjang dan terdapat pin untuk menghubungkan kedalam komputer. Mouse serial ini penghubungnya  hampir mirip dengan kabel VGA. 

Tidak jauh berbeda dengan Mouse port PS/2, Mouse dengan port Serial ini banyak ditemukan pada masa komputer generasi pentium. Dari portnya, sekilas mirip kabel vga dan saya sendiri belum pernah melihat langsung bentuk dari mouse ini meskipun saya pengguna komputer generasi pentium.

Jenis Mouse Berdasarkan Cara Kerjan Dan Bentuknya


Selain berdasarkan portnya, jenis-jenis mouse pada komputer bisa kita ketahui berdasarkan cara kerjanya juga. Berikut adalah jenis mouse berdasarkan cara kerjanya :

1. Mouse Wired (Mouse Dengan Kabel Dengan Sensor Optic)




Mouse Wired atau Mouse Kabel adalah sebuah mouse yang disertai dengan kabel dan juga portnya, fungsi kabel dan portnya sendiri untuk menghubungkan Mouse dengan komputer. Jika kabel rusak atau putus maka mouse tidak bisa digunakan.


Berdasarkan cara kerjanya, Mouse kabel merupakan mouse yang paling banyak digunakan oleh sebagian pengguna. Di dukung dengan port USB, sensor laser dan aneka ragam bentuk mouse membuat mouse kabel paling dicari. Apalagi jika Mouse kabel ini memiliki desain yang menarik.

Mouse kabel ini juga biasa dipakai tergantung kebutuhan pengguna komputer, karena mouse ini menggunakan kabel yang bisa dibilang agak ribet, jadi gak semua pengguna komputer suka dengan mouse ini.


2. Mouse Wireless (Mouse Tanpa Kabel)

Mouse Wireless (Mouse Tanpa Kabel)

Mouse Wireless merupakan sebuah mouse tanpa kabel 
yang terhubung melalui pemancar sinyal berupa port usb.

Mouse Wireless merupakan mouse yang simple dan fleksibel, Mouse ini hadir untuk mengembangkan Mouse yang sudah ada. Mouse ini menggunakan gelombang radio yang memancarkan frekuensi untuk dihubungkan ke komputer melalui alat pemancar kecil yang berbentuk port usb mini. Mouse ini sangat nyaman digunakan dan bisa dibawa berpergian tanpa ribet terganggu oleh kabel mouse yang kepanjangan.

Kekurangan dari Mouse Wireless ini mungkin hanya dari segi daya saja, jika pada Mouse kabel hanya menghubungkannya saja tetapi Mouse wireless ini membutuhkan sebuah batre. Jadi, ketika berpergian dan ingin menggunakan mouse wireless ini kita harus menyediakan batre cadangan.


3. Mouse Dengan Sensor Bola



Mouse Dengan Sensor Bola

Mouse dengan sensor bola adalah sebuah mouse lawas yang menggunakan sensor bola sebagai alat untuk mendeteksi pergerakan dari pengguna komputer.


Mouse sensor bola ini sudah ada sejak komputer generasi pentium, dimana keberadaan Mouse ini sangat populer pada saat itu. Ciri khas dari mouse ini adalah adanya bola kecil dibawah Mouse sebagai sensornya. Tetapi, jika bola pada Mouse tersebut kotor atau kendor maka mouse akan mengalami kerusakan atau tidak bisa bekerjanya kursor secara optimal.

4. Mouse Trackball



Mouse Trackball

Mouse Trackball adalah mouse yang menggunakan media sensor berbentuk bola untuk menggerakan kursor pada layar monitor.

Pada mouse yang ada sebelumnya, menggunakan media sensor sebagai alat untuk menggerakan kursor pada layar monitor. Tetapi, pada jenis Mouse Trackball ini justru kita menggerakan kursor menggunakan sensor bola yang berada diatas Mouse ini.

Dari penampilannya sih bagus, cuma kalo gak biasa kita pakai pasti akan sangat kesulitan banget.


5. Mouse Wireless Berbentuk Pulpen



Mouse Wireless Berbentuk Pulpen

Mouse Wireless Pulpen adalah mouse wireless tanpa kabel yang berbentuk seperti pulpen, mouse ini bisa digunakan untuk menggambar dan juga menggerakan kursor pada monitor.


Mouse Wireless berbentuk pulpen ini merupakan bentuk perkembangan dari mouse yang sudah ada. Adanya pulpen ini membuat kita sebagai pengguna tentunya sangat kagum dengan inovasi perubahan bentuk mouse yang minimalis dan simple. Dengan bentuk yang seperti pulpen tentunya memberikan gaya penggunaan yang lebih berbeda dari penggunaan mouse biasa pada umumnya.

6. Mouse Wireless Berbentuk Sensor Jari




Mouse Wireless Jari adalah mouse yang berbentuk minimalis dengan sensor untuk menggerakan kursor menggunakan jari tangan.


Perusahaan pembuat Mouse sepertinya menginginkan sesuatu yang berbeda dengan menghadirkannya Mouse wireless berjenis sensor sentuhan tangan, meskipun tetap saja membutuhkan pemancar sinyal seperti port usb mini. Mouse ini merupakan bentuk dari trobosan baru yang unik, simple dan minimalis sehingga pengguna akan merasakan sensasi menggunakan mouse dengan segala kemudahan.

Nah, mungkin hanya itu saja artikel yang bisa saya sampaikan mengenai Jenis-Jenis Mouse Paling Lengkap Beserta Cara Kerjanya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk yang ingin memperdalam ilmu komputernya atau untuk sekedar hanya ingin tau saja.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar