Cara Update Windows Defender Secara Manual Dengan Mudah

Cara Update Windows Defender Secara Manual Dengan Mudah

Cara Update Windows Defender Secara Manual

Seiring dengan perkembangan teknologi membuat perangkat lunak menjadi kian canggih. Hal ini memungkinkan perangkat digunakan untuk melakukan berbagai macam kegiatan penting secara cepat dan efisisen. Seperti halnya digunakan untuk kegiatan transaksi keuangan, melakukan belanja online dan lain sebagainya yang beresiko untuk diretas oleh hacker  dengan menggunakan virus atau malware.

Oleh karena itu, pentung untuk selalu melakukan pengamanan dengan menggunakan antivirus yang selalu terupdate. Hingga kini sudah banyak antivirus canggih yang dapat digunakan. Sebenarnya secara mendasar perangkat yang menggunakan windows sudah akan langsung terpasang windows defender. Namun, agar dapat selalu update dan bekerja dengan maksimal penting untuk mengetahui cara update windows defender.

Apa itu Windows Defender? 
Windows Defender merupakan antivirus bawaan OS Windows yang akan otomatis aktif saat OS Windows selesai dilakukan proses pemasangan. Aplikasi ini berfungsi untuk melindungi data dan perangkat anda dari berbagai macam gangguan virus, spyware, malware, worm dan lain sebagainya.

Sebenarnya jika tidak dilakukan perubahan, maka windows defender akan melakukan proses pembaruan seacara berkala setiap harinya ketika terhubung dengan jaringan internet. Pembaruan dilakukan secara otomatis dengan mengunduh database virus pada server Microsoft. Jadi, cara update windows defender juga bisa dilakukan secara otomatis.

Proses pembaruan dengan mengunduh database virus baru ini dapat digunakan untuk memperkecil kemungkinan diserang virus. Sehingga anda akan tetap dapat menggunakan perangkat anda dengan rasa aman dan nyaman.

Fitur update otomatis dari windows defender biasanya dimatikan oleh pengguna dikarenakan dalam proses pembaruannya akan memakan bandwidth yang cukup besar. Sehingga seringkali mengganggu aktifitas internet pengguna. Untuk mengakalinya, proses pembaruan windows defender dapat dilakukan dengan melakukannya secara manual. Berikut ini merupakan cara update windows defender secara manual.

1. Lakukan pengecekan pada windows defender terkait dengan sistem update yang dilakukan. Pastikan bahwa sistem pembaruannya bukan merupakan sistem update otomatis seperti awal ketika OS Windows pertama kali di instal.

2. Lakukan pengecekan proses pembaruan terakhir yang sudah dilakukan pada aplikasi windows defender dengan cara mencarinya pada Start Menu atau System Tray dan cek versi yang terinstal. Jika informasi update yang terinstal masih cukup baru, maka anda tidak perlu terburu-buru untuk melakukan proses pembaruan.

3. Mencari database yang digunakan untuk proses pembaruan windows defender dengan mengunjungi halaman update windows. Pastikan sebelum anda melakukan proses pengunduhan, sebaiknya anda memastikan kembali perangkat dan arsitektur windows yang anda gunakan. Hal ini bertujuan agar proses pembaruan dapat dilakukan dengan baik dan sempurna.

Anda bisa mengunjungi halaman update windows defender melalui situs milik microsoft pada link https://www.microsoft.com/en-us/wdsi/definitions. Disana tersedia versi paling terbaru update dari windows defender.

Cara Update Windows Defender Secara Manual

4. Jika proses download sudah selesai dilakukan,selanjutnya anda dapat mulai menjalankan file database untuk proses update yang akan dilakukan. untuk menjalankan file tersebut, anda dapat melakukan klik dua kali pada file database untuk update tersebut. Proses update akan berjalan di belakang sebagai background processes.

5. Proses pembaruan windows defender akan membutuhkan waktu beberapa saat. Anda tetap dapat melakukan kegiatan lain denga perangkat anda selama menunggu proses update selesai.

6. Ketika proses update windows defender telah selesai dilakukan, anda dapat membuka kembali aplikasi windows defender dan melakukan pengecekan pada tab update untuk mengetahui dan memastikan bahwa proses update windows defender telah selesai dilakukan.

7. Setelah proses pembaruan berhasil, anda dapat mencoba melakukan proses scanning terhadap perangkat anda untuk mengetahui ada atau tidaknya virus, malware, worm dan trojan pada perangkat kita.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar anda sangat berpengaruh untuk kemajuan blog sederhana ini, silahkan berikan saran, kiritik atau apapun itu untuk perkembangan blog kedepannya. Bijaklah dalam berkomentar untuk melihat seberapa bijak anda.

Selamat datang dan salam hangat dari saya~