Skip to main content

Internet of Things Di Indonesia Beserta Contohnya

Bagi Anda yang masih awam mengenai apa itu Internet of Things pasti akan bertanya mengenai hal itu. Internet of Things atau biasa disingkat menjadi IoT adalah sebuah jaringan perangkat fisik yang biasa terpasang di berbagai peralatan elektronik.

IoT dapat terpasang pada perlatan elektronik seperti berbagai peralatan yang terdapat pada peralatan elektronik rumah tangga dan juga dapat terpasang pada kendaraan. IoT  ini juga dapat berupa sensor, actuator, dan konektivitas jaringan lainnya.

Internet of Things di Indonesia

Tugas dari IoT adalah memungkinkan adanya berbagai objek tersebut untuk melakukan pertukaran data dan menghubungkan antara peralatan yang dilengkapi dengan IoT dengan sistem IoT. Selain dari penjelasan singkat dari kegunaan IoT, sebenarnya ada banyak fakta lainnya yang belum Anda ketahui. Apa sajakah itu, dapat dilihat dibawah ini.

Teknologi Masa Depan Yang Serba Internet
Bagi Anda yang pernah melihat drama Korea dengan judul “Are You Human Too” pasti sudah mengerti konsep bahwa di masa kini saja, Internet sudah banyak terpasang dimana-mana dan disetiap lini dari kehidupan manusia.

Pada dasarnya IoT digunakan untuk tujuan membantu kehidupan manusia atau mempermudah kinerja manusia dalam beraktivitas sehari-hari. Misalnya saja adalah mobil pintar tanpa pengemudi dan juga konsep rumah pintar yang diperuntukkan terutama bagi orang lansia.

1. Mobil Pintar

Mobil Pintar

Saat ini seluruh perusahaan mobil di dunia sedang berkompetisi dalam mengembang mobil pintar. Baik itu dari perusahan mobil Jepang maupun Eropa, semua sedang melakukan berbagai simulasi dan pengembangan mobil pintar dan rata-rata akan dirilis ke masyarakat sekitar tahun 2020.

Pembuatan mobil pintar tanpa pengemudi ini sangat membutuhkan usaha untuk dapat mewujudkannya. Ada banyak algoritma dan juga program yang harus digunakan untuk menghindari tabrakan dengan kendaraan lainnya ataupun dengan para pejalan kaki. 

Bagi manusia untuk dapat mengerti dan membedakan mana itu jalan, ada mobil atau tidak, maupun mendeteksi keberadaan pejalan kaki itu sangat mudah. Namun hal itu sangat sulit bila diwujudkan pada awalnya, Yang jelas untuk mewujudkan semua itu yang dibutuhkan adalah IoT.

2. Rumah Pintar

Rumah Pintar

Rumah pintar dapat meliputi segala peralatan yang ada di dalam rumah, seperti kulkas, oven, bel tamu, kompor, ataupun lampu. Pada bagian kulkas, Anda akan diberikan informasi seputar apa saja yang ada di dalam kulkas dan sudah berapa lama berada di kulkas. Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam mencegah menyimpan makanan yang sudah kadaluarsa di dalam kulkas.

Itu hanya merupakan salah satu contoh dari fungsi IoT pada peralatan rumah tangga. Hal yang pasti semua IoT yang terpasang selalu ditujukan untuk mempermudah kinerja dari manusia.

Teknologi Kota Cerdas 
Memang tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini Indonesia masih termasuk kedalam negara yang sedang berkembang. Walaupun demikian, hal tersebut memacu semangat dari negara ini untuk terus melakukan perbaikan begitu juga dalam hal teknologi IoT. 

Teknologi ini sedang dikembangkan dengan gencar di Bandung dan Makassar. Hal tersebut digerakkan oleh dan disponsori oleh Telkom. Hal tersebut telah direalisasikan dalam bentuk e-officem e-kelurahan, maupun e-puskesmas yang dapat diakses melalui aplikasi smartphone.

Sebenarnya pemasangan IoT sebagai wujud dari kota cerdas sudah menjadi visi Telkom sejak 2014. Menurut penilaian dari beberapa pakar teknologi, sebenanrya masyarakat Indonesia sudah sangat siap untuk menghadapi era serba teknologi dan juga konsep dari kota cerdas ini.

Walaupun memang belum seluruh dari masyarakat dari Indonesia akan dapat menikmati hal ini, karena IoT membutuhkan listrik menyala selama 24 jam.     

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar